Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Berbasis Culturally Responsive Teaching

  • Nabila Hasna Rafilah nabila Universitas Pendidikan Indonesia
  • Endis Firdaus Universitas Pendidikan Indonesia
  • Agus Fakhruddin Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti penerapan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah. CRT merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pengakuan dan pengintegrasian keanekaragaman budaya, latar belakang, dan pengalaman siswa dalam proses pembelajaran. Studi ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melibatkan peserta didik dari berbagai latar belakang budaya dan strategi pembelajaran guru dalam proses pembelajaran. Data dikumpulkan melalui observasi kelas selama kegiatan belajar mengajar berlangsung dan wawancara dengan guru PAI yang menerapkan CRT. Integrasi CRT dalam pembelajaran PAI dapat membantu menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif, mempromosikan pemahaman lintas budaya, meningkatkan kemampuan belajar peserta didik dan mampu mengelola hak semua siswa dalam proses. Hasil dari penelitian ialah pembelajaran yang memperhitungkan keberagaman budaya siswa dapat menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan mendukung pengembangan nilai-nilai keagamaan yang kuat. Studi ini juga memberikan pandangan yang lebih komprehensif tentang pentingnya mengakui dan merespons keanekaragaman budaya dalam konteks pendidikan agama, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.

Kata Kunci: Culturally Responsive Teaching, Pembelajaran PAI, Budaya

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’yun, Q. (2021). Kajian Strategi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Berbasis Budaya Sekolah. Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 3(1), 68–80. https://doi.org/10.33474/ja.v3i1.18085
Aktif, P., Siswa, S., & Nopridarti, L. (2023). Strategi Pengajaran Inklusif dalam Pendidikan Agama Islam : Mendorong. 3.
Almujab, S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi: Pendekatan Efektif Dalam Menjawab Kebutuhan Diversitas Siswa. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8, 1–17. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Anggraini, D. (2017). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 39–46. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/1722
Anwar, M. S. (2022). Ketimpangan aksesibilitas pendidikan dalam perpsektif pendidikan multikultural. Foundasia, 13(1), 1–15. https://doi.org/10.21831/foundasia.v13i1.47444
Arisnaini. (2022). Kebersihan Kelas Dan Pengaruhnya Terhadap Fokus Belajar Siswa Pada MIN 7 Banda Aceh. Serambi Akademica Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, X(11), 1107–1114.
Asmara, Y., & Nindianti, D. S. (2019). Urgensi Manajemen Kelas Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 1(1), 12–24. https://doi.org/10.31540/sdg.v1i1.192
Bunarti. (2007). Mukjizat Nabi Musa As Dalam Alqur’an. 61. http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12040/1/4102018_Bunarti_Lengkap.pdf
Casfian, F., Fadhillah, F., Septiaranny, J. W., Nugraha, M. A., & Fuadin, A. (2024). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Teori Kontruktivisme Melalui Media E-Learning. Pediaqu : Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(2), 636–648. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Desiyanto, J., Laliy, R., Fajar, A., Studi, P., Bahasa, P., & Sampang, S. P. (2023). Membangun Kedisiplinan Siswa Di Smp Negeri Kabupaten Sampang Tahun 2023. 1(1), 37–45. https://journal.stkip-pgrispg.ac.id/index.php/jpbsi/article/view/1/7
Digitalcommons@shu, D., & Diiorio, D. (2022). See Me, Hear Me, Teach Me: Addressing Equity, Diversity, and Student Engagement through Culturally Responsive Teaching. https://digitalcommons.sacredheart.edu/edd/14/
Dzofir, M. (2020). Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran PAI dan Implikasinya terhadap Perkembangan Moral Siswa (Studi Kasus di SMA I Bae Kudus). Jurnal Penelitian, 14(1), 77. https://doi.org/10.21043/jp.v14i1.7401
