Pengaruh Metode Mimicry Memorization Terhadap Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas Vii D Di Mts Negeri 1 Lampung Tengah
Pengaruh Metode Mimicry Memorization Terhadap Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas Vii D Di Mts Negeri 1 Lampung Tengah
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penguasaan kosakata siswa serta sulitnya dalam melafalkan dan menghafalkan kosakata bahasa arab, suasana pembelajaran yang cenderung pasif disebabkan penggunaan metode pembelajaran yang masih monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode mimicry memorization terhadap peningkatan penguasaan kosakata bahasa arab siswa kelas VII D di MTs Negeri 1 Lampung Tengah. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian ini menggunakan One Group Pretest Posttest. Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran genap 2021/2022. Objek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII D di MTs Negeri 1 Lampung Tengah, dengan jumlah 37 siswa kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan tes dan non tes (observasi, dokumentasi). Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji paired simple t test, rata-rata nilai pretest adalah 47,42 dan nilai posttesnya 77,26. Berdasarkan perhitungan analisis data yang diperoleh adalah nilai signifikansi 0,000 yang artinya < 0,05. Maka Ha diterima dan H0 ditolak, hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode mimicry memorization berpengaruh dalam peningkatan penguasaan kosakata peserta didik kelas VII D di MTs Negeri 1 Lampung Tengah.
Downloads
References
Hermawan, A. (2014). metodologi pembelajaran bahasa arab. Remaja Rosdakarya.