Tantangan Dan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Dasar
Tantangan Dan Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Dasar
DOI:
https://doi.org/10.51614/albanin.v1i1.448Kata Kunci:
Kata Kunci: : Strategi, Implementasi Kurikulum, sekolah DasarAbstrak
Artikel ini membahas tantangan dan strategi implementasi Kurikulum Merdeka pada pendidikan dasar dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini melibatkan wawancara mendalam dengan guru, kepala sekolah, dan orang tua siswa serta observasi di sekolah-sekolah dasar. Hasilnya mengidentifikasi bahwa kesiapan guru, keterbatasan infrastruktur, dan partisipasi orang tua adalah tantangan utama dalam penerapan kurikulum ini. Strategi yang disarankan mencakup pelatihan berkelanjutan bagi guru, peningkatan akses teknologi, dan pengembangan materi ajar yang berdiferensiasi. Penerapan strategi ini diharapkan dapat mendukung lingkungan belajar yang lebih inklusif dan adaptif..
Referensi
Abroto, A., Nugraheni, A. S., & Awliyah, R. F. (2022). The Role of the Family in the Moral Education of Children. Jurnal Basicedu, 6(2), 2717-2723.
Achjar, K. A. H., Rusliyadi, M., Zaenurrosyid, A., Rumata, N. A., & ... (2023). Metode Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis untuk Analisis Data Kualitatif dan Studi Kasus. books.google.com.
Aminah, I. A. N., & Sya’bani, M. A. Y. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(2), 293–303.
dalam Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Dewi, N. W. R., Windayani, N. L. I., Laia, B., Nitiasih, P. K., & Riastini, P. N. (2023). Analisis Kurikulum pada Sistem Pendidikan Sekolah Dasar di Indonesia dan Jepang. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 907–921.
Fajriyani, N. A., Dewi, M. S., Abroto, A., Prasetiyo, Y. C., Wibowo, Y. R., & Ramadhan, F. A. (2023). creating learning motivation using ice breaking in thematic learning through virtual learning in islamic elementary school. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 15(1), 71-80.
Hattarina, S., Saila, N., Faradilla, A., Putri, D. R., & Putri, R. G. A. (2022). Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. 1(1), 181–192.
Herlambang, Y. T. (2021). Pedagogik: Telaah kritis ilmu pendidikan dalam multiperspektif. Bumi Aksara.
Iskandar, S., Rosmana, P. S., Farhatunnisa, G., Mayanti, I., Apriliya, M., & Gustavisiana, T. S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 2322–2336.
Kurniati, P., Kelmaskouw, A. L., Deing, A., Bonin, B., & Haryanto, B. A. (2022). Model proses inovasi kurikulum merdeka implikasinya bagi siswa dan guru abad 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 408–423.
Maskur, M. (2023). Dampak pergantian kurikulum pendidikan terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(3), 190–203.
Mawati, A. T., Hanafiah, H., & Arifudin, O. (2023). Dampak pergantian kurikulum pendidikan terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Primary Edu, 1(1), 69–82.
Ningsi, A., Sukiman, S., Agustina, A., Hardiyana, M. R., & Nirmala, S. U. (2024). Identifikasi Tantangan dan Strategi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Tingkat Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 678–682.
Nugraheni, A. S. & Abroto. (2022). Teachers’ efforts to increase students’ confidence in speaking Indonesian in Sarolangun through language habituation. Frontiers in Education, 7, 927429. l
Nugraheni, A. S., Badawi, J. A., Abroto, A., & Sofia, F. (2022). Analysis of multiple choice questions on the theme of growth and development of class III living creatures MI mainstay Ciamis. International Journal for Educational and Vocational Studies, 4(6). 34-46.
Pawartani, T., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Pengembangan kompetensi guru untuk mendukung implementasi kurikulum merdeka. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2182–2191.
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan metode pembelajaran berorientasi student centered menuju masa transisi kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839–8848.
Qomariyah, N., & Maghfiroh, M. (2022). Transisi kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka: Peran dan tantangan dalam lembaga pendidikan. 10, 105–115.
Swandari, N., & Jemani, A. (2023). Mitra implementasi kurikulum merdeka pada madrasah dan problematikanya. PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 7(1), 102–120.
Syafrizal, T. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Teori Belajar Humanistik Di MTsN 3 Dan MTsN 19 Jakarta.
Wati, S., & Nurhasannah, N. (2024). Penguatan Kompetensi Guru Dalam Menghadapi Era Digital. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 10(2), 149–155.