Growth Mindset Dalam Pembelajaran Nahwu: Tinjauan Literature Atas Dampak Persepsi Terhadap Penguasaan Gramatikal Arab
DOI:
https://doi.org/10.51614/5as5j603Abstract
Pembelajaran ilmu nahwu kerap dianggap sulit dan membingungkan oleh sebagian besar peserta didik, sehingga memunculkan persepsi negatif yang berdampak pada rendahnya penguasaan gramatikal bahasa Arab. Padahal, pemahaman terhadap ilmu nahwu merupakan aspek yang sangat fundamental dalam penguasaan bahasa Arab yang baik dan benar. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh growth mindset terhadap pembelajaran nahwu melalui pendekatan studi literatur. Beberapa penelitian sebelumnya telah membahas pengaruh pola pikir terhadap kehidupan dan pendidikan secara umum, namun belum banyak yang meninjau secara khusus keterkaitannya dengan pembelajaran ilmu nahwu. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan menelaah literatur-literatur yang relevan mengenai konsep growth mindset dan pembelajaran nahwu. Growth mindset, yaitu keyakinan bahwa kemampuan dapat dikembangkan melalui usaha dan strategi yang tepat, terbukti mampu meningkatkan motivasi, ketahanan belajar, dan partisipasi aktif siswa dalam memahami struktur tata bahasa Arab. Hasil tinjauan menunjukkan bahwa peserta didik dengan pola pikir berkembang lebih mampu menghadapi tantangan gramatikal yang kompleks dibandingkan mereka yang memiliki fixed mindset. Oleh karena itu, implementasi pembelajaran nahwu berbasis growth mindset menjadi solusi strategis untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, mengubah persepsi negatif siswa, serta mendorong pencapaian kompetensi gramatikal yang lebih optimal.
References
Abdurrohman, M. A., & Ulinnuhaa, M. (2024). Problematika Pembelajaran Nahwu. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(02), 1768–1772. https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i02.5350
Brock, A., & Hundley, H. (2016). The Growth Mindset Coach. Ulysses Press.
Chen, M., Mok, I. A. C., Cao, Y., Wijaya, T. T., & Ning, Y. (2024). Effect of Growth Mindset on Mathematics Achievement Among Chinese Junior High School Students: The Mediating Roles of Academic Buoyancy and Adaptability. Behavioral Sciences, 14(12), 1134. https://doi.org/10.3390/bs14121134
Dweck, C. S. (2006). Mindset: The New Psychology of Success (Vol. 44). Random House Publishing Group. https://doi.org/10.5860/CHOICE.44-2397
Faiz, M., & Afrita, J. (2024). Tantangan dan Strategi Pemahaman Bahasa Arab untuk Pendidikan Generasi Z: Analisis dan Prospek Masa Depan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(4), 156–164. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i4.2749
Fauziah, Y. L., Kusni, N., & Nasrullah, N. (2023). Analisis Kesalahan Nahwu dalam Membaca Teks Arab Gundul Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Angkatan 2019 Universitas Muhammadiyah Tangerang. Masterpiece: Journal of Islamic Studies and Social Sciences, 1(1), 15–23. https://doi.org/10.62083/ngq5ek34
Haimovitz, K. (2019). Growth Mindset. Character Lab Playbook. https://doi.org/10.53776/playbooks-growth-mindset
Hakim Al Ghozali, M. D., Sirojudin, D., & Herianto, M. E. (2024). Pembelajaran Ilmu Nahwu Berbasis Teori Multiple Intelligences Howard Gadner. Ukazh: Journal of Arabic Studies, 5(3), 440–446. https://doi.org/10.37274/ukazh.v5i3.1099
Han, S. J., & Stieha, V. (2020). Growth Mindset for Human Resource Development: A Scoping Review of the Literature with Recommended Interventions. Human Resource Development Review, 19(3), 309–331. https://doi.org/10.1177/1534484320939739
Heyder, A., & Pegels, H. (2025). Detrimental Effects Of Instructors’ Fixed Mindsets On Students’ Anticipated Motivation And Emotions In Secondary And Higher Education. Social Psychology of Education, 28(1), 32. https://doi.org/10.1007/s11218-024-10001-9
Ibnu Hisyam, R. (2023). Abu Al-Aswad Ad-Du’ali Wa Dawruh Fii Tarikh ‘Ilm Al-Nahw. An-Nahdah Al-’Arabiyah, 3(1), 9–18. https://doi.org/10.22373/nahdah.v3i1.2237
Jiang, Y., Tian, L., & Lou, N. M. (2024). From Growth Mindset To Positive Outcomes In L2 Learning: Examining The Mediating Roles Of Autonomous Motivation And Engagement. System, 127, 103519.