Fitriah, L., Esterya, M., Gaol, L., Cahyanti, N. R., Maharani, N., & Iriani, I. T. (2024). PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING DI SEKOLAH DASAR. 4(6), 643–650. https://doi.org/10.17977/um064v4i62024p643-650
Gafur, A. (2019). Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Menciptakan Suasana Belajar Yang Kondusif Di Sd/Mi. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 38. https://doi.org/10.33474/elementeris.v1i2.4991
Gloria Ladson-Billings. (1995). Toward A Theory of Culturally Relevant Pedagogy. American Educational Research Journal, 32(3), 465–491. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/47852424/Toward_a_Theory_of_Culturally_Relevant_P20160806-10082-1ijrmxn-libre.pdf?1470551785=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DToward_a_Theory_of_Culturally_Relevant_P.pdf&Expires=1719527714&Signature
Gupta, A., Liu, Y., Lin, T.-C., Zhong, Q., & Suzuki, T. (2024). Listening to diverse voices: inclusive pedagogy and culturally responsive teaching for library interactions. Reference Services Review, 52(1), 66–85. https://doi.org/10.1108/RSR-04-2023-0042
Hendrizal. (2020). Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 2(1), 44–53. https://ojs.adzkia.ac.id/index.php/pdk/article/view/57/48
Howes, E. V., & Wallace, J. (2024). Culturally responsive and sustaining science teaching: Teacher research and investigation from today’s classrooms. In Culturally Responsive and Sustaining Science Teaching: Teacher Research and Investigation from Today’s Classrooms. https://doi.org/10.4324/9781003397977
Massar, K. (2022). Exploring the Lack of Training on Culturally Responsive Teaching in Higher Education. Interchange, 53(3), 477–484. https://doi.org/10.1007/s10780-022-09466-4
Maulia, S., & Purnomo, H. (2023). Peran Komunikasi Efektif Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar (SD). Jurnal PGSD STKIP PGRI Banjarmasin, 5(1), 25–39. https://doi.org/10.33654/pgsd
Prihartini, Y., & Buska, W. (2019). Pembelajaran Berbasis Sosial Dan Budaya. Nazharat: Jurnal Kebudayaan, 25(2), 118–134. https://doi.org/10.30631/nazharat.v25i2.21
Putrianingsih, S., Muchasan, A., & Syarif, M. (2021). Peran Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kualitas Pengajaran. Inovatif, 7(1), 206–231. http://jurnal.iaih.ac.id/index.php/inovatif/article/view/211/120
Rahmadani, S. (2024). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digital: Tinjauan Literatur Kualitatif. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(6). https://jurnal.mediaakademik.com/index.php/jma/article/view/515%0Ahttps://jurnal.mediaakademik.com/index.php/jma/article/download/515/488
Salma, I. M., & Yuli, R. R. (2023). Membangun Paradigma tentang Makna Guru pada Pembelajaran Culturally Responsive Teaching dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Era Abad 21. 1, 1–11.
Siti, S., & Ain, Q. (2024). Faktor-Faktor Determinan dalam Pengembangan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar Pendahuluan. 13(3), 4067–4076.
Syamsuddin, S. (2022). Alih Kode Dan Campur Kode Interaksi Guru Dan Siswa Di Smk Negeri 1 Palu. Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 7–14. https://doi.org/10.31970/gurutua.v5i2.121
Wakidi, & Musnandar, A. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dan Implementasinya dalam Menumbuhkembangkan Karakteristik Islami Peserta Didik. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 303–311. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i3.972
Wati, A., & Amrullah, M. (2022). Habituation of Students’ Religious Character in Al-Islam and Kemuhammadiyahan Learning at Muhammadiyah 1 Sedati Elementary School. Journal of Islamic and Muhammadiyah Studies, 3, 1–5. https://doi.org/10.21070/jims.v3i0.1562
Published
2024-11-07
How to Cite
nabila, N. H. R., Endis Firdaus, & Agus Fakhruddin. (2024). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Berbasis Culturally Responsive Teaching. An Naba, 7(2), 171-185. https://doi.org/10.51614/annaba.v7i2.485