https://ejurnal.darulfattah.ac.id/index.php/almufid/issue/feedAl Mufid : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat2024-10-31T08:55:27+07:00Muhammad Singgihm.singgih53@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong>Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat</strong></p> <p>Terbitan Berkala Ilmiah ini merupakan publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat dengan cakupan bidang: pendidikan dan pembelajaran, Agama, kewirausahaan, linguistik, konseling, dan humaniora. Jurnal Al Mufid diterbitkan oleh STIT Darul Fattah Bandar Lampung dan pengelolaannya dipertanggungjawabkan kepada LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) STIT Darul Fattah Bandar Lampung. Terbit setiap semester atau dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Maret dan Oktober.</p> <p><em>Isi tulisan yang dimuat sepenuhnya menjadi hak dan tanggung jawab intelektual penulis, dan tidak selalu mencerminkan pandangan redaksi.</em></p>https://ejurnal.darulfattah.ac.id/index.php/almufid/article/view/469Sosialisasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Digital Dalam Pembelajaran Bahasa Arab dan Pendidikan Agama Islam di SDN 02 Perumnas Way Kandis2024-10-31T08:55:26+07:00Rima Ajeng Rahmawatinurulfadhilah172@gmail.comMunawarohmunaw3382@gmail.com<p><span style="font-weight: 400;">The socialization of interactive digital-based learning media is a strategic step to enhance the quality of teaching, particularly in Arabic Language and Islamic Education subjects at SDN 02 Perumnas Way Kandis. The school has committed to utilizing digital technology, but it still faces challenges in optimizing the application of interactive learning media. This community service activity aims to provide socialization and training for teachers to use interactive learning media more effectively. The main objectives of this activity are: 1) to socialize the use of interactive learning media to teachers, and 2) to assist them in integrating this technology into classroom learning processes. The participants of the training include 20 teachers of Arabic Language and Islamic Education subjects. The stages of the activity include administrative preparation, material presentation, practical use of the media, and evaluation of results. The evaluation was conducted descriptively to assess the success of the program. The results showed that the socialization and training were conducted successfully, with active participation from the teachers. The mentoring also succeeded in improving the teachers' understanding and skills in integrating interactive learning media into their teaching.</span></p>2024-10-16T10:30:23+07:00Copyright (c) 2024 Al Mufid : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakathttps://ejurnal.darulfattah.ac.id/index.php/almufid/article/view/472Penerapan Metode Otak Kanan Menggunakan Buku Itmamul Qiro’ah Mata Pelajaran Tahsin Al-Qur’an Kelas 2B SDIT Rasyid Sedayu2024-10-31T08:55:26+07:00Sabanul Yaminsabanulyamin@darulfattah.ac.idMaratul Qiftiyahmaratulqiftiyah@gmail.comNazhat Fathia Aminnazhatfathia@gmail.comAfifah Laila Hasanahafifahhasanah@gmail.comSekar Nurshadrina Rizkiyadisekarrizkiy@gmail.com<p>Penerapan metode ini didasari oleh guru yang belum pernah menerapkan metode otak kanan dalam pembelajaran tahsin Al-Qur’an. Metode ini untuk membantu siswa dalam belajar membaca Al-Qur'an melalui pembelajaran tahsin Al-Qur’an. Metode otak kanan merupakan pendekatan yang inovatif dalam pembelajaran Al-Qur'an yang mengoptimalkan penggunaan otak kanan secara komprehensif, mudah, dan menyenangkan. Proses pembelajaran menggunakan metode 5P (Pembukaan, Pengalaman, Pengajaran, Penilaian, dan Penutupan) serta alunan nada jiharkah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode otak kanan menggunakan Buku Itmamul Qiro’ah kelas 2B SDIT Rasyid Sedayu telah berjalan dengan baik sesuai prosedur, meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Antusias siswa dalam belajar tahsin Al-Qur'an juga sangat tinggi, dibuktikan dengan terealisasinya