Penerapan Metode Otak Kanan Menggunakan Buku Itmamul Qiro’ah Mata Pelajaran Tahsin Al-Qur’an Kelas 2B SDIT Rasyid Sedayu
Abstract
Penerapan metode ini didasari oleh guru yang belum pernah menerapkan metode otak kanan dalam pembelajaran tahsin Al-Qur’an. Metode ini untuk membantu siswa dalam belajar membaca Al-Qur'an melalui pembelajaran tahsin Al-Qur’an. Metode otak kanan merupakan pendekatan yang inovatif dalam pembelajaran Al-Qur'an yang mengoptimalkan penggunaan otak kanan secara komprehensif, mudah, dan menyenangkan. Proses pembelajaran menggunakan metode 5P (Pembukaan, Pengalaman, Pengajaran, Penilaian, dan Penutupan) serta alunan nada jiharkah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode otak kanan menggunakan Buku Itmamul Qiro’ah kelas 2B SDIT Rasyid Sedayu telah berjalan dengan baik sesuai prosedur, meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Antusias siswa dalam belajar tahsin Al-Qur'an juga sangat tinggi, dibuktikan dengan terealisasinya adab belajar seperti adab mendengarkan saat pemateri menyampaikan materi, keaktifan siswa saat menjawab pertanyaan dan yang paling penting yaitu siswa mampu tertib saat penerapan metode ini berlangsung. Ketercapaian ini tentu tidak terlepas dari faktor pendukung utama, yang meliputi: pemateri yang sudah tersertifikasi metode otak kanan dan merupakan penyusun buku itmamul qiro’ah itu sendiri, penerapan sistem pembelajaran yang terstruktur, motivasi belajar siswa yang tinggi, dan juga fasilitas pembelajaran yang memadai. Faktor penghambatnya adalah ada dua orang siswa yang sulit dikondisikan dan ini menjadi tantangan bagi pemateri untuk bisa menerapkan metode otak kanan menggunakan buku itmamul qiro’ah dan tetap menjaga motivasi belajar siswa lainnya.
Downloads
References
Annuri, A. (2010). Panduan Tahsin Tilawah Al-Qur’an. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar.
Fadhlina Harisnur, & Suriana. (2022). Pendekatan, Strategi, Metode dan teknik Dalam Pembelajaran PAI Di Sekolah Dasar. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 3(1), 20–31. https://doi.org/10.47766/ga.v3i1.440
Hamdayana, J. (2019). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Kemenag, B. L. dan D. (2017). Indeks Literasi Al-Qur’an Siswa SMA. https://balitbangdiklat.kemenag.go.id/berita/indeks-literasi-al-qur-an-siswa-sma
Nata, A. (2013). Metodologi Studi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Qiftiyah, M., Ajeng Rahmawati, R., Akmaluddin, M., & Darul Fattah Bandar Lampung, S. (2023). Pelatihan Bahasa Arab Dasar Menggunakan Media Berbasis Information and Communication Technology (ICT) bagi Guru TPA Al Wustho. 152–158.
Rahmadania, S. (2021). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga dan Masyarakat. Edumaspul, 5(2), 221–226.
Rahmita, N., Karim Parapat, I., Nurmawati, N., & Sukri Sitorus, A. (2023). Evaluasi Pembelajaran Tahsin Tilawah Al-Qur’an dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 520–530. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.244
Wafa, T. (2017). Buku Pintar Guru Al-Qur’an: Wafa Belajar Al-Qur’an Metode Otak Kanan. Surabaya: Yayasan Syafa’atul Qur’an Indonesia.