Sosialisasi Literasi Digital Dalam Moderasi Beragama Melalui Pelajaran Bahasa Arab Di Pesantren Dewan Da'wah Lampung

Sosialisasi Literasi Digital Dalam Moderasi Beragama Melalui Pelajaran Bahasa Arab Di Pesantren Dewan Da'wah Lampung

  • Akhmad khoiri STIT Darul Fattah Bandar Lampung
  • Wisnu Khumaidi STIT Darul Fattah Bandar Lampung
  • Nando Apriyansyah STIT Darul Fattah Bandar Lampung
  • Miftahul Qodri
Keywords: Literasi digital, Moderasi beragama, bahasa Arab

Abstract

Pondok pesantren Tahfidz Al-Qur’an Dewan Da’wah Lampung adalah lembaga pendidikan Tahfidz quran dibawah naungan dewan da’wah yang lulusannya memiliki kemampuan Tahfidz Al-Qur’an yang Mumtaz. Selain belajar hafalan al-Quran, Pondok pesantren Tahfidz Al-Qur’an Dewan Da’wah Lampung juga memberikan program belajar bahasa Arab yang dilaksanakan setiap hari jum’at, pada hari itu para santri khusus belajar bahasa Arab. Berdasarkan hasil pengumpulan data dan informasi terdapat permasalahan melalui wawancara dengan dewan guru bahasa Arab, maka diketahui bahwa pondok pesantren membutuhkan pendampingan melalui sosialisai literasi digital dalam moderasi beragama dalam mata pelajaran bahasa Arab. Adapun tujuan diadakannya PkM ini adalah untuk memberikan pendampingan dan pemahaman  barkaitan dengan pentingnya budaya literasi digital dalam moderasi beragama melalui mata pelajaran bahasa Arab. Metode pelaksanaan yang lakukan yaitu; pertama; observasi. Kedua; meminta izin kepada kepala sekolah untuk mengadakan kegiatan sosialisasi. Ketiga; Sosialisi melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Pon-pes Tahfizh Qur'an Dewan Da'wah Lampung. Keempat; evaluasi dan pemecahan masalah. Dari hasil kegiatan sosialisasi dan pendampingan menunjukkan bahwa dampak sosialisasi dan pendampingan yang telah dilaksanakan ini dapat menjadi salah satu langkah dalam mengatasi persoalan oleh sebab itu pemahaman literasi digital dan penerapan moderasi beragama sangatlah dibutuhkan oleh para generasi muda terkhusus pada santri dan para guru di  ponpes tahfizd Quran dewan dakwah Indonesia Lampung, sehingga mereka siap terjun kepada masyarakat yang memiliki keragaman budaya, ras, etnis, dan agama. Dari hasil kegiatan sosialisasi dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat, terutama bagi santri Pon-pes Tahfizh Qur'an Dewan Da'wah Lampung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifulloh, M, and M Sulistiono. 2023. “Penguatan Literasi Digital Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Audio Visual.” Wikrama Parahita: Jurnal …, no. Query date: 2023-10-20 09:40:18. https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/parahita/article/view/5346.

Akhmadi, Agus. 2019. “MODERASI BERAGAMA DALAM KERAGAMAN INDONESIA RELIGIOUS MODERATION IN INDONESIA’S DIVERSITY” 13 (2).

Andy Hadiyanto, ;Cendra Samitri,; Siti Maria Ulfah. 2020. “View of Model Pembelajaran Bahasa Arab Multiliterasi Berbasis Kearifan Lokal Dan Moderasi Islam Di Perguruan Tinggi Negeri.” 2020. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/hayula/article/view/13300/8054.

Asadullah, S Al. 2021. “Upaya Mengatasi Kesalahan Persepsi Masyarakat Terhadap Tulisan Arab Dan Arab Melayu Di Desa Lubuk Garam Bengkalis: Pendahuluan.” Jurnal Abdidas, no. Query date: 2023-10-24 22:49:10. https://www.abdidas.org/index.php/abdidas/article/view/220.

Azizah, HN. 2020. “Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Word Wall.” … : Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, no. Query date: 2023-10-24 22:49:10.

Basmantra, IN, and NLGP Murdani. 2022. “Literasi Digital Dalam Mengatasi Berita Palsu (Hoaks) Covid-19 Pada Masyarakat Desa Adat Kampial.” GERVASI: Jurnal Pengabdian …, no. Query date: 2023-10-20 09:40:18. http://114.4.104.248/index.php/gervasi/article/view/3476.

Busro, MM. 2016. “Sejarah Perkamusan Bahasa Arab Di Indonesia.” El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, no. Query date: 2023-10-24 22:49:10. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/view/2636.

