https://ejurnal.darulfattah.ac.id/index.php/Annaba/issue/feed An Naba 2022-06-18T14:14:19+07:00 Muhammad Singgih lppmstitdf@gmail.com Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam</strong></p> <p>An Naba merupakan Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam. Terbitan ini berisi artikel bidang ilmu Pendidikan dan Agama Islam yang berdasarkan pemahaman sains dan Ahlusunnah wal jama'ah yang diterbitkan persemester atau dua kali terbit dalam satu tahun pada bulan Mei dan November.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> https://ejurnal.darulfattah.ac.id/index.php/Annaba/article/view/124 Analisis Kemampuan Penggunaan Isim Isyarah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswi MTs Darul Huffaz Pesawaran 2022-06-18T14:14:19+07:00 kasmudi kasmudi84@gmail.com <p>Penelitian ini dilakukan karena masih ditemukannya kesulitan siswa pada pembelajaran bahasa Arab, khususnya dalam penggunaan <em>isim isyarah</em> (kata tunjuk). Dalam teorinya para siswi mampu menyebutkan <em>isim isyarah, </em>akan tetapi masih ditemukan beberapa kesalahan ketika dilakukan tes tulis, kesalahan itu diantaranya adalah siswi masih kesulitan memahami materi <em>isim isyarah</em> sehingga sulit membedakan <em>isim isyarah</em> berdasarkan jumlah dan jenisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswi dalam penggunaan <em>isim isyarah</em> dalam pembelajaran bahasa Arab serta untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan bahasa Arab, khususnya penggunaan <em>isim isyarah</em> dalam pembelajaran bahasa Arab siswi kelas VIII G MTs Darul Huffaz Pesawaran. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Darul Huffaz Pesawaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, kuisioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswi kelas VIII G dalam penggunaan <em>isim isyarah</em> masih sangat kurang, hal ini dipengaruhi juga oleh faktor internal yaitu berasal dari kesehatan badan saat mengikuti proses pembelajaran dan sifat malu bertanya, hal ini bisa dilihat dari sikap siswi di dalam kelas ketika pelajaran berlangsung, siswi tidak berusaha bertanya hal-hal terkait materi yang tidak difahaminya, dan faktor eksternal yaitu metode yang digunakan guru yang digunakan secara terus-menerus yang mungkin saja membuat siswi merasa bosan ketika KBM berlangsung, dan dalam penggunaan media pembelajaran, guru bahasa Arab hanya sesekali saja menggunakannya seperti LCD <em>proyektor</em>.</p> <p>Kata Kunci: <em>Isim Isyarah</em> (Kata tunjuk), Pembelajaran Bahasa Arab</p> 2022-06-18T14:14:19+07:00 Copyright (c) 2022 An Naba https://ejurnal.darulfattah.ac.id/index.php/Annaba/article/view/118 Strategi Pembelajaran Dalam Konsep Al-Zarnuji 2022-06-02T09:08:32+07:00 Akhmad khoiri achmadchoiry1987@gmail.com <p>Education is a social human process that can cause a person to submit to obeying religion, nation to be applied perfectly in the lives of individuals and society. A teacher is someone who transfers knowledge to learners. A student is a person who is studying science. In education requires a learning strategy to get the desired goal. This research article is qualitative research using the descriptive method. The method that will be used in this research is library research. This article discusses learning strategies in the concept of Al-Zarnuji in the book of Ta'lim al-Mutaalim contains 4 learning strategies contained in the façade of the façade compiled by Al-Zarnuji. This strategy is still very relevant to be applied to this cook to improve the quality of education from the aspect of morality without ruling out the intellectual aspect.</p> <p><strong>Keywords:</strong> <em>Teacher, Student, Al-Zarnuji, Learning Strategy, Ta'lim al-Muta'allim.