Pengaruh Keteladanan Dan Kedisiplinan Guru Terhadap Pembentukan Karakter Santri Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Kalianda Lampung Selatan

  • Riyanto Adi Kusumah Riyanto UIN Raden Intan Lampung
  • Ahmad Fauzan UINRIL Pascasarjana
  • Achi Rinaldi UINRIL Pascasarjana

Abstract

Dalam dunia pendidikan keteladanan dan kedisiplinan guru mempunyai peranan yang sangat penting dalam menciptakan karakter peserta didik. Peran tersebut begitu nampak pada pola pendidikan pesantren seperti di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7. Dimana peserta didik (santri) berada di asrama bersama guru-gurunya selama 24 jam, sehingga apa yang dilihat, didengar, dan dikerjakan oleh santri dari gurunya merupakan unsur-unsur dalam pembentukan karakter santri. Untuk itu penulis mencoba mengkaji fenomena yang terjadi di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7, yang mana keteladanan dan kedisiplinan guru sudah baik akan tetapi karakter santri khususnya santri kelas 1 masih kurang. Hal inilah yang menarik perhatian penulis untuk meneliti lebih lanjut. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut : (1) Apakah terdapat pengaruh keteladanan guru terhadap pembentukan karakter santri Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7? (2) Apakah terdapat pengaruh kedisiplinan guru terhadap terhadap pembentukan karakter santri Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7? (3) Apakah terdapat pengaruh keteladanan dan kedisiplinan guru secara bersama-sama terhadap pembentukan karakter santri Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7?

            Penelitian ini bertujuan untuk:(a).Mengetahui pengaruh Keteladanan Guru di Pondok Modern Darussalam Gontor dapat mempengaruhi pembentukan karkter santri di PMDG Kampus 7 Kalianda Lampung Selatan.(b)Mengetahui pengaruh Kedisiplinan Guru dalam  mempengaruhi pembentukan karakter santri di Pondok Modern Darsussalam Gontor Kampus 7 Kalianda Lampung Selatan.(3) Mengetahui pengaruh Keteladanan Guru dan Kedisiplinan Guru Secara bersama-sama terhadap pembentukan karakter santri Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Kalinda Lampung Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 161 peserta didik dan sample penelitian sebanyak 148 peserta didik. Penelitian ini menggunakan angket kuesioner sebagai alat pengumpulan data dan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda.

            Hasil Penelitian menunjukan bahwa Pengaruh Variabel X1 Keteladanan Guru memeliki pengaruh sebesar (0,511) 51,1% terhadap Variabel Y Pembentukan Karakter Santri, Pengaruh Variabel X2 Kedisiplinan Guru memeliki pengaruh sebesar (0,391) 39,1% terhadap Variabel Y Pembentukan Karakter Santri, maka Pengaruh Keteladanan Guru dan Kedisiplinan Guru memiliki pengaruh sebesar (0,552) 55,2% Terhadap Pembentukan Karakter Santri.

 

Kata Kunci : Keteladanan Guru, Kedisiplinan Guru, Karakter Santri

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid dan Dian Andayani. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Remaja Rosdakarya.

Aldo Redho Syam. (2015). Manajemen pendidikan kedisiplinan santri di pondok pesantren. Tesis, 1–247.

Hendri, H. (2018). Upaya Guru dalam Membina Akhlak Siswa di MTsS PGAI Padang. Murabby: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.15548/mrb.v1i2.320

Kebudayaan, D. P. dan. (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Cetakan Ke). Balai Pustaka.

Lickona, T. (2016). Mendidik Untuk Membentuk Karakter, Bagaimna Sekolah Dapat Mengajarkan Sikap Hormat dan Tanggung Jawab. Bumi Aksara.

MUFID, M. (2019). Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Al–Barokah Di Bandar Lampung. https://core.ac.uk/download/pdf/295429095.pdf

Nur Hadi Ihsan, M. A. H. dan A. H. A.-B. (2006). Profil Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur Indonesia (Cet ke-2). Darussalam Pres.

Rahmanto, A. (2019). PENINGKATAN KEDISIPLINAN GURU MELALUI PEMBERIAN REWARD DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 8(2). https://doi.org/10.47736/tajdidukasi.v8i2.306

Published
2022-05-25
How to Cite
Riyanto, R. A. K., Ahmad Fauzan, & Achi Rinaldi. (2022). Pengaruh Keteladanan Dan Kedisiplinan Guru Terhadap Pembentukan Karakter Santri Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Kalianda Lampung Selatan. An Naba, 5(1), 1-25. https://doi.org/10.51614/annaba.v5i1.105