Analisis Kesulitan Pembelajaran Bahasa Arab Pada Ismul Isyarah Siswa Kelas IV A MI Mathla’ul Anwar Kedondong

Authors

  • Maskah STIT Darul Fatah Bandar Lampung
  • Langgeng Sutopo STIT Darul Fatah Bandar Lampung
  • Ahmad Hadi Setiawan STIT Darul Fatah Bandar Lampung

Keywords:

Pembelajaran bahasa arab, ismul isyarah

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah Untuk menganalisis faktor kesulitan dalam penggunaan isim al-isyarah pada siswa kelas IVA MI Mathla’ul Anwar. Pertanyaan dalam penelitian ini antara lain “apa saja faktor kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran isim al-isyarah ada siswa kelas IVA MI Mathla’ul Anwar Kedondong?”. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini kelas IVA MI Mathla’ul Anwar Kedondong yang berjumlah 26 siswa. Dengan jumlah laki 11 dan jumlah perempuan 15. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, faktor kesulitan adalah: faktor internal, 1) kurangnya minat siswa dalam belajar bahasa Arab, 2) siswa masih sulit dalam menghafalkan ism al-isyarah, 3) kesulitan siswa dalam membedakan ism al-isyarah muannats dan mudzakkar atau sebaliknya. Faktor eksternal: 1) kurangnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab, 2) faktor metode, 3) faktor media dan prasarana. Upaya guru dalam meningkatkan kesulitan siswa dalam memahami ism al-isyarah pada siswa kelas IVA MI Mathla’ul Anwar antara lain: 1) hendaknya guru senantiasa memotivasi siswa setiap kali pertemuan, agar siswa selalu semangat dan lebih antusias lagi dalam belajar bahasa Arab, 2) dalam proses pembelajaran hendaknya guru lebih memperhatikan keadaan siswa agar konsentrasi siswa lebih fokus pada saat kegiatan belajar, 3) guru harus lebih aktif dan inovatif dalam menggunakan metode dan media pembelajaran, agar siswa lebih tertarik dan semangat untuk belajar bahasa Arab.

References

Ahmad Bin Tsabit Al-Wushabi. 2016. Terjemahan At-Tuhfatul Wushabiyyah Fi Tashil Matn Al-Aajrumiyyah. Semarang: Isma’il bin ‘Isa.

Ahmad Taufik. 2009. Cara Praktis Belajar Bahasa Arab. Jakarta: Qalam Media Pustaka.

Anwar, K., & Sya'bani, M. Z. (2020). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Berbasis Online Lerning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Nahwu. An Naba, 3(2), 122-133.

Bahrudin Fuad. Terjemah Alfiyah Ibnu Malik Dan Penjelasannya. Mobile Santri. Conny R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Dr.ni’mah fuad. Kaedah Bahasa Arab Praktis. Malaysia: Pustaka Darussalam. https://www.jumanto. Com

Suharsono dan Ana Retnoningsih. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya

Syaiful Bahri Djamarah. Psikologi Belajar. Jakarta.: Rineka cipta,

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Muhibbin Syah. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pres, 2013

Tri Rahmi Lestari. 2017. Skripsi Problamatika Pembelajarab Bahasa Arab Dan Alternatif Pemecahannya SMA Islam Al-Falah Kota Jambi Tahun Ajaran 2016/2017

Veti Nurfatimah. Article. September 2018. Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas IX Madrsah Tsanawiyah Negeri 2 Sleman Yogyakarta

Wibowo, Wahyu. 2001. Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2023-05-30