Pengaruh Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MTs Baitul Kirom Tanjung Sari
Keywords:
Mind Mapping, Hasil Belajar, Bahasa ArabAbstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan metode mind mapping dan untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VIII A MTs Baitul Kirom Tanjung Sari Lampung Selatan. Pertanyaan dalam penelitian ini antara lain “Bagaimana penerapan metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VIII A MTs Baitul Kirom Tanjung Sari Lampung?”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Berdasarkan penelitian hasil belajar siswa pada kelas VIII A MTs Baitul Kirom meningkat namun tidak signifikan hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada ujian akhir semester dari 44,57 menurun menjadi 37,11 pada siklus I, kemudian meningkat kembali menjadi 52,91 pada siklus II. Dengan presentase ketuntasan nilai ujian akhir semester 16,67% kemudian menurun pada presentase ketuntasan siklus I menjadi 8,33% dan meningkat pada siklus II dengan presentase ketuntasan 38,89%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode mind mapping namun tidak signifikan dan hasil tersebut belum mencapai indikator keberhasilan dikarenakan presentasi ketuntasan hasil penelitian adalah 38% dengan kategori tidak baik.
References
Al-Quran. 2015. Departemen Agama RI. Bandung: CV Darus Sunnah.
Aji Permana, Arif. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab Materi Qawaid Melalui Metode Mind Map Bagi Mahasiswa Tamhidy Ma’had Bilal Bin Rabah SorongTahun 2018/2019. Skripsi. Sorong: STAIN Sorong.
Ananda, R. 2019. Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1-8.
Anshor, A. M. 2009. Pengajaran Bahasa Arab Media dan Metode-metodenya. Yogyakarta: Penerbit TERAS.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Betaubun, S. L., Hermansyah, A. K., Sumarsono, A., Purwanty, R., & Tembang, Y. 2018. Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreatifitas Menulis Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kesehatan. MUSAMUS Jurnal of Primary Education ,1-12.
Budiyanto, A. K. 2016. SINTAKS 45 Model Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: UMM Press.
Fitrianingtyas, A. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas IV SDN Gedanganak 02. e-jurnalmitrapendidikan, 709-719.
Hutauruk, P., & Simbolon, R. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. SEJ (School Education Journal , 121-129.
Khamidah, N., & Aprilia, N. (2014). Evaluasi Program Pelaksanaan Praktikum Biologi
XI SMA Se-Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta Semester II Tahun Ajaran 2013/2014. JUPEMASI-PBIO, 5-8.
Kunandar. 2010. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Propesi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang
Metode-Metode Baru. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. 2016. Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar
Siswa . Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 128-135.
Nuryani, C.S. 2021. Pengaruh Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Hasil
Belajar Pelajaran Tauhid Siswa Kelas 2 Madrasah Salafiyah Miftahul Huda.
Skripsi. Ponorogo: IAIN Ponorogo.
Rahmawati, R. A. (2017). Al-Usus al-Tsaqafiyyah fi Ta'lim al-Lughah al-
'Arabiyyah. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 9(1), 125-
Ridwan, & Awaluddin, F. 2019. Penenrapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan
Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal.
Didaktika : Jurnal Kependidikan , 56-67.
Rini, P. S. 2020. Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan
Berfikir Kreatif Dan HAsil Belajar IPA Di Mi Mamba'ul Huda Ngabar Tahun
Ajaran 2019/2020. Skripsi. Ponorogo: IAIN Ponorogo.
S, Mansur, & Loli, M. P. 2019. Upaya MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS
VII DENGAN MODEL GUIDE NOTE TAKING DI SMP SAN KARLOS HABI.
BIOSFER: Jurnal Tadris Biologi, 21-28.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:
AR-RUZZ MEDIA.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT
RINEKA CIPTA.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
ALFABETA
Susanti, S. 2016. Metode Mind Mpping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di
Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 25-37.
Volume 1 Nomor 2 Tahun 2021
Wulan, E. R., & Rusdiana. 2014. Evaluasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Kurikulum
Bandung: Pustaka Setia.