</em></p> 2022-06-02T09:08:32+07:00 Copyright (c) 2022 An Naba https://ejurnal.darulfattah.ac.id/index.php/Annaba/article/view/117 Moderasi Beragama Pada Masa Pandemi Covid 19 2022-06-02T09:13:05+07:00 muna waroh munaw3382@gmail.com <p>This article aims to study the importance of religious moderation to learn and convey to the Indonesian people. Considering that the majority of Indonesian people are Muslims, besides that, the Muslim community also coexists with non-Muslims. Surely this is very necessary regarding the science of religious moderation, in order to provide understanding to the public. The method used is a qualitative approach with a descriptive method. The results of this study will show the efforts of the government in increasing the moderation of religious communities in Indonesia by finding a solution in preventing conflicts and divisions in society during the current pandemic, so that it is hoped that the Indonesian people can tolerate each other between religious communities.<br>Keywords: Religious Moderation, Covid 19</p> <p><strong>Keywords: Religious Moderation, Covid 19</strong></p> 2022-06-02T09:05:45+07:00 Copyright (c) 2022 An Naba https://ejurnal.darulfattah.ac.id/index.php/Annaba/article/view/121 Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN 2 Way Muli Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan 2022-06-02T09:14:19+07:00 Friyansyah friyansyah01@gmail.com <p>Guru Pendidikan Agama Islam cukup memiliki peranan yang besar dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Mereka yang memiliki kompetensi dalam mengajar, dimungkinkan akan mampu membangkitkan minat belajar peserta didiknya dalam mengikuti ke<u>g</u>iatan belajar mengajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami tentang peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan <em>A</em>gama Islam. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, yang berlokasi di SDN 2 Way Muli Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan. Peneliti melakukan wawancara terstruktur maupun wawancara tidak terstruktur dengan para sumber data, yaitu guru Pendidikan Agama Islam, kepala sekolah, peserta didik dan pengawas guru PAI dengan didukung oleh data dokumentasi dan observasi secara langsung. Kesimpulan penelitian, bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dengan mencermati tentang tinjauan Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, maka dapat disimpulkan bahwa tiga peran yang tidak dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam SDN 2 Way Muli adalah peran guru sebagai seorang pendidik, Pembina dan pengawas, tidak menyebabkan minat belajar peserta didik menjadi buruk. Hal itu dikarenakan peran guru PAI diambil alih oleh guru kelas masing-masing, di samping itu pula peserta didik mengikuti pendidikan agama Islam di Madrasah yang diselen<u>gg</u>arakan setelah waktu zuhur dan TPA setelah waktu maghrib.</p> 2022-05-29T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2022 An Naba https://ejurnal.darulfattah.ac.id/index.php/Annaba/article/view/111 Analisis Kesesuaian Penerapan Strategi Pembelajaran Fiqih di MIN 1 HSU dengan Perkembangan Kognitif Peserta Didik 2022-05-25T11:49:06+07:00 nabilastiq6b nabilabila081101@gmail.com Hikmatu Ruwaida ruwaida0212@gmail.com Juhairiah Juhairiahhusna@gmail.com Munirah Munirahhh1210@gmail.com <p>This research is based on the importance of implementing learning strategies that are appropriate to the state of cognitive development of students. The purpose of this study was to describe the suitability of the application of the fourth grade Fiqh learning strategy at Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Hulu Sungai Utara (MIN 1 HSU) for the 2021/2022 academic year for the development of students. This research uses descriptive method which is a type of qualitative research. Data collection techniques were carried out by direct observation, interviews and documentation of research-related matters. The data obtained in this study were analyzed using the Miles and Huberman model, namely by reducing, displaying and verifying the data. The results showed that the implementation of class IV Fiqh learning strategies at MIN 1 HSU was in accordance with the stages of cognitive development of students. The type of strategy applied is a direct learning strategy which is carried out with lectures, questions and answers, and practice.</p> 2022-05-25T11:42:48+07:00 Copyright (c) 2022 An Naba