Analisis Kesulitan Mufrodat Pada Siswa Kelas V di SDIT Muhammadiyah Gunung Terang Bandar Lampung
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk Mendeskripsikan tingkat kesulitan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas V Imam Hudzaimah SDIT Muhammadiyah Gunung Terang dan menganalisis hasil analisis faktor-faktor kesulitan/kendala dalam menguasai kosakata bahasa Arab siswa kelas V Imam Hudzaimah SDIT Muhammadiyah Gunung Terang. Pertanyaan dalam penelitian ini antara lain “Bagaimana tingkat kesulitan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas V Imam Hudzaimah SDIT Muhammadiyah Gunung Terang?”. Penelitian ini merupakan Penelitian survey dan subjek penelitian ini adalah kelas V Imam Hudzaimah yang berjumlah 20 siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan penulis mencoba mendeskripsikan dan menganalisis, kesimpulan yang diterima Tingkat kesulitan kosakata bahasa Arab siswa kelas V Imam Hudzaimah SDIT Muhammadiyah Gunung Terang masih kurang meski sarana prasarana telah memadai dikarenakan keadaan lingkungan belajar bahasa Arab siswa kelas V Imam Hudzaimah SDIT Muhammadiyah Gunung Terang belum menerapkan lingkungan berbahasa serta beberapa kendala lainnya.
Downloads
References
Abu, Ahmadi. 2008. Psikologi Belajar Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Anshor, Ahmad Muhtadi. 2009. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.
Marlina, 2019. Asesmen Kesulitan Belajar. Jakarta Timur: Prenada media.
Miles dan Huberman. 1992. Analisis data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.
Moleong. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Parnawi, Afi. 2020. Psikologi Belajar. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Rahmawati, R. A., & Anwar, K. (2022). Analisis Sintaksis Majrurat Al-Asma Dalam Surat Yasin. An Naba, 5(2), 70-85.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Surya, Hendra. 2003. Kiat Mengajak Anak Belajar dan Berprestasi. Jakarta: Gramedia.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.
Tim Penyusun. 2018. Buku Panduan Skripsi STIT Darul Fattah Bandar Lampung. Bandar Lampung: Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Darul Fattah
Zulhanan. 2014. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Jakarta. Raja Grafindo Persada.