Penerapan Metode Qawāid Wa Tarjamah Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Mabni dan Mu’rāb Pada Struktur Bahasa Arab
Abstract
This research is based on the difficulty of grade VIII
F Ubay bin Ka'ab SMP Qur'an Darul Fattah students
in understanding Arabic language material,
especially mabni and mu'rāb material contained in
the Arabic language structure. The purpose of this
study was to improve students' understanding of
Arabic rules, especially mabni and mu'rāb. The
method that the researchers used was Qawāid Wa
Tarjamah which the researchers conveyed directly
to the students in the class. The subjects the
researcher aimed at were 20 students of grade VIII
SMP Qur'an Darul Fattah. The type of research
used is qualitative.
References
Abdurochman, 2017. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Bandar Lampung: AuraCV.Anugrah Utama Raharja.
Agustiar, 2017. Dilalah Jumlah Ismiyah dan Fi’liyah Serta Relevansinya TerhadapPenafsiranAlqur’an.http://repository.uinsuska.ac.id/25823/1/Laporan%20Penelitian%20%202017.pdf. Diakses tanggal 19 Juni 2020
Ahmad Thib Raya, 2019. Bahasa Arab Elementer. Jakarta: Ranking PT Serambi Semesta
Distribusi
Ali Al-Jarimi dan Musthafa Amin.1956. An-Nahwu Al-Wadhih. Mesir: Daar Al-Maarif
Acep Hermawan. 2018. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Bandung. PT RemajaRosdakarya.
Ahmad Fuad Effendy. 2012. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: MisykatMalang.
Buku Panduan Skripsi STIT Darul Fattah. 2018. Bandar Lampung Sekolah Tinggi IlmuTarbiyah Darul Fattah.
Fuad Ni’mah, Mulkhas Qawaid al-Lughoh al-‘Arabiyyah, Dar al-Tsaqafah AlIslamiyyah,
Beirut, t.t.
Hasyim As’ari, 2017. Penerapan Metode Qowaid Wa Tarjamah UntukMeningkatkan Pemahaman Khobar Muqoddam dan Mubtada Mu’akhor KelasVII E
Ali bin Abi Thalib Semester Genap SMP Qur’am Darul Fattah Bandar LampungTahun Pelajaran 2017/2018.
Manihar Situmorang, 2019. Penelitian Tindakan Kelas Strategi Menulis Proposal,
Laporan,dan Artikel Ilmiah. Depok: Rajawali Pers
Mochammad Anwar, 2017. Ilmu Nahwu Terjemahan Matan Al-Jurumiyyah dan ‘Imrity
Berikut Penjelasannya. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Moh. Thalib, 2020. Tata Bahasa Arab. Bandung: PT Al-Ma’rif
Mustofa Ghalayini. 1993. Jami’ Al-Durus Al – Arabiyah. Beirut: Al – Maktabah Al –Ashriyah
Nabila. 2020. Penguasaan Jumlah Ismiyyah dan Jumlah Fi’liyyah terhadap KemahiranMenyusun Paragraf Bahasa Arab Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. 1 (1).29-38. Diakses tanggal 19 Februari 2020
R, Rappe. 2016. Konsep Al-Mu’rab Wa Al-Mabni dalam Bahasa Arab. Shaut AlArabiyyahNo. 4 Vol. 2. halaman 74 -88. Diakses tanggal 19 Februari 2020
Ridho Surya Ariska, 2018. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyusun Jumlah
Ismiyah Menggunakan Metode Qowa’id Wa Tarjamah Di Kelas VII E SMP Qur’anDarul Fattah Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019 Siti Mahbubah, 2014. Jumlah Ismiyyah Dan Fi’liyyah Dalam Kitab Jawami’ul Kalim Karya Kh. Ali Maksum Dan Metode Pengajarannya
Subhanul Yamin, 2015. Penerapan Metode Qowaid wa Tarjamah Untuk Meningkatakan
ktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII Utsman Semester Genap SMP Qur’an Darul Fattah Tahun Pelajaran 2014/2015
Syeikh Syamsudin Muhammad bin Muhammad ar-Raini al-Maliki, 2016. Ilmu Nahwu
Terjemah Mutammimah Ajurumiyyah. Bandung: Sinar Baru Algensido
Hariri Kurniawan, Muhammad Wisnu Khumaidi, & Nurkholis. (2019). Penerapan Model
Pembelajaran Istiqra’i Untuk Meningkatkan Pemahaman Nahwu Siswi Kelas ViiA Semester Genap Mts Darul Huffazh Pesawaran Tahun Pelajaran 2013/2014 M: Penerapan Model Pembelajaran Istiqra’i. An Naba, 2(1), 35-49.
Sya’bani, M. Z., & Anwar, K. (2021). Pembelajaran Kaidah Bahasa Arab Praktis. Penerbit Insan Cendekia Mandiri.