Moderasi Beragama Santri Melalui Kurikulum Pondok Pesantren Al-Firdaus Kemiling Bandar Lampung

  • Akhmad khoiri STIT Darul Fattah Bandar Lampung
  • Munawaroh STIT Darul Fattah Bandar Lampung
Keywords: Ponpes Al-Firdaus, Moderation, Curriculum

Abstract

Menghadapi tantangan global yang semakin canggih ini umat muslim mengalami keterbelakangan di berbagai sektor termasuk di sektor pendidikan. Selain itu juga memiliki potensi secara diam-diam masuk paham radikal dalam dunia pendidikan Islam di pesantren. Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tradisional yang terbukti mampu berintegrasi dengan budaya lokal sehingga dengan pesantren sebagai lembaga dari agama Islam yang merupakan agama rahmatan lil ‘alamin, menjadi penting jika moderasi beragama dimasukkan dalam kurikulum pesantren. Artikel ini berfokus pada dua hal pembahasan yaitu sistem kurikulum dan nilai yang diterapkan pondok pesantren Al-Firdaus Kemiling dalam meningkatkan pemahaman moderasi beragama. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana moderasi beragama dalam kurikulum pondok pesantren Al-Firdaus kemiling. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Data penelitian ini diambil melalui wawancara, observasi dan teknik dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pon pes Al-Firdaus memiliki sistem kurikulum terpadu melalui empat pola yaitu pola pengasuhan, pola pengajaran, pola kesantrian, dan pola kekhasan SIT (Sekolah Islam Terpadu). Adapun nilai yang diterapkan ponpes Al-Firdaus kemiling dalam meningkatkan pemahaman moderasi beragama yaitu dengan nilai aqidah yang benar, nilai akhlakul karimah, nilai seni budaya dan nilai keterpaduan kurikulum.  Melalui pola dan nilai yang diterapkan, terbentuklah karakter santri yang moderat bermartabat, adil, berakhlakul karimah, dan menjadikan agama Islam sebagai agama  rahmatan lil Alamin.

Kata kunci: Ponpes Al-Firdaus, Moderasi, Kurikulum  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainurrosidah, Liza, Nurul Ulfatin, and Bambang Budi Wiyono. 2018. “Pembentukan Karakter Peserta Didik Pada Sekolah Berbasis Pesantren Melalui Implementasi Kurikulum Terpadu.” Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan 1 (2): 160–70.

Ali, Agus, Nurwadjah Ahmad EQ, and Andewi Suhartini. 2021. “Manajemen Kurikulum Terpadudi Pondok Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami Bogor.” Jurnal Dirosah Islamiyah 4 (1): 59–77.

Awwaliyah, Neny Muthi’atul. 2019. “Pondok Pesantren sebagai Wadah Moderasi Islam di Era Generasi Milenial.” Jurnal Keislaman 4 (1): 32–47.

Aziz, Abdul. 2020. “Akar Moderasi Beragama Di Pesantren (Studi Kasus di Ma’had Aly Sukorejo Situbondo dalam Terbentuknya Nilai-Nilai Moderasi Beragama).” Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan dan Hukum Islam 18 (1): 142

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitatif & Mixed Method AppoacchesFourth Edition. London: Sage Publication.

Ginanjar, M Hidayat, and Nia Kurniawati. 2017. “Pembelajaran Akidah Akhlak Dan Korelasinya Dengan Peningkatan Akhlak Al-Karimah Peserta Didik” 06.

Hakim, Abdul, and N. Hani Herlina. 2018. “Manajemen Kurikulum Terpadu di Pondok Pesantren Modern Daarul Huda Banjar.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 6 (1): 111.

Hakim Saifudin, Lukman. 2019. Moderasi Beragama. Jakarta Pusat: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI Gedung Kementerian Agama RI.

Ismail, Luhfiansyah Hadi. 2022. “Moderasi Beragama di Lingkungan Pesantren: Pengalaman Pesantren di Bandung Barat, Jawa Barat” 1 (1).

Khotimah, Husnul. 2020. “Internalisasi Moderasi Beragama Dalam Kurikulum Pesantren.” Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1 (1): 62.

Maskuri, Maskuri, A. Samsul Ma’arif, and M. Athoiful Fanan. 2020. “Mengembangkan Moderasi Beragama Mahasantri Melalui Ta’lim Ma’hadi di Pesantren Mahasiswa.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 7 (1).

Miles, M. B. and Huberman, A. M, Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Third Edition. USA: Sage Publications.

Nata, Abuddin. 2018. “Pendidikan Islam Di Era Milenial.” Conciencia 18 (1): 10–28. https://doi.org/10.19109/conciencia.v18i1.2436.

Saifurrahman, Saifurrahman. 2019. “Desain Pembelajaran Keagamaan Islam Berbasis Neurosains.” AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman 6 (1): 55–73.

Siregar, Nur Asyiah. 2020. “Aqidah Islam, Analisa Terhadap Keshohihan Pemikirannya.” Wahana Inovasi : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU 9 (1): 99–105.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Yusup, Ikhsanudin, and Warli Haryana. 2022. “Penciptaan Gambar Ilustrasi Dari Nilai Nilai Moderasi Beragama.” Acintya : Jurnal Penelitian Seni Budaya 14 (1): 48–52.

Published
2023-05-15
How to Cite
khoiri, A., & Munawaroh. (2023). Moderasi Beragama Santri Melalui Kurikulum Pondok Pesantren Al-Firdaus Kemiling Bandar Lampung. An Naba, 6(1), 93-106. https://doi.org/10.51614/annaba.v6i1.220