Analisis Penerapan Metode Drill Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas IV Yunus SDIT Permata Bunda II Bandar Lampung

Analisis Penerapan Metode Drill Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas IV Yunus SDIT Permata Bunda II Bandar Lampung

  • Alaila Rahmah STIT Darul Fattah Bandar Lampung
  • Doni Sastrawan STIT Darul Fattah Bandar Lampung
  • Hamdal Zakaria STIT Darul Fattah Bandar Lampung
Keywords: Penerapan Metode Drill, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

 

Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan tentang penerapan metode Drill siswa kelas IV di SDIT Permata Bunda II Bandar Lampung serta faktor-faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi. Pertanyaan dalam penelitian ini antara lain “Bagaimana penerapan penggunaan metode Drill dalam pembelajaran bahasa Arab di Kelas IV Yunus SDIT Permata Bunda II Bandar Lampung?”. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bahasa Arab, pegawai tata usaha, dan data hasil proses pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas IV Yunus di SDIT Permata Bunda II Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan: 1) penerapan metode Drill dalam pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas IV Yunus di SDIT Permata Bunda II Bandar Lampung melalui tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. 2) metode Drill dalam penelitian ini sangat efektif karena membuat siswa aktif, bertanggung jawab, serta dapat berkerjasama antar teman dalam satu kelompoknya. 3) faktor yang mendukung dan yang menghambat proses pelaksanaan metode Drill diantaranya, faktor pendukung: iklim pembelajaran yang kondusif, kelas IV Yunus SDIT Permata Bunda II Bandar Lampung, serta pembelajaran Tahsin Tahfizh yang intens. Adapun faktor penghambat: keterbatasan sarana dan prasarana, lingkungan berbahasa, serta latar belakang siswa yang kompleks

Bahasa Arab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asep. (2008). Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Multi Pressindo.
Bisri Mustofa dan M Abdul Hamid, (2012). Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN-Maliki Press.
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.
Harahap Partomuan, Pembelajaran Keilmuan Bahasa Arab (Pendekatan, Metodologi, dan Teknik Alternatif), Curup : LP2 STAIN, 2011.
Hermawan, Acep. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhsin, M. (2015). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kemampuan Pengembangan Bahan Ajar Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis Siswa Mtsn Seunuddon Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh.
Mustafa al- Ghalayin, Jami’ ad-Durus al-‘abiyah jilid I. (Beirut: Dar al-kutub al- „ilmiyah, 2005), hal. 7
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. 2020. “Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV”. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265-276.
Poerwadarminta. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.
Radliyah Zaenuddin, dkk,. (2005) Metodologi & Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta:Pustaka Rihlah Group
Rosyidi, Abdul Wahab dan Ni’mah, Mamlu’atul. (2012). Memahami Konsep Dasar Media Pembelajaran Bahasa Arab. [e-book]. UIN: Maliki Press.
Mustofa, Syaiful. Juli (2011), “Pengaruh Pendidikan dan pelatihan Serta Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Perusahaan Daerah Air Minum Tirtanadi Cabang Medan Denai”, Volume 7. No.2. 8 Desember 2016.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah, Muhibbin. (2018). Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Tim Penyusun Kamus. Kamus Besar Bahasa Indonesia. [online].
Zainul Arifin. ( 2008). Allughah Tharaiq Ta’liimuha wa Ta’allimuha, Padang : Padang Press
Ahmad, Zulkifli. 2011. Dampak Sosial Pernikahan Dini Skripsi S1 Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Published
2024-01-17