adab belajar seperti adab mendengarkan saat pemateri menyampaikan materi, keaktifan siswa saat menjawab pertanyaan dan yang paling penting yaitu siswa mampu tertib saat penerapan metode ini berlangsung. Ketercapaian ini tentu tidak terlepas dari faktor pendukung utama, yang meliputi: pemateri yang sudah tersertifikasi metode otak kanan dan merupakan penyusun buku itmamul qiro’ah itu sendiri, penerapan sistem pembelajaran yang terstruktur, motivasi belajar siswa yang tinggi, dan juga fasilitas pembelajaran yang memadai. Faktor penghambatnya adalah ada dua orang siswa yang sulit dikondisikan dan ini menjadi tantangan bagi pemateri untuk bisa menerapkan metode otak kanan menggunakan buku itmamul qiro’ah dan tetap menjaga motivasi belajar siswa lainnya.</p>2024-10-16T10:35:42+07:00Copyright (c) 2024 Al Mufid : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakathttps://ejurnal.darulfattah.ac.id/index.php/almufid/article/view/478Penguatan Literasi Membaca melalui Model LOK-R pada Siswa SDIT Al Hambra Pesawaran 2024-10-31T08:55:26+07:00Muhammad Singgihm.singgih53@gmail.comAtika Nur Hidayatiatikanurhidayati64@gmail.comNita Septianinitaseptiani740@gmail.com<p>Literacy is one of the main foundations that must be taught at the elementary school level. If the literacy foundation is strong since elementary school, students will adapt more quickly to learning. The lack of literacy culture in today's children and youth environment needs to be recognized. This encouraged the team to carry out PkM with the title PkM "Strengthening Reading Literacy through the LOK-R Model for SDIT Al Hambra Pesawaran Students". This activity was carried out as an effort to strengthen the literacy of elementary school age children through the LOK-R model at the Al Hambra Pesawaran Integrated Islamic Elementary School. This is motivated by the fact that there is still a lack of students' reading literacy skills so it is necessary to implement a model that helps students become more interested in reading. This community service provides participants (students) with experience on how to use the LOK-R model in increasing the reading literacy of students at the Al Hambra Pesawaran Integrated Islamic Elementary School. Therefore, the Literacy Orientation Collaboration Reflection (LOK-R) learning model is suitable for learning in elementary schools</p>2024-10-24T13:40:31+07:00Copyright (c) 2024 Al Mufid : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakathttps://ejurnal.darulfattah.ac.id/index.php/almufid/article/view/475Sosialisasi Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Dalam Pembelajaran Fiqih Thaharah SD Islam Darul Athfal Tanjung Seneng2024-10-31T08:55:26+07:00Teguh Yuniantoteguhyunianto96@gmail.comMuhammad Wisnu Khumaidiwisnukhumaidi@gmail.com<p><em>The purpose of this community service activity is to improve students' understanding of the material of fiqh thaharah by using audio-visual media, so that teachers can be more creative in delivering the material to students. The classical approach is carried out when providing theories about the development of correct learning media and the individual approach is carried out when practicing making learning media. The method used in this activity is socialization by conducting various lectures, demonstrations, and tests. Data collection techniques in the form of observation and tests to determine whether or not this socialization is necessary. The results of the implementation of this activity are in accordance with the targets planned at the beginning, namely that the participants of the socialization have been able to understand the material of fiqh thaharah according to what was taught and they are able to apply the material presented well.