Pelatihan Bahasa Arab Dasar Menggunakan Media Berbasis Information and Communication Technology (ICT) bagi Guru TPA Al Wustho

  • Maratul Qiftiyah STIT Darul Fattah Bandar Lampung
  • Rima Ajeng Rahmawati STIT Darul Fattah Bandar Lampung
  • M. Akmaluddin STIT Darul Fattah Bandar Lampung
Keywords: ICT media, Arabic, TPA

Abstract

This training is based on the lack of teachers' understanding of the use of learning media, especially ICT-based. Students' boredom with studying usually causes dissatisfaction with lessons, one of the subjects that some students avoid is Arabic because they find it difficult to understand and memorize vocabulary. At Al Wustho Pringsewu TPA, the use of ICT-based learning media has not been implemented, based on an analysis of the situation and partners' problems, the implementation is by holding training on the use of ICT-based learning media, especially for Arabic. The results of the training show that the use of ICT-based learning media can increase teachers' motivation and enthusiasm for learning Arabic because it utilizes learning media. So far, teachers have never used ICT-based learning media.

 

Pelatihan ini didasari oleh rendahnya guru dalam memahami penggunaan media pembelajaran khususnya berbasis ICT. Kejenuhan santri dalam belajar biasanya menyebabkan ketidaksenangan terhadap pelajaran, salah satu mata pelajaran yang sangat dihindari sebagian santri adalah bahasa Arab karena mereka merasa sulit untuk memahami dan menghafal kosa kata. Di TPA Al Wustho Pringsewu penggunaan media pembelajaran berbasis ICT belum diterapkan, berdasarkan analisis situasi dan permasalahan mitra maka pelaksanaannya adalah dengan mengadakan pelatihan penggunaan media pembelajaran berbasis ICT khususnya untuk bahasa Arab. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis ICT dapat meningkatkan motivasi dan semangat para guru dalam belajar bahasa Arab karena memanfaatkan media pembelajaran. Selama ini guru belum pernah memanfaatkan media media pembelajaran berbasis ICT.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, A. (2020). Media Sosial dan Tantangan Masa Depan Generasi Milenial. Avant Garde, 8(2), 134. https://doi.org/10.36080/ag.v8i2.1158

Anwar, R. N. (2021). Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Upaya Membentuk Karakter Pada Anak. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(1), 44–50. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1342

Dalmeri, D. (2014). Pendidikan untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating For Character). Al-Ulum, 14(1), 271. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/260

Komariah, N. (2016). Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Ict. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1). https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.111

Malik, H. A. (2013). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) ALhusna Pasadena Semarang. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 13(2), 387–404.

Muzdalipah, I., Rustina, R., & El Akbar, R. R. (2020). Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology (Ict). BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 202–208. https://doi.org/10.31949/jb.v1i3.348

Qiftiyah, M. (2022). Implementation Learning of Akidah Akhlak Through The Burhani Approach. 06, 239–247.

Setiardi, D. (2017). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 14(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v14i2.619

Teguh Yunianto, Maratul Qiftiyah, Tina Malinda, N. S. (2023). Penerapan Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD. 57–64.

Usep Setiawan, dkk. (2022). Media Pembelajaran (Cara Belajar Aktif: Guru Bahagia Mengajar Siswa Senang Belajar). Bandung: CV. Widina Media Utama.

Published
2023-10-16