Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Metode Bernyanyi Di Mahad Tahfidz Darul Hidayah Kemiling Bandar Lampung

Pendampingan Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Metode Bernyanyi Di Mahad Tahfidz Darul Hidayah Kemiling Bandar Lampung

  • Nurkholis STIT Darul Fattah Bandar Lampung
  • Sabanul Yamin STIT Darul Fattah Bandar Lampung
  • Rezi puput Renaliyanda STIT Darul Fattah Bandar Lampung
Keywords: Analisis SOAR, Darul Hidayah, Metode Bernyanyi, Pengabdian

Abstract

Mahad Tahfiz Darul Hidayah merupakan salah satu pusat pendidikan Islam formal mencetak hafidz Al-Qur’an berjiwa enterpreneurship. Ma’had Tahfiz Darul Hidayah berada di bawah naungan Yayasan Darul Hidayah Assaidah Jl. Walet No. 12 Kelurahan Pinang Jaya Kemiling Bandar Lampung. Tujuan pengabdikan kepada masyarakat pada santriwati DAHI merupakan pilar dari Tridharma Perguruan Tinggi dalam meingkatkan pemahaman dan hapalan bahasa Arab (maharah al-Hifz al mufradat) disebabkan masih minimnya pemahaman santriwati terhadap kafaah dan maharah pembelajaran bahasa Arab. Pelaksanaan program pendampingan pembelajaran bahasa Arab santriwati DAHI melalui pendekatan metode bernyanyi (thariqah al-ghina) untuk meningkatkan pemahaman dan hapalan mufradat santriwati melalui analisis SOAR atau pendekatan inovatif dengan melakukan pemetaan masalah dan kebutuhan santriwati. Hasil penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufradat bahasa Arab dapat membangkitkan semangat dan motivasi belajar santriwati di mana 5 santri (25%) masih kurang mampu, 5 santriwati (25%) mampu dan 10 santriwati (50%) sangat mampu. Dengan demikian metode metode bernyanyi dapat menimbulkan rasa senang dalam diri santriwati, juga lebih mudah memahami dan menghapal materi yang disampaikan. Adapun kelemahan metode bernyanyi kurang efektif pada siswa yang pendiam dan diterapkan pada kelas besar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aslah, Z. (2017). Upaya Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Arab dengan Metode Bernyanyi Kelas VII B

Bahasa Arab di MI. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), 41-56.

Davik, D. (2020). Implementasi Metode Bernyanyi Dalam Meningkatan PenguasaanMufrodat Bahasa Arab Siswa. Jurnal Lughoti, 1(02).

Imron, A., & Fajriyah, D. F. (2021). Penggunaan Metode Bernyanyi dalam Menghafal Mufrodat (Kosakata)

MTsN 6 Sleman Yogyakarta. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 269-286.

Nikmah, K. (2017). Penggunaan Teknik Bernyanyi untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab pada Anak Usia Dini. Dar el-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan, dan Humaniora, 4 (2), 173-187.

Qomaruddin, A. (2017). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Mufradāt. Jurnal Kependidikan, 5(1), 20-28.

Qomaruddin, A. (2017). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Mufradat. Jurnal Tawadhu, 1(2), 272-290.

Ridwan, R., & Awaluddin, A. F. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13 (1), 56-67.

Slamet, S. (2020). Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Kelas 7 MTS Ma’arif Suka Slamet Indramayu. Syntax, 2 (11).

Syamsiar, S. (2021). Peningkatan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Metode Bernyanyi. Pendais, 3(1), 46.

Published
2023-11-15