Dewan dakwah Lampung. 2019. “Pondok Tahfidz Quran.” Dewan Dakwah Lampung (blog). January 8, 2019. https://dewandakwahlampung.com/pendaftaran-pondok-tahfidz.

Efendi, MA, and M Hanif. 2022. “Pengaruh Literasi Digital Dan Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 3 Karangan.” Jurnal Pendidikan, no. Query date: 2023-10-20 09:40:18. https://unimuda.e-journal.id/jurnalpendidikan/article/view/1832.

Fathurrahman, A. 2020. “Penguasaan Bahasa Arab Sebagai Langkah Penting Pengembangan Wisata Halal Di Lombok.” Jurnal Elkatarie: Jurnal Ilmu …, no. Query date: 2023-10-24 22:49:10. https://ejurnal.yayasanelkatarie.or.id/index.php/jurnalelkatarie/article/view/14.

Giffary, Muhammad Bintang Al, Muhammad Rayhan Maulana, Muhammad Aries Rahman, Farras Daffa Fadhilla, and Nadi. 2023. “KONSEP MODERASI BERAGAMA DAN KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA SESUAI AJARAN ISLAM.” Islamic Education 1 (2): 130–38.

Kholis, MN. 2019. “Proses Interferensi Fonologi Pada Percakapan Bahasa Arab Santri.” … Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, no. Query date: 2023-10-24 22:49:10. https://tsaqofiya.iainponorogo.ac.id/index.php/tsaqofiya/article/view/12.

Masduki, Hendri. 2016. “Pluralisme Dan Multikulturalisme Dalam Perspektif Kerukunan Antar Umat Beragama (Telaah Dan Urgensinya Dalam Sistem Berbangsa Dan Bernegara).” DIMENSI - Journal of Sociology 9 (1). https://doi.org/10.21107/djs.v9i1.3741.

Moeis, Isnarmi. n.d. “PENDIDIKAN MULTIKMLTURAL TRANSFORMATIF.”

Mubit, Rizal. 2016. “PERAN AGAMA DALAM MULTIKULTURALISME MASYARAKAT INDONESIA.” Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman 11 (1): 163–84. https://doi.org/10.21274/epis.2016.11.1.163-184.

Mukhibat, M. 2016. “Analisis Semi-Historis Unsur-Unsur Bahasa Arab Dalam Bahasa Indonesia.” … : Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, no. Query date: 2023-10-24 22:49:10. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/cendekia/article/view/252.

Munawaroh. 2022. “Moderasi Beragama Pada Masa Pandemi Covid 19.” An Naba 5 (1): 63–74. https://doi.org/10.51614/annaba.v5i1.117.

Muzaffar, A. 2018. “Derivasi Indikator Hasil Belajar Bahasa Arab.” لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab …, no. Query date: 2023-10-24 22:49:10. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lisanuna/article/view/3465.

Nurhayati, Ifa, and Lina Agustina. 2020. “Masyarakat Multikultural: Konsepsi, Ciri dan Faktor Pembentuknya.” Akademika 14 (01). https://doi.org/10.30736/adk.v14i01.184.

Prastyo, Angga Teguh. 2022. “Model Budaya Literasi Digital Pada Pondok Pesantren Berbasis Perguruan Tinggi Di Masa Covid-19.” LITERASI : Jurnal Ilmu Pendidikan 13 (1): 13–27. https://doi.org/10.21927/literasi.2022.13(1).13-27.

Putri, Ni Made Anggi Arlina. 2021. “Peran Penting Moderasi Beragama Dalam Menjaga Kebinekaan Bangsa Indonesia.” Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, no. 7 (November): 12–18. https://doi.org/10.33363/sn.v0i6.179.

Rifa’i, A. 2021. “Kajian Filosofi Pendekatan Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, no. Query date: 2023-10-24 22:49:10. http://ejournal-revorma.sch.id/index.php/mansa/article/view/1.

Sulaiman, E. 2017. “PENERAPAN METODE TERJEMAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRAH ALIYAH SUKOREJO SITUBONDO.” Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, no. Query date: 2023-10-24 22:49:10. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/ulumuna/article/view/4119.

Wahdah, YA. 2018. “Faktor-Faktor Kesulitan Siswa Dalam Membaca Teks Bahasa Arab.” … : Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, no. Query date: 2023-10-24 22:49:10. https://www.academia.edu/download/71606594/11702.pdf.

Waroh, Muna. 2022. “Moderasi Beragama Pada Masa Pandemi Covid 19.” An Naba 5 (1): 63–74. https://doi.org/10.51614/annaba.v5i1.117.

Wasino, Dr, and M Hum. n.d. “MULTIKULTURALISME DALAM PERSPEKTIF SEJARAH SOSIAL.”

Published
2023-11-16