Pengembangan Aplikasi Android POKUS Berbasis Articulate Storyline 360 pada Pembelajaran PAI di SD Kelas V
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh urgensi penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dalam pembelajaran politik Islam di sekolah dasar. Salah satu solusi yang ditawarkan dalam penyediaan media pembelajaran politik Islam di sekolah dasar adalah dengan penggunaan aplikasi POKUS (Politik Utsman bin Affan). POKUS dirancang berdasarkan pengalaman dan emosi siswa sehari-hari. Aplikasi POKUS berisi empat materi politik Utsman bin Affan yang dapat ditiru dalam kehidupan sehari-hari, serta kuis dan permainan menarik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desain dan pengembangan (D&D), dan diikuti oleh 23 siswa sekolah dasar dan satu orang guru pendidikan agama Islam.Dari daata hasil penelitian ditunjukkan bahwa siswa merasa aplikasi POKUS sangat membantu dan memotivasi pembelajaran mereka. Hal ini dibuktikan dengan hasil evaluasi formatif yang sangat baik pada evaluasi produk dan evaluasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan digunaknnya aplikasi POKUS sebagai alat pembelajaran dalam materi PAI sangat membantu siswa dalam pendidikan agama Islam di sekolah dasar.
Downloads
References
Aeni, A. N., Erlina, T., Dewi, D. P., Hadi, F. L., & Ramadhani, S. (2022). Aplikasi Beta (Belajar Dari Peta): Media Edukasi Doa-Doa Harian Siswa Sd Kelas Rendah. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(1), 101–113. Https://Doi.Org/10.21831/Jitp.V9i1.49203
Aeni, A. N., Khairunnisa, K., Lestari, L. R., & Ramadhina, R. (2023). Penggunaan Mipa (Media Interaktif Petualangan Ali) Berbasis Articulate Storyline 3 Sebagai Media Pembelajaran Pai Untuk Materi Dakwah Di Sd Kelas 6. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 827. Https://Doi.Org/10.35931/Am.V7i2.2090
Aeni, A. N., Maulana, M., Akbar, K. A., & Hafidz, A. N. (2023). Penggunaan Aplikasi Cerah Dental (Cerdas Beribadah Dengan Digital) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar (Jippsd), 7(1), 222–236. Https://Doi.Org/10.24036/Jippsd.V7i1
Aeni, N. A., Ariefin, M. R., Rizky, H., & Hidayat, Y. H. (2023). Pengembangan E-Book Kitana (Kisah Keteladanan Nabi) Untuk Meningkatkan Sikap Keteladanan Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 194–208. Https://Doi.Org/10.24036/Jippsd.V7i1
Bahak Udin By Arifin, M., Aunillah, Mp., & Oleh, D. (N.D.). Buku Ajar Statistik Pendidikan.
Dewi, T. A. (2015). Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sma Se-Kota Malang (Vol. 3, Issue 1).
Disa Fadilla, D., Az-Zahra, N., Nursaadah, S., & Aeni, A. N. (N.D.). Penggunaan Aplikasi Coomis (Comic Islami) Sebagai Media Dakwah Untuk Memupuk Sikap Sederhana Pada Siswa Sd.
Latif, S. (N.D.). Peran Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah Unggulan (Studi Kasus Sma Negeri 11 Pangkep Dan Sma Negeri 13 Pangkep).
Nurhayati, E., Nuraeni, T., Adrian, K. B., & Aeni, A. N. (2023). Pengembangan Website Polaras (Politik Ala Rasulullah) Untuk Mengenalkan Keteladanan Politik Nabi Muhammad Saw Di Sekolah Dasar. As-Sabiqun, 5(3), 781–792. Https://Doi.Org/10.36088/Assabiqun.V5i3.3318
Rahayu, N., Mulyono, H., & Mary, T. (N.D.). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Menggunakan Articulate Storyline (Vol. 7).
Rusli, M. (N.D.). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif Dan Studi Kasus. Http://Repository.Uin-
Setyo Utami, Y., Guru Sekolah Dasar, P., & Kristen Satya Wacana, U. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas V Sd. Http://Journal.Unismuh.Ac.Id/Index.Php/Jrpd