Penerapan Metode “Muhadatsah” Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Ma’had Tahfidz An-Nahl Tanjung Seneng Bandar lampung

Authors

  • Angga Pratama STIT Darul Fatah Bandar Lampung-Indonesia
  • Masfiyatul Asriyah STIT Darul Fatah Bandar Lampung
  • Nurkholis STIT Darul Fatah Bandar Lampung

Keywords:

Metode Muhadatsah, Buku, Bahasa Arab

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan metode muhadatsah menggunakan buku panduan praktis Laa Taskut dalam pembelajaran bahasa Arab dan implikasi buku panduan praktis Laa Taskut di ma’had tahfidz An-Nahl.  Pertanyaan dalam penelitian ini antara lain “Bagaimana penerapan metode muhadatsah menggunakan buku panduan praktis Laa Taskut dalam pembelajaran bahasa Arab di ma’had tahfidz An-Nahl?”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah santri ma’had tahfidz An-Nahl yang berjumlah 32 santri. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, penerapan metode muhadatsah menggunakan buku panduan praktis Laa Taskut dalam pembelajaran bahasa Arab di ma’had tahfidz An-Nahl Tanjung Seneng dengan langkah penerapannya adalah persiapan, penerapan dan praktek muhadatsah. Implikasi buku panduan praktis Laa Taskut di ma’had tahfidz An-Nahl Tanjung Seneng diantaranya adalah: dapat membantu mempermudah santri dalam belajar bahasa Arab khususnya pada kemahiran berbicara, meningkatkan kemampuan berbahasa santri.

References

Anwar, K. (2020). Buku Percakapan Bahasa Arab dengan Pendekatan Kontektual. An

Naba’, 2(2), 31-40.

Arsyad, Azhar. 2010. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Malang: Pustaka

Pelajar.

Chasanah, Uswatun. 2012. “Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab Dengan

Menggunakan Buku Metode 33 Cara Cepat Bisa Baca Buku panduan praktis di

Madrasah Diniyah Al-Imdad Kauman Wijirejo Pandak Bantul Yogyakarta”.

Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Effendi, Ahmad Fuad. 2005. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Hastang. 2016. Penerapan Metode Muhadatsah Dipadukan Dengan Media LCD

Projector Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Maharah Kalam Siswa Kelas VIII

pada MTs. Al-Faaizun Watang Palakka Kab. Bone. http://repositori.uin-

alauddin.ac.id/2017/1/Hastang.pdf. Diakses Pada Tanggal 21 Mei 2022.

Kaharuddin. 2018. Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Kemampuan Muhadatsah.

https://media.neliti.com/media/publications/285642-pembelajaran-

bahasa-arab-melalui-kemampu-b5a05a80.pdf. Diakses Pada Tanggal 20

Maret 2022.

Lani, Haerul. 2017. Analisis Kemampuan Penguasaan Kosakata Arab Siswa Kelas VII

Mts Qur'aniy’h Batu Kuta Narmada Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017.

Skripsi. Universitas Islam Negeri Mataram.

Purwanto, Ngalim. 2019. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono.2016. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Usman, Husaini, dan Purnomo Setiady Akbar. 2017. Metodologi Penelitian Sosial.

Jakarta: Bumi Aksara.

Zuhri, Misbah Khoiruddin dan M. Shobirin Suhail. 2009. Laa Taskut. Semarang:

Pustaka Nuun.

Rosyidah, Afisah. 2015. “Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Metode Mind Map Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (Studi Multi

Situs di MIN Kanigoro Kras Kediri & MI Islam Jemekan Ringinrejo Kediri)”.

Thesis. UIN Satu Tulungagung.

Downloads

Published

2023-05-30