A Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Pada Sekolah Negeri Di UPTD SMPN 4 Pesawaran
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan seorang kepala sekolah perempuan di UPTD SMPN 4 Pesawaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Prosedur pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pola data interaktif. Validitas data diperiksa melalui metode triangulasi dan pemeriksaan oleh anggota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas kepemimpinan dalam mewujudkan sekolah yang efektif tidak ditentukan oleh karakteristik gender. Kunci keberhasilan kepala sekolah perempuan dalam mewujudkan sekolah yang efektif ditentukan oleh kemampuannya untuk merancang dan mewujudkan visi, misi, dan tujuan sekolah serta kemampuannya dalam mengelola sekolah secara efektif melalui pemanfaatan seluruh potensi sekolah serta kolaborasi sinergis dengan para pemangku kepentingan sekolah.
Downloads
References
Abdullah, I. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Dalam Meningkatkan Budaya Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(1), 1-104
Andhika, M., Retnowati, T. H., & Manik, T. S. (2021). Kepemimpinan kepala sekolah perempuan: Studi di SMA N 1 Ulu Musi, Empat Lawang Sumatera Selatan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(1), 1-12.
Dewinta. (2021). Sekolah sebagai lembaga sosial dan pembentukan karakter anak.
Fattah, N. (2003). Landasan manajemen pendidikan. Ilmu Pendidikan Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 4(1), 19-28.
Fauzuddin, M. (2011). Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya mewujudkan sekolah efektif. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(3), 247-258.
Kartono, K. (2002). Kepemimpinan yang efektif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kemendikbudristek. (2023). Pendidikan Pancasila untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan.
Kristiyanti, E., & Muhyadi, M. (2015). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah perempuan terhadap kinerja guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(2), 145-160.
Kristiyanti, R., & Muhyadi, M. (2015). Kepemimpinan kepala sekolah perempuan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 22(2), 1-13.
Lunenburg, F. C., & Ornstein, A. C. (2004). Educational administration: Concepts and practices.
Macbeath, J., & Mortimore, P. (Eds.). (2005). Improving school effectiveness. Maidenhead: Open University Press.
Marhawati, B. (2017). Kepemimpinan kepala sekolah perempuan pada sekolah efektif. JMSP: Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 1(2), 122-131
Pratama, D. F., & Chaniago, H. (2019). Pengaruh gender terhadap pengambilan keputusan di lingkungan kerja. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 1-8.
Priansa, D. J. (2014). Manajemen pendidikan: Konsep, prinsip, dan aplikasinya dalam peningkatan mutu pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sagala, S. (2013). Konsep dan makna pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sanusi Uwes, H., & Rusdiana, H. A. (2017). Sistem pemikiran manajemen pendidikan: Alternatif memecahkan masalah pendidikan. CV Pustaka Setia.
Sanusi Uwes, H., & Rusdiana, H. A. (2017). Sistem pemikiran manajemen pendidikan alternatif memecahkan masalah pendidikan. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 116-122. doi:
Shanon, B., & Bylsma, H. (2007). Holistic education: An approach for the 21st century. Sense Publishers.
Sulaksana, U. (2004). Manajemen perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suryadi, B. (2018). Pendidikan berkualitas untuk bangsa berkualitas. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Tikno, S. (2013). Peranan kepemimpinan instruksional dalam pendidikan: Konsep dan aplikasinya dalam pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 14(2), 38-46.
Uwes, H. S., & Rusdiana, H. A. (2017). Sistem Pemikiran Manajemen Pendidikan Alternatif Memecahkan Masalah Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Widodo, A. (2011). Manajemen sekolah efektif. PT Rineka Cipta.
Wulandari, Y., Sartika, E. D., & Perawati. (2018). Strategi kepala sekolah perempuan dalam meningkatkan mutu pendidikan. JMKSP: Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 3(1), 126-136