Implementasi Penggunaan Metode Jigsaw dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas XI MIPA 3 SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung

Implementasi Penggunaan Metode Jigsaw dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas XI MIPA 3 SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung

  • Muhammad Abdurrosyid Alfurqon
  • Mohammad Wisnu Khumaidi STIT Darul Fattah Bandar Lampung
  • Akhmad Khoiri STIT Darul Fattah Bandar Lampung
Keywords: Implementasi, Metode jigsaw, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kecenderungan seorang pendidik dalam menggunakan metode konvensional secara monoton, sebagai contoh: metode ceramah dan langsung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan Teknik pengumpulan data, berupa: observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi, juga menggunakan Teknik analisis data sesuai pengertian Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode jigsaw dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas XI MIPA 3 SMA Muhammadiyah 2 berjalan dengan baik, didukung adanya interaksi dan ketergantungan positif diantara peserta didik yang menimbulkan ide-ide dan pemikiran baru seputar materi pelajaran. Hal ini tentunya lebih membantu pserta didik dalam memahami, menelaah, dan mengidentifikasi materi pelajaran, juga meningkatkan hasil belajar. Kesimpulannya, penggunaan metode jigsaw dalam pembelajaran Bahasa Arab terbukti lebih membantu peserta didik dalam mehamai, menelaah dan mengidentifikasi materi pelajaran. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Handayama, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Ilmi Nadia Fatchu. (2021). Metode “Tamyiz” untuk Pembelajaran Nahwu dan Sharaf pada Al-quran. Jurnal Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa V Tahun 2021, 546.
Mahmud Saifuddin, Idham Muhammad. 2017. Strategi Belajar-Mengajar. Aceh: Syiah Kuala University Press.
Nurmalawati, Maya. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX-C Materi Gaya dan Gerak Pelajaran IPA melalui Pembelajaran Cooperative Learning dengan Metode Jigsaw pada SMP Negeri 2 Peukan Pidie Kabupaten Pidie. Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, (10), 173.
Sholihah, Hayu Almar’atus, dkk. (2018). Metode Pembelajaran Jigsaw dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa SMP. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional “Penguatan Karakter Bangsa Melalui Inovasi Pendidikan di Era Digital.” 161-163.
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif, Mix Methods, R&D, dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta cv.
Syam, Aldo Redho. (2017). Posisi Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran dalam Pendidikan. MUADDIB, (7), 38.
Published
2024-01-17