Analisis Strategi Guru Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Siswa Kelas IV SDIT Muhammadiyah Gunung Terang
Keywords:
Strategi Guru, Mufrodat, Bahasa ArabAbstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi dan proses penerapan strategi yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan penguasaan mufrodat Bahasa Arab. Pertanyaan dalam penelitian ini antara lain “Apa strategi yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan penguasaan mufrodat bahasa Arab pada siswa kelas IV Abu Hatim SDIT Muhammadiyah Gunung Terang Bandar Lampung ?”. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV Abu Hatim SDIT Muhammadiyah Gunung Terang Bandar Lampung dengan jumlah siswa 27 orang siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, bahwa strategi yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu stratetgi pembelajaran Aktif, Inovatif, Kretaif, Efektif dan Meneyenangkan (PAIKEM) dan strategi pembelajaran Ekspositori, dengan penerapannya yaitu guru meyajikan mufrodat atau kosakata dengan lagu nyanyian serta powerpoint dan kartu yang bergambar. Dengan proses kegiatan pembelajaran yaitu guru menyusun mufrodat dengan sebuah lagu, siswa dan guru berdiskusi, guru menulis teks Bahasa Arab dipapan tulis atau menampilkannya diproyektor, guru menyiapkan permainan terkait tema pembelajaran bahasa Arab dan memberikan motivasi disetiap akhir pembelajaran.
References
Abdul Wahab Rosyidi, Media Pembelajaran Bahasa Arab, (Malang: UIN-Malang Press, 2009)
Abdurrahman. 2017 Bahasa Arab dan Metode Pembelajaran. Bandar Lampung: Aura.
Andriani, Asna. 2015. Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab dalam pendidikan islam.
Djunaidi Ghony, Sri Wahyuni, dan Fauzan Almanshur. 2020. Analisis dan Interpretasi Data. Bandung: PT Refika Aditama
Hermawan, Acep. 2011. Metodelogi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Lexy J. Moleong. (2005). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Noor Amirudin. 2017. Problematika Pembelajaran Bahasa Arab http://journal.umgacid/index.php/tamaddun/article/view/66 Diakses tanggal 28 maret 2022.
Nopendri. 2021. Skripsi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas 1 Madrasah Diniyyah Taqwa Bandar Lampung Tahun Ajaran 2020/2021. Petir Salim dan Yenni Salim. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Modern English Press.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R and D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R and D Bandung: Alfabeta.
Tri Rahmi Lestari. 2017. Skripsi Problamatika Pembelajarab Bahasa Arab Dan Alternatif Pemecahannya SMA Islam Al-Falah Kota Jambi Tahun Ajaran 2016/2017
Wibowo, Wahyu. 2001. Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Ali,
Muhammad.2004. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Argesindo.
Ayu, Mada Kusuma N. 2022. https://123dok.com/article/deskripsi-tentang- pembelajaran-kosakata-bahasa-sabillil-muttaqien-kedunggalar.zpv6d30z, diakses pada 28 Januari 2022
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Dinul Muhammad, Islam. 2019. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/13560/
Farhani, Cecep, 2020. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/8376/2/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf, diakses pada 28januari 2022
Hermawan, Acep. 2018. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Posdakarya.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2003. https://kbbi.lektur.id/penguasaan
Muawwanah. 2011. Strategi Pembelajaran. Kediri: STAIN Kediri Press.
Mufarrokah, Annisatul. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Teras.
Mustofa, Syaiful. 2017. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN- Maliki Press
Nurdiyansyah dan Eni Fariyarul Fahyuni. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Nurgiyantoro.2022. https://eprints.uny.ac.id/9110/3/bab%202-04204241017.pdf, diakses pada 29 februari 2022
Panggabean, Suvriadi. dkk. Konsep dan Strategi Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Rosyidi, Abdul Wahab. 2009. Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Press.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:Kencana.
Singgih, M. (2018). Penerapan Metode Qowaid Wa Tarjamah Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas X Semester Genap Sma Al-Kautsar Bandar Lampung. An Naba, 1(2), 1-9.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Rosda
Karya.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.
Sutikno, M. Sobri. 2021. Strategi Pembelajaran. Indramayu: CV Adab.
Rosyidi, Abdul Wahab. 2009. Metode Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Press.