Peran Guru pada Pembelajaran Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan Bagi Siswa MTs Sunan Ampel Krejengan Kab. Probolinggo

  • Nur Hayani Yanifikri99@gmail.com
  • Fathullah Rusly
  • Taufiqurrohman Rifa'i
Keywords: MORAL THEOLOGY

Abstract

This study's goal was to describe how teachers in the Akidah Akhlak subject helped MTS sunan ampel krejengan students develop strong religious values. This study uses a qualitative descriptive research methodology with specific steps. The findings demonstrated how important it was for teachers to teach Aqidah Aqidah classes to MTS students in order to establish religious values, given the modern environment's substantial impact on kids. The lecture technique and habituation method are the methods the teacher uses to teach aqeedah morals. The method for understanding the significance of teaching pupils about aqidah morality is reviewed, particularly those that have been used at MTS Sunan Ampel Krejengan in the Probolinggo area.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrullah, Afif. 2021. “Nilai-Nilai Agama Islam Untuk Membentuk Karakter.”

Ariana, Riska. 2016. “No Title No Title No Title.” : 1–23.

Dahlia, Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani, dan Ulyan Nasri. 2022. “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik.” Nahdlatain: Jurnal Kependidikan dan Pemikiran Islam, 1(1): 99–104. https://ojs.kopertais14.or.id/index.php/nahdlatain/article/view/72.

Dewi, Lharasati, dan Naila Nasywa. 2019. “Faktor-faktor yang mempengaruhi subjective well-being.” Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan 1(1): 54.

Fakih Khusni, Muhammad, Muh Munadi, dan Abdul Matin. 2022. “Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Wonosobo.” Jurnal Kependidikan Islam 12(1): 60–71.

Gumilang, Galang Surya. 2016. “Metode penelitian kualitatif dalam bidang bimbingan dan konseling.” Jurnal Fokus Konseling 2(2).

Gustanti, Lesti. 2017. “Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak Dalam Menanamkan Nilai Ibadah Shalat Di Kelurahan Labuhan Ratu Raya Kecamatan Labuhan Ratu Bandar Lampung.” Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/855/.

Halik, Abdul. 2018. “Jurnal Peran Manajemen Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Pembentukan Akhlakul Karimah.” Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam 5(2).

Hastuti, Dwi. 2015. “Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Di Ra Tahfidz Al-Qur’an Jamilurrahman Banguntapan Bantul.”

Jannah, Miftahul. 2020. “Peran pembelajaran aqidah akhlak untuk menanamkan nilai pendidikan karakter siswa.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4(2): 237–52.

Karomah, Ainaul, Devy Habibi Muhammad, dan Ari Susandi. 2021. “Peranan Guru Mata Pelajaran Aqidah Dalam Menanamkan Nilai Keagamaan Pada Siswa MTs. Nurul Huda Kareng Lor Kedopok Probolinggo.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 5(2): 562–70.

Ma, D I, A N Nawawi, dan Berjan Purworejo. 2020. “Sulis Rokhmawanto, 2 Dwi Marlina, 3 Umi Arifah.” 7(1): 16–33.

Manan, Syaepul. 2017. “Pembinaan akhlak mulia melalui keteladanan dan pembiasaan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim 15(1): 49–65.

Nurfalah, Yasin. 2018. “Penanaman nilai-nilai agama Islam terhadap anak didik.” Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman 29(1): 85–99.

Nuryati Djihadah. 2020. “Kecerdasan Emosional dan Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Aplikasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Madrasah.” Jurnal Pendidikan Madrasah 5(1): 1–10.

Patel, Anand S., dan Kaushik M. Patel. 2020. “Critical review of literature on Lean Six Sigma methodology.” International Journal of Lean Six Sigma 12(3): 627–74.

Pendidikan, Jurnal et al. “A s - S A B I Q U N.” 4(September 2022): 749–62.

Pramono, Randu TRI, Nuria Tri Utami, Sintiya Anggraini, dan Vivin Fitriyani Zebua. 2022. “Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMK Hafsyah Medan.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6(1): 723–26.

Sabariah, Sabariah. 2021. “Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(1): 116–22.

Smpn, D I, dan Kecamatan Suliki. 2022. “KREATIVITAS GURU PAI DALAM MENCIPTAKAN SITUASI BELAJAR EFEKTIF PADA KELAS VII.” 1(4).

Sukitman, Tri. 2016. “Internalisasi Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran (Upaya menciptakan sumber daya manusia yang berkarakter).” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan 2(2): 85–96.

Sumiati, Sumiati. 2018. “Peranan guru kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.” TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3(02): 145–64.

Syaepul Manan. 2017. “Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan dan Pembiasaan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim XV(2): 1.

Syifa, Ulya Zainus, Sekar Dwi Ardianti, dan Siti Masfuah. 2022. “Analisis Nilai Karakter Tanggung Jawab Anak Dalam Pembelajaran Daring.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 8(2): 568–77.

Tamin, Sudirman. 2020. “Kepala sekolah yang bermutu.” MISYKAT AL-ANWAR: JURNAL KAJIAN ISLAM DAN MASYARAKAT 3(2): 165–92.

Widayanti, Margareta Dwi. 2020. “Penanaman nilai-nilai keagamaan di Raudhatul Athfal Darussalam Banjar Negeri Kecamatan Natar Lampung Selatan.”

Published
2023-05-03
How to Cite
Hayani, N., Fathullah Rusly, & Taufiqurrohman Rifa’i. (2023). Peran Guru pada Pembelajaran Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan Bagi Siswa MTs Sunan Ampel Krejengan Kab. Probolinggo. An Naba, 6(1), 16-28. https://doi.org/10.51614/annaba.v6i1.193