Kampa, K. (2023). Thoughts About Growth Mindset. The Language Teacher, 47(5), 13–15. https://doi.org/10.37546/JALTTLT47.5-3
Marsiah, M., Mubarak, M. R., & Audina, N. A. (2021). The Students’ Perspective Towards YouTube as the Replacement of Lecturer in Nahwu Learning. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 13(2), 254–267. https://doi.org/10.24042/albayan.v13i2.8324
Mason, S. (2023). Developing Our Own Growth Mindset to Support Student Success. 2023 IEEE Frontiers in Education Conference (FIE), 1–4. https://doi.org/10.1109/FIE58773.2023.10342894
Miles, M., & Huberman, A. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang MetodeMetode Baru. UI Pres.
Muh. Ilham Shohib, & Nafisatul Fuadah. (2022). Ushul An-Nahwi (Kajian Epistimologi Sintaksis Arab). Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 83–94. https://doi.org/10.53515/lan.v4i1.4934
Nurul, Z. (2020). I’rab: antara Kontroversi, Problematika Dan Solusi Pembelajarannya. AL-AF’IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Pengajarannya, 4(2), 81–93. https://doi.org/10.52266/al-afidah.v4i2.1017
Oliynuk, N. (2021). The Influence Of Perception And Attribution On The Formation Of Organizational Behavior. Bulletin of Dnipropetrovsk Scientific Research Institute of Forensic Expertise of the Ministry of Justice of Ukraine. Economic Sciences, 1(03). https://doi.org/10.46644/2708-1834/2021-03.6
Pongoh, D., Lumapow, H. R., Lengkong, J. S. J., Rotty, V. N. J., & Tuerah, I. J. C. (2022). Sumbangan Pemikiran Filsafat Pendidikan Paulo Freire Bagi Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia. Media (Jurnal Filsafat Dan Teologi), 3(1), 103–115. https://doi.org/10.53396/media.v3i1.57
Radi Suparlan, M. H. R. (2024). Al Musykilaat Fi Ta’limin Nahwi Bi Madrasah Ar-Rohmah Malang. Al Intisyar, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.32505/intisyar.v9i1.8078
Rohman, M. A., & Anwar, N. (2023). Analisis Pembelajaran Nahwu pada Siswa Kelas 2 Ula Madrasah Diniyah Salafiyah Islamiyah Tanggulangin Sidoarjo. Emergent Journal of Educational Discoveries and Lifelong Learning (EJEDL), 3(2). https://doi.org/10.47134/emergent.v3i2.17
Sharma, A. (2020). A Review On: Perception And Its Effect On Judgments. Journal of Management Research and Analysis, 6(4), 164–168. https://doi.org/10.18231/j.jmra.2019.034
Slivac, K., Hagoort, P., & Flecken, M. (2025). Cognitive And Neural Mechanisms Of Linguistic Influence On Perception. Psychological Review, 132(2), 364–379. https://doi.org/10.1037/rev0000546
Srihastuti, E., & Wulandari, F. (2021). Urgensi Growth Mindset Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid 19. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 12(2), 157–165. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v12i2.431
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantatif, Kualitatif, dan R&D). IKAPI.
Udin Zainudin. (2024). Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab dan Implementasinya untuk Meningkatakan Maharatul Kalam. HASBUNA : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 351–356. https://doi.org/10.70143/hasbuna.v4i2.309
Ulfa, M. (2018). Sistem Pengajaran Bahasa Arab Modern Untuk Non -Arab. An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 20(01), 63. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1128
Yahya, Y. K., Mahmudah, U., & Muhyiddin, L. (2020). De-Sakralisasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia: Analisis Bahasa sebagai Identitas Agama. JLA (Jurnal Lingua Applicata), 3(2), 57. https://doi.org/10.22146/jla.57232
Downloads
Published
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2025 ana khabibah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.