Analisis Kemampuan Penggunaan Isim Isyarah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswi MTs Darul Huffaz Pesawaran

  • kasmudi

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena masih ditemukannya kesulitan siswa pada pembelajaran bahasa Arab, khususnya dalam penggunaan isim isyarah (kata tunjuk). Dalam teorinya para siswi mampu menyebutkan isim isyarah, akan tetapi masih ditemukan beberapa kesalahan ketika dilakukan tes tulis, kesalahan itu diantaranya adalah siswi masih kesulitan memahami materi isim isyarah sehingga sulit membedakan isim isyarah berdasarkan jumlah dan jenisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswi dalam penggunaan isim isyarah dalam pembelajaran bahasa Arab serta untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan bahasa Arab, khususnya penggunaan isim isyarah dalam pembelajaran bahasa Arab siswi kelas VIII G MTs Darul Huffaz Pesawaran. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Darul Huffaz Pesawaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, kuisioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswi kelas VIII G dalam penggunaan isim isyarah masih sangat kurang, hal ini dipengaruhi juga oleh faktor internal yaitu berasal dari kesehatan badan saat mengikuti proses pembelajaran dan sifat malu bertanya, hal ini bisa dilihat dari sikap siswi di dalam kelas ketika pelajaran berlangsung, siswi tidak berusaha bertanya hal-hal terkait materi yang tidak difahaminya, dan faktor eksternal yaitu metode yang digunakan guru yang digunakan secara terus-menerus yang mungkin saja membuat siswi merasa bosan ketika KBM berlangsung, dan dalam penggunaan media pembelajaran, guru bahasa Arab hanya sesekali saja menggunakannya seperti LCD proyektor.

Kata Kunci: Isim Isyarah (Kata tunjuk), Pembelajaran Bahasa Arab

Downloads

Download data is not yet available.

References

Razin, Abu & Ummu Razin. 2019. Ilmu Nahwu Untuk Pemula Cet. Ke 3. Bogor:Pustaka BISA.

Hermawan, Acep. 2014. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Rosda Karya

Rofiq, Aunur Bin Ghufron. 2020. Mukhtarot Qowa’idil Lughotil Arobiyah Ringkasan Kaidah-Kaidah Bahasa Arab Cet. Ke 34. Jawa Timur: Pustaka Al Furqon.

Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran Cet. Ke 18. Jakarta: Rajawali Press

Rohman, Fathur. 2015. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Madani.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Muradi, Ahmad. 2015. Pembelajaran Menulis Bahasa Arab Dalam Perspektif Komunikatif Cet. Ke 1 [e-book]. Kencana.

Rukajat, Ajat. 2019. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Disertai Contoh Judul Skripsi Dan Metodologinya [e-book]. Yogyakarta: Deepublish.

Batmang. 2019. Potret Pembelajaran Bahasa Arab Di Pesantren Gontor VIII Indonesia [e-book]. Yogyakarta: Deepublish.

Ni’mah, Fuad. 2011. Kaedah Bahasa Arab Praktis Cet. Ke 2 [e-book]. Medan:Darussalam Publishing.

Hardani dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif Cet. Ke 1 [e-book].Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.

Mamik. 2015. Metodologi Kualitatif [e-book]. Zifatama Publisher.

Ali, Muhammad Al-Khuliy. 2016. Model Pembelajaran Bahasa Arab [e-book]. Bandung: Royyan Press.

Ridha, Muhammad Albaar. 2020. Desain Pembelajaran Untuk Menjadi Pendidik Yang Profesional [e-book]. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Mariyaningsih, Nining & Mistina Hidayati. 2019. Teori Dan Praktik Berbagai Model Dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran Di Kelas-Kelas Inspiratif. Surakarta: Kekata Publisher.

Musthafa Al-Ghalayaini. 1994. Jami’ ad-Durus al-‘arabiyah Juz 1 [e-book]. Maktabah Jamiul huquqi makhfudzhoh linnasyir.

Nizwardi, Jalinus & Ambiyar. 2016. Media & Sumber Pembelajaran [e-book]. Jakarta: KENCANA.

Hayati, Sri. 2017. Belajar & Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning [ebook]. Graha Cendekia.

Suardi, Moh. 2019. Belajar Dan Pembelajaran [e-book]. Yogyakarta: Deepublish.

Sumardi. 2020. Teknik Pengukuran Dan Penilaian Hasil Belajar [e-book]. Yogyakarta: Deepublish.

Winarno. 2013. Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani [e-book]. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang (UM PRESS).

Dasopang, Muhammad Darwis. 2017. Belajar Dan Pembelajaran., http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id, Diakses tanggal 12 Februari 2021.

Hisyam, Zaini. 2010. Perubahan Makna Leksikal Dalam Pemakaian Bahasa Arab(Studi Kasus Pondok Modern Gontor)., http://ejournal.uin-suka.ac.id.,Diakses tanggal 03 Januari 2021.

Published
2022-06-18
How to Cite
kasmudi. (2022). Analisis Kemampuan Penggunaan Isim Isyarah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswi MTs Darul Huffaz Pesawaran. An Naba, 5(1), 84-93. https://doi.org/10.51614/annaba.v5i1.124