Analisis Kesulitan Mufrodat Pada Siswa Kelas V di SDIT Muhammadiyah Gunung Terang Bandar Lampung

  • Ria Sari STIT Darul Fatah Bandar Lampung
  • Muhammad Ari Wibowo STIT Darul Fatah Bandar Lampung
  • Hamdal Zakariya STIT Darul Fatah Bandar Lampung
Keywords: media gambar, penguasaan mufrodat

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk Mendeskripsikan tingkat kesulitan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas V Imam Hudzaimah SDIT Muhammadiyah Gunung Terang dan menganalisis hasil analisis faktor-faktor kesulitan/kendala dalam menguasai kosakata bahasa Arab siswa kelas V Imam Hudzaimah SDIT Muhammadiyah Gunung Terang. Pertanyaan dalam penelitian ini antara lain “Bagaimana tingkat kesulitan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas V Imam Hudzaimah SDIT Muhammadiyah Gunung Terang?”. Penelitian ini merupakan Penelitian survey dan subjek penelitian ini adalah kelas V Imam Hudzaimah yang berjumlah 20 siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis mencoba mendeskripsikan  dan menganalisis, kesimpulan yang diterima Tingkat kesulitan kosakata bahasa Arab siswa kelas V Imam Hudzaimah SDIT Muhammadiyah Gunung Terang masih kurang meski sarana prasarana telah memadai dikarenakan keadaan lingkungan belajar bahasa Arab siswa kelas V Imam Hudzaimah SDIT Muhammadiyah Gunung Terang belum menerapkan lingkungan berbahasa serta beberapa kendala lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu, Ahmadi. 2008. Psikologi Belajar Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Anshor, Ahmad Muhtadi. 2009. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.

Marlina, 2019. Asesmen Kesulitan Belajar. Jakarta Timur: Prenada media.

Miles dan Huberman. 1992. Analisis data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Moleong. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Parnawi, Afi. 2020. Psikologi Belajar. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Rahmawati, R. A., & Anwar, K. (2022). Analisis Sintaksis Majrurat Al-Asma Dalam Surat Yasin. An Naba, 5(2), 70-85.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Surya, Hendra. 2003. Kiat Mengajak Anak Belajar dan Berprestasi. Jakarta: Gramedia.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta

Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Tim Penyusun. 2018. Buku Panduan Skripsi STIT Darul Fattah Bandar Lampung. Bandar Lampung: Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Darul Fattah

Zulhanan. 2014. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Published
2023-05-31