STRATEGI PEMBELAJARAN AL-QURAN DI SEKOLAH DASAR DAN MADRASAH IBTIDAIYAH

  • Arif Muzayin Shofwan Shofwan Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Abstract

Pembelajaran Al-Quran di Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) hingga kini tampak belum dapat menggugah peserta didik untuk mempelajari dan mencintainya lebih dalam. Oleh karena itu diperlukan strategi pembelajaran Al-Quran yang tepat untuk mengatasinya. Penelitian kualitatif dengan studi kepustakaan ini akan mengungkap strategi pembelajaran Al-Quran di Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang harus dilakukan oleh seorang guru. Tulisan ini menghasilkan kesimpulan bahwa strategi pembelajaran Al-Quran bagi guru Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) harus mengandung dua hal yang urgen berikut. Pertama, kemampuan seorang guru mengelola kelas yang meliputi pengelolaan tata ruang, perabot, papan tulis, meja kursi guru, meja kursi peserta didik, almari kelas, jadwal pelajaran, papan absensi, daftar piket kelas, kalender pendidikan, gambar-gambar, tempat cuci tangan dan lap tangan, serta tempat sampah. Selain itu, pengelolaan kelas hendaknya dilakukan secara preventif dan kuratif, fisik dan nonfisik. Kedua, kemampuan seorang guru dalam membudayakan pembelajaran Al-Quran harus memperhatikan tiga domain (pengetahuan, keterampilan, dan sikap), serta metode-metode pembelajaran Al-Quran yang terus berkembang dari waktu ke waktu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, M. Satiri. 1982. Pedoman Pengajaran Al-Quran Bagi Anak-Anak, Jakarta: Dirjen Bimas Islam Urusan Haji Depag Republik Indonesia.
Arikunto, Suharsimi. 1986. Pengelolaan Kelas dan Siswa: Sebuah Pendekatan Evaluatif. Jakarta: CV. Rajawali.
Darajat, Zakiyah. 1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hadi, Sutrisno. 1989. Metodologi Research Jilid 1. Yogyakarta: Andi Offset.
Kemenag, 2007. Penilaian Berbasis Kelas. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.
Khalil, Moenawar. 1985. Al-Quran dari Masa ke Masa. Solo: Ramadhani.
Mardalis. 1999. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.
Muttaqin. 2013. “Strategi Pengelolaan Kelas dalam Mengembangkan Budaya Membaca Al-Quran di MIN Malang 1”, Tesis. Malang: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Nawawi, Hadari. 1989. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas. Jakarta: PT. Haji Mas Agung.
Nazir. 1988. Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nurhadi, Muljani A. 1983. Administrasi Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: IKIP.
Pidarta, Made. t.t. Pengelolaan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional.
Rofiq, Aunur. 2005. Pengelolaan Kelas, Jakarta: Depdiknas.
Rohani, Ahmad dan Abu Ahmadi. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Syarifuddin, Ahmad. 2004. Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai Al-Quran. Jakarta: Gema Insani.
Ulum, M. Samsul. 2007. Menangkap Cahaya Al-Quran. Malang: UIN-Malang Press
Usman, Moh. Uzer. 1994. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tafsir, Ahmad. 1997. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Surabaya: Abditama.
Thonthowi, Ahmad. t.t. Psikologi Pendidikan. Bandung: Angkasa.
Wijaya, Cece dan Tabrani Rusyan. 1994. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Winataputra, Udin S. 2003. Srategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional.
Zuhairini, dkk. 1993. Metodik Khusus Pendidikan Agama. Surabaya: Usaha Nasional.
Published
2021-11-23
How to Cite
Shofwan, A. M. S. (2021). STRATEGI PEMBELAJARAN AL-QURAN DI SEKOLAH DASAR DAN MADRASAH IBTIDAIYAH. An Naba, 4(2), 94-106. https://doi.org/10.51614/annaba.v4i2.91