Analisis Faktor Kesulitan Menulis Mufradaat Bahasa Arab Di Kelas V SD IT Daarul Hamdi Sukadana
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan dalam menghafal mufradat Bahasa Arab siswa kelas V SD IT Daarul Hamdi Sukadana Lampung Timur. Banyak siswa yang masih kesulitan dalam menulis mufradat sehingga sebagian siswa masih kesusahan ketika menulis mufradat Bahasa Arab khususnya kelas V sehingga peneliti memlih meggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis mufradat bahasa Arab siswa kelas V SD IT Daarul Hamdi Sukadana Lampung Timur. Subjek ini adalah siswa kelas V SD IT Daarul Hamdi terdapat 20 siswa yang tedapat 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Adapun yang akan menjadi sumber data yang akan menjadi sumber informasi pada penelitian ini adalah sebanyak 10 siswa dengan kriteria 5 anak perempuan dan 5 anak laki-laki yang masih kesulitan dalam menulis mufradat bahasa Arab. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keadaan siswa masih kesulitan dalam membaca dan menulis bahasa Arab serta rendahnya minat dan motivasi siswa yang dalam mempelajari bahasa Arab serta faktor keluarga tentang kesadaran dan dorongan diluar sekolah, lingkungan sekolah yang kurang mendukung ketika siswa berada di Dalam maupun luar kelas, Dan fasilitas sekolah yang kurang memadai. Dapat disimpulkan bahwa keadaan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab masih kesulitan dalam membaca, menulis, adapun yang menjadi faktor-faktor kesulitan menulis mufradat bahasa Arab terdapat kendala-kendala dalam mempelajari bahasa Arab khususnya dalam menulis mufradat bahasa Arab yang disebabkan beberapa faktor-faktor internal dan eksternal.
References
Ahmadi, Aulia Mustika Ilmiani. 2020. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab
Konvensional Hingga Era Digital. Yogyakarta. Ruas Media.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). 2022. Kamus versi online/daring (dalam
jaringan). https://kbbi.web.id/analisis diakses tanggal 5 Januari 2022.
Masnun. 2016. Budaya Arab Dalam Pengajaran Bahasa Arab. 132
https://doi.org/10.38073/jpi.v6i1.34 diakses tanggal 3 Januari 2022.
Rahmina. 2018. Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Alumni
Sekolah Menengah Pertama Pada Kelas X di MAN Enrekang.
Rosyidi Abdul Wahab & Mamlu’atul Ni’mah. 2011. Memahami Konsep Dasar
Pembelajaran Bahasa Arab. Malang. UIN-Maliki Press.
Saepudin. 2012. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab: Teori Dan Aplikasi.
Yogyakarta. TrustMedia Publishing.
Syarif, Zulkarnaini, Sumarmo. 2009. Pembelajaran Menulis. Jakarta. Departemen
Pendidikan Nasional.
Sya’bani, Muhammad Zaky. (2020) Analisis Metode Al-Qira’ah Al-Jahriyah dalam
Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks Berbahasa Arab. An-Naba’, 3(1),
-57.112 Volume 1 Nomor 2 Tahun 2021
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung.
Penerbit Alfabeta.
Umi Hijriyah. 2018. Analisis Pembelajaran Mufrodat Dan Struktur Bahasa Arab Di
Madrasah Ibtidaiyah. Surabaya. Cv Gemilang.
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem
Pendidikan Nasional. 2003. Pasal 3.
Veti Nur Fatimah. 2018. Analisis kesulitan belajar bahasa arab siswa kelas IX
Madrasah tsanawiyah negeri 2 sleman.
Wahab Abdul Muhbib. 2007. Tantangan dan prospek pendidikan bahasa Arab di
Indonesia. 1-2
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/28299 diakses
tanggal 5 Januari 2022.
Wahab Abdul Muhbib. 2015. Model Pengembangan Pembelajaran Mufradat. 4.
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/28456 diakses
tanggal 25 April 2022