Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi pada Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Qur’an Abu Bakar Ash Shiddiq Bandar Lampung

  • Atika Nur Hidayati STIT Darul Fattah Bandar Lampung
  • Kasmudi
  • Kireilia Suci Amrina
Keywords: Learning Innovation, Learning Media

Abstract

Teachers in schools generally have never received training about creating technology-based learning media. So with this training, teachers deliver teaching materials that can be virtualized in various formats so that they are more interesting and more dynamic so they can motivate students to go further in the learning process. Apart from that, it provides knowledge and skills for elementary school educators in the use and utilization of technology-based learning media. The method used is through 2 (two) stages, namely the preparation stage and the implementation stage. The results of this activity consist of achieving the objectives of community service activities, namely: achieving the material presented, as well as increasing motivation to learn to make technology-based learning media. Apart from that, after this training there was a good change in students' interest in learning Arabic from the first day of training to the second day.

Pendidik di sekolah pada umumnya belum pernah mendapatkan pelatihan tentang pembuatan media pembelajaran berbasis teknologi. Sehingga dengan adanya pelatihan ini, pendidik menyampaikan materi bahan ajar yang dapat divirtualisasikan dalam berbagai format sehingga lebih menarik dan lebih dinamis sehingga mampu memotivasi peserta didik untuk lebih jauh dalam proses pembelajaran. Selain itu memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi pendidik SD dalam penggunaan dan pemanfaatan media pembelajarann berbasis teknologi. Adapun metode yang dilakukan adalah melalui 2 (dua) tahapan, yaitu tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Hasil dari kegiatan ini  yang terdiri dari ketercapaian tujuan kegiatan pengabdian pada masyarakat yaitu: ketercapaian materi yang disampaikan, serta motivasi pendidik terlihat meningkat untuk belajar membuat media pembelajaran berbasis teknologi. Selain itu, setelah pelatihan ini adanya perubahan yang baik pada minat belajar peserta didik terhadap pembelajaran bahasa arab dari pelatihan hari pertama sampai dengan hari kedua.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bulkani, M. F. (2023). Pelatihan Pemilihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Untuk Pembelajaran Daring Bagi Guru Ekonomi di SMK. BIJAKSANA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 17–23. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2729

Mulyono, D., Atika, N. H. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Multimedia Matematika Melalui Flipped Classroom Berbantuan Webblog. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 3(2), 332–338. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/download/1779/1226

Hidayati, A.N, Vera, V., R. (2023). Penerapan Strategi Joyful Learning Dalam Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V Sdn 5 Karang Anyar. Al Mufid, 4(1), 65–72. https://ejurnal.darulfattah.ac.id/index.php/almufid/article/download/204/114

Mulyono, D., Drajat, F., & Asmara, Y. (2021). Workshop Pembuatan E-Modul Interaktif Pada MGMP Sejarah Kota Lubuklinggau. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–9. https://web.archive.org/web/20220617053028id_/https://www.ejurnalilmiah.com/index.php/Maslahah/article/download/109/175

Teguh Yunianto, Maratul Qiftiyah, Tina Malinda, N. S. (2023). Penerapan Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD. Al Mufid, 8(1), 57–64. https://ejurnal.darulfattah.ac.id/index.php/almufid/article/download/205/107

Published
2023-11-16