Pelatihan Metode Tamyiz Untuk Meningkatkan Hafalan Kosakata Bahasa Arab Siswa Pondok Pesantren Tahfidz Quran Muhammad Natsir Jati Agung
Abstract
ABSTRACT
This research is based on the low memorization of Arabic vocabulary and lack of interest in learning Arabic by PPTQ Muhammad Natsir Jati Agung South Lampung students. Students' boredom and difficulty in learning to memorize vocabulary causes dissatisfaction with these lessons. One of the subjects that most school students avoid is Arabic. In particular, PPTQ Muhammad Natsir, Jati Agung, South Lampung, the use of the Tamyiz method has not been implemented, based on the formulation of the problem and objectives, the implementation of this community service is by using the Tamyiz method. The results obtained during the training show that the use of the Tamyiz method can improve PPTQ Muhammad students' memorization of Arabic vocabulary. Natsir Jati Agung South Lampung in 2023.
Keywords: training, tamyiz method, Arabic language
ABSTRAK
Penelitian ini didasari oleh rendahnya hafalan kosakata bahasa arab dan kurang minat belajar bahasa arab yang dimiliki oleh siswa PPTQ Muhammad Natsir jati agung lampung selatan. Kejenuhan dan sulitan siswa dalam belajar menghafalan kosakata menyebabkan ketidak senangan terhdap pelajara tersebut, salah satu mata pelajaran yang sangat dihindari sebagian siswa sekolah adalah mata pelajaran bahasa arab. Khususnya PPTQ Muhammad Natsir jati agung lampung selatan penggunaan metode tamyiz belum diterapkan, berdasarkan rumusan masalah dan tujuan maka pelaksanaan pada pengabdian masyarakat ini adalah dengan menggunakan metode tamyiz adapun hasil yang diperoleh saat pelatihan menunjukan bahwa penggunaan metode tamyiz dapat meningkatkan hafalan kosakata bahasa arab siswa PPTQ Muhammad Natsir jati agung lampung selatan tahun 2023.
Kata kunci: pelatihan, metode tamyiz, bahasa arab
Downloads
References
amir, Nurazizah, And Nurjannah Nurjannah. 2022. “Pelatihan Dan Pendampingan Maharah Kalam Santri Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Tka/Tpa.” Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3 (2): 59–63.
Ansharullah, Muhammad, Muhammad Muhtar Arifin Sholeh, And Moh Farhan. 2021. “Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Metode Tamyiz Di Smp Islam Sultan Agung 4 Semarang.” Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa Unissula (Kimu) Klaster Humanoira, No. 0 (December).
Anwar, Khairil, Doni Sastarawan, M. Ari Wibowo, Ferdinan Agraha, And Abu Ayyub. 2023. “Implementasi Musalsal Arabiy Untuk Meningkatkan Pemahaman Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas Xii Ponpes Raudhatul Mutaallmin.” Al Mufid 4 (1): 38–46.
Arif, Azman, Mahmud Mannan, And Abu Darim. 2022. “Manajemen Pembelajaran Nahwu Sharaf Menggunakan Metode Tamyiz Pada Masa Pandemi Covid 19.” Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 1 (1): 59–68.
Astin, Anita Ervina, And Haninda Bharata. 2016. “Penerapan Pendekatan Open-Ended Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa,” March.
Hartati, Endang Dwi. 2023. “Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Metode Tamyiz Pada Siswa Di Smp It Al Munadi Medan.” Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 3 (1): 877–82.
Hidayati, Atika Nur, Vera Veriani, And Rohini. 2023. “Penerapan Strategi Joyful Learning Dalam Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V Sdn 5 Karang Anyar.” Al Mufid 4 (1): 65–72.
Ilmi, Nadia Fatchu. 2021. “Metode ‘Tamyiz’ Untuk Pembelajaran Nahwu Dan Sharaf Pada Al-Qur’an.” International Conference Of Students On Arabic Language 5 (0): 542–52.
Meishanti, Ospa Pea Yuanita, Rina Dian Rahmawati, And Nafingah Nafingah. 2020. “Pelatihan Berbahasa Arab Melalui Keterampilan Berbicara (Maharah Al-Kalam) Metode Muhadatsah Menggunakan Pocket Book.” Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1 (1): 16–23.
Nashoih, Afif Kholisun, Khotim Fadhli, Akhmad Taqiyuddin, Abdul Khorib, Ima Ni’matus Sholikhah, And Chumairoh Putriningtyas. 2022. “Penguatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Kartu Bizi Bagi Guru Bahasa Arab Di Jombang.” Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3 (1): 18–25.
Nasrulloh, Muhammad Farid, Afif Kholisun Nasoih, Wisnu Siwi Satiti, And Septiana Khansa Afifa. 2020. “Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Pelatihan Dan Permainan Bahasa Arab.” Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1 (1): 28–35.
Yunianto, Teguh, Maratul Qiftiyah, Tina Malinda, And Nita Septiani. 2023. “Penerapan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sd.” Al Mufid 4 (