Pelatihan Literasi Digital Dalam Pelajaran Bahasa Arab Di Panti Asuhan Hasbi Rabbi Bandar Lampung

  • Angger Putri Mahardini STIT Darul Fattah Bandar Lampung
  • Firman Rudiansyah
  • Selfiana Azzahra
  • Thasya Kyoko A.P.
Keywords: Literasi digital, pembelajaran, bahasa Arab

Abstract

Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) panti asuhan Hasbi Rabbi berada di jalan Purnawirawan IX No. 28, Gunung Terang, kecamatan Langkapura, kota Bandar Lampung yang memprioritaskan pendidikan kepada anak asuh dengan pendekatan agama Islam khususnya Al Qur’an dan Bahasa Arab. Lembaga ini memiliki visi dan misi membina generasi anak bangsa selalu berjiwa optimis dan menuju kepada kehidupan yang lebih baik dengan membimbing anak asuh mampu menjadi hafidz atau hafidzah. Hasil pengumpulan data dari guru bahasa Arab, maka diketahui bahwa lembaga panti asuhan ini membutuhkan pelatihan melalui sosialisai literasi digital dalam pembelajaran  bahasa Arab. Tujuan kegiatan PkM ini untuk memberikan pelatihan akan pentingnya pemahaman barkaitan dengan literasi digital dalam pembelajaran bahasa Arab. Metode pelaksanaannya yaitu; pertama; observasi. Kedua; meminta izin kepada kepala sekolah terkait pelaksanaan kegiatan. Ketiga; Kegiatan pelatihan melalui kegiatan pengabdian masyarakat di panti asuhan Hasbi Rabbi Bandar Lampung. Keempat; evaluasi, simpulan. Dari hasil kegiatan pelatihan ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para peserta, terkhusus bagi lembaga panti asuhan Hasbi Rabbi Bandar Lampung. Guru dapat melakukan strategi, metode, atau berbagai cara dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan tekologi dengan baik. Sekaligus anak juga dapat melek teknologi, dengan tetap terarah, terpantau dan terkondisikan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi Saputra, Bachtiar dan Nurdiansyah. Penguatan Literasi Digital melalui Model Pengembangan Kurikulum SMA Islam Berbasis Media Digital di Era 4.0 (Jurnal Islamika: Vol. 2, No. 1, 2020)
Afifulloh, M., & Sulistiono, M. (2023). Penguatan Literasi Digital melalui Pembuatan Media Pembelajaran Audio Visual. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 211–216. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v7i2.5346
Asadullah, S. Al. (2021). Upaya Mengatasi Kesalahan Persepsi Masyarakat terhadap Tulisan Arab dan Arab Melayu di Desa Lubuk Garam Bengkalis. Jurnal Abdidas, 2(1), 142–147. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i1.220
Bawden, D. (2001). Information and digital literacies: A review of concepts. Journal of Documentation, 57(2), 218–259. https://doi.org/10.1108/EUM0000000007083
Busro, M. M. (2016). Sejarah Perkamusan Bahasa Arab di Indonesia. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 4(2), 129-158.
Dinata, K. B. (2020). Pengintegrasian Budaya Lampung dalam Pembelajaran Mata Kuliah Himpunan Dengan Flatform Schoology. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(2), 126-136.
Dinata & Darwanto. 2021. Urgensi Kemampuan Literasi Digital dalam Pembelajaran Daring. Implementasi Mardeka Belajar Di Masa Pandemi Covid 19: Peluang dan Tantangan (Prosiding). Bandar Lampung: 16 Februari 2021. Hal. 388-398.
Efendi, M. A., & Hanif, M. (2022). Pengaruh literasi digital dan pembelajaran daring terhadap hasil belajar ips siswa kelas v sdn 3 karangan. Jurnal Pendidikan, 10(2), 253–267. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/1832%0Ahttps://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/download/1832/1069
Elpira, B. (2018). Pengaruh penerapan literasi digital terhadap peningkatan pembelajaran siswa di smp negeri 6 banda aceh (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).
Hariyanto, & Fathurrahman, A. (2020). Penguasaan Bahasa Arab Sebagai Langkah Penting Pengembangan Wisata Halal di Lombok. Jurnal Elkatarie, 3(2), 519–534.
Iriantara, Yosal, 2018, Literasi Media: Apa, Mengapa, Bagaimana, Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, K. P. (2017). Materi pendukung literasi digital. Jakarta Timur: Kemendikbud.
Munir. Pembelajaran digital, (Bandung: alfabeta, 2017)
Prastyo, A. T. (2022). Model Budaya Literasi Digital pada Pondok Pesantren Berbasis Perguruan Tinggi di Masa Covid-19. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 13(1), 13. https://doi.org/10.21927/literasi.2022.13(1).13-27
Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi Digital Abad 21 Bagi Mahasiswa PGSD: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Conference Series Journal, 1(1), 1–7. https://ejournal.upi.edu/index.php/crecs/article/view/14284
Sulaiman, E. (2017). PENERAPAN METODE TERJEMAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRAH ALIYAH SUKOREJO SITUBONDO. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 3(1), 98-117.
Supratman, Lucy Pujasari, dkk, 2017, Literasi Media: Cerdas dan Kritis dalam Bermedia, Bandung: Universitas Telkom
Wahdah, Y. A. (2018). FAKTOR-FAKTOR KESULITAN SISWA DALAM MEMBACA TEKS BAHASA ARAB Abstract : Arab , baik dalam melafalkannya maupun dalam menafsirkan atau memahami isi dari teks. ALSUNIYAT Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 1(1), 30–46. https://ejournal.upi.edu/index.php/alsuniyat/index
Wildan Sahidillah, Muhammad. Prarasto Miftahurrisqi. Whatsapp Sebagai Media Literasi Digital Siswa, (Jurnal varia Pendidikan: Vol. 31, No. 1, 2019) nggal 18Maret 2018, pukul 22.00 WIB.
Published
2023-12-13