</em></p>2024-10-28T10:36:25+07:00Copyright (c) 2024 Al Mufid : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakathttps://ejurnal.darulfattah.ac.id/index.php/almufid/article/view/479Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Digital2024-10-31T08:55:26+07:00Tri Maya Saritrimayaasari@gmail.comAngger Putri Mahardinianggerputri05@gmail.comFikri Rahmatul Sidiq Fikriiqi250804@gmail.com<p>Media berbasis digital menjadi kegiatan produktif yang mempunyai hubungan dengan proses keterampilan guru dalam pengembangan dan mengimplementasikan media pembelajaran berbasis digital. PKM ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam hal menerapkan media pembelajaran berbasis digital. Pengabdian ini dilaksanakan dengan metode prapelaksanaan, pelaksanaan dan pasca pelaksanaan. Hasil dari kegiatan PKM ini menunjukkan bahwa kelancaraan dalam proses mengimplementasikan, proses pembelajaran media pembelajaran berbasis digital.</p>2024-10-28T11:04:51+07:00Copyright (c) 2024 Al Mufid : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakathttps://ejurnal.darulfattah.ac.id/index.php/almufid/article/view/474Penanaman Paham Literasi Digital Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam 2024-10-31T08:55:26+07:00Asep Bambang Susantodarulasep@gmail.comAhmad Hadi Setiawanahadiest88@gmail.comTresti Berlian Kartika Saritrestiberlian7@gmail.com<p>Kecanggihan teknologi dapat menimbulkan Kesenjangan digital seperti menyebarnya berita bohong, isu-isu yang mengandung radikal, dan lainnya. Kecanggihan teknologi memberikan dampak positif dan negatif. Hal ini merupakan tantangan yang harus diatasi. Penanaman paham literasi digital yang diintegrasikan dalam pembelajaran adalah kunci terciptanya pemahaman kepada peserta didik. Tujuan diadakannya PkM ini adalah untuk memberikan penguatan penanaman paham literasi digital dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tahapan Metode pelaksanaan; 1). melakukan kegiatan wawancara guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk menemukan permasalahan. 2). koordinasi dengan kepala sekolah untuk izin melakasanakan kegiatan, menentukan jadwal dan peserta. 3). Pelaksanaan kegiatan pelatihan tentang penanaman paham litersi digital dalam pembelajaran. 4). Evaluasi pelaksanaan kegiatan dengan diajukan pertanyaan seputar paham literasi digital bagi peserta, kemudian dibuka dengan sesi diskusi dan kesimpulan. Dari hasil pelaksanaan yang dilakukan, maka penanaman paham literasi digital yang diintegrasikan dalam pembelajaran dinilai sangat bermanfaat. Penanaman paham literasi digital kepada peserta didik dalam pembelajaran PAI yaitu dengan melakukan kontroling dalam implementasi media sosial peserta didik, memberikan motivasi, memanfaatkan platform digital misal youtobe dengan konten yang disiapkan guru, mengarahkan peserta didik dalam literasi digital adanya interaksi untuk memecahkan masalah dan berpikir kritis.</p>2024-10-29T09:19:56+07:00Copyright (c) 2024 Al Mufid : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakathttps://ejurnal.darulfattah.ac.id/index.php/almufid/article/view/480Implementasi Kegiatan Menghafal Al-Quran Untuk Guru dan Karyawan SMP IT Al Banna Natar2024-10-31T08:55:27+07:00Firman Rudiansyahjiboncoky@gmail.comFairuz Fathin Fidia frz.deaa@gmail.com<p>Tujuan dilaksanakannya kegiatan implementasi menghafal adalah memberikan perhatian yang lebih terhadap peningkatan kompetensi guru dan karyawan SMP IT Al Banna. Kemudian memberikan motivasi dan dorongan agar kegiatan menghafal penting dilakukan termasuk cara menjaganya. Selain itu adalah untuk memberikan penjelasan tentang metode-metode dalam menghafal Al-Qur’an, agar dapat memilih metode mana yang cocok dan pas sesuai kemampuan masing-masing. Metode kegiatan ini adalah dengan mengamati kegiatan menghafal yang sudah berjalan untuk mengetahui kendala dan capaian, kemudian memberikan pelatihan tentang metode dan cara menghafal yang lebih efektif. Berdarkan kegiatan implementasi yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa pemberian motivasi dan penjelasan tentang berbagai macam metode menghafal memberikan pengaruh yang positif dalam hal kuantitas dan kualitas menghafal termasuk motivasi untuk menjaga hafalan dengan lebih baik.</p>2024-10-29T10:45:50+07:00Copyright (c) 2024 Al Mufid : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat