Menuju Moderasi Beragama untuk Membangun Akhlak di Ponpes Al Firdaus Bandar Lampung
Abstract
Akhlak merupakan salah satu pilar utama kehidupan masyarakat. Suatu bangsa menjadi kokoh apabila di topang dengan akhlak yang kokoh, dan sebaliknya, suatu bangsa akan runtuh ketika masyarakatnya memiliki akhlak yang rusak. Dalam kehidupan sehari-hari manusia senantiasa melakukan berbagai aktivitas dan perbuatan yang merupakan perwujudan dari pola pikir manusia itu sendiri. Tindakan manusia tersebut ada yang bersifat positif dan negatif. Sifat positif tersebut dapat diwujudkan dalam bentuk akhlakul karimah (sifat-sifat terpuji) dan sifat negatif berupa akhlakul mazmumah (sifat-sifat tercela). Salah satu hal yang dapat dijadikan sebagai pendukung seseorang agar memiliki akhlakul karimah yaitu dengan pemahaman tentang moderasi beragama. Pemahaman tentang moderasi beragama dapat membantu seseorang dalam berinteraksi sosial dengan masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan akhlakul karimah dengan pemahaman tentang moderasi beragama dipondok pesantren Al-Firdaus Bandar Lampung. Tahapan Metode pelaksanaan; 1). melakukan kegiatan wawancara terhadap pengurus pondok pesantren Al-Firdaus untuk menemukan permasalahan. 2). koordinasi dengan Pimpinan pondok pesantren untuk izin melakasanakan kegiatan, dan menentukan jadwal dan peserta. 3). Pelaksanaan kegiatan pelatihan tentang peningkatan akhlakul karimah dengan pemahaman moderasi beragama 4). Evaluasi pelaksanaan kegiatan dengan diajukan pertanyaan seputar nilai moderasi beragama bagi peserta, kemudian dibuka dengan sesi diskusi dan kesimpulan. Hasil kegiatan ini menunjukkan pemahaman tentang moderasi beragama sangat membantu untuk menumbuhkan akhlak yang terpuji bagi santri-santri di ponpes Al-Firdaus. Hal ini sangat mendukung dalam menyampaikan moderasi beragama untuk mencegah konflik dalam kehidupan masyarakat yang beraneka ragam.
Kata kunci: Akhlakul Karimah, Moderasi Beragama, Pesantren
Downloads
References
Indra, H. (2019). Pendidikan Islam membangun akhlak generasi bangsa. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i2.1765
Pamungkas, M. I. (2017). Akhlak Muslim: Membangun Karakter Generasi Muda. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.52434/jp.v8i1.70
PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF ISLAM | Bafadhol | Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam. (n.d.). Retrieved November 26, 2023, from http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/178
Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113
Syafe’i, I. (2017). PONDOK PESANTREN: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2097
Tolib, A. (2015). PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN MODERN. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v2i1.12
Umar, P. D. H. N. (2014). Rethinking Pesantren. Elex Media Komputindo.
Zuhriy, M. S. (2011). BUDAYA PESANTREN DAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PONDOK PESANTREN SALAF. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), Article 2. https://doi.org/10.21580/ws.19.2.159
Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113