Analisis Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI Pondok Pesantren Khadijah Pesawaran

  • Junetri Ambar Rani Putri STIT Darul Fatah Bandar Lampung
  • Doni Sastrawan STIT Darul Fatah Bandar Lampung
  • Heriansah STIT Darul Fatah Bandar Lampung
Keywords: Strategi Guru, Minat Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui strategi pengajar atau pendidik dalam meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran bahasa Arab. Pertanyaan dalam penelitian ini antara lain “Bagaimana penerapan strategi guru dalam meningkatkan minat belajar pada pembelajaran bahasa Arab siswa kelas XI Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Khadijah Pesawaran?”. Penelitian ini merupakan pendekatan deskriptif kualitatif dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan jumlah 22 peserta didik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan Hasil dari penelitian mengenai Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Arab di kelas XI Pondok Pesantren Khadijah Pesawaran adalah minat belajar siswa dapat meningkat melalui beberapa hal yakni: menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dan startegi pembelajaran afektif dengan penerapannya menggunakan metode tanya jawab yang menekankan kepada aktivitas peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurochman. 2017. Bahasa Arab dan Metode Pembelajarannya. Bandar Lampung: Aura.

Akrim. 2021. Strategi Peningkatan Daya Minat Belajar. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Anitah, Sri. 2017. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Anwar, K., & Sya'bani, M. Z. (2020). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Online Lerning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Nahwu. An Naba, 3(2), 122-133.

Asrori, Mohammad. 2013. Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Strategi

Pembelajaran. Madrasah, 5.

Musthofa, Bisri dan Hamid, Abdul. 2011. Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press.

Hermawan, Acep. 2018. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hidayat, Sarip, Nandang. 2012. Probematika Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 32 No. 1 Januari-Juni 2012.

Musthofa, Syaiful. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN- Maliki Press.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana.

Seknum, Yusuf, M. 2012. Kedudukan Guru Sebagai Pendidik. Lentera Pendidikan, Vol.

No. 1 Juni 2012.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surastina, Yuricki, Effrina dkk. 2019. Pengantar Bahasa Indonesia. Yogyakarta: CV

Elmatera Publishing.

Suroiyah, Nurus, Evi dan Zakiyah, Anisatuz, Dewi. 2021. Perkembangan Bahasa Arab

di Indonesia. Muhadasah, Vol. 3 No. 1 Juni 2021.

Zaenuddin, Radliyah. 2005. Metodologi dan Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa

Arab. Yogyakarta: Pustaka Rihlah Group

Published
2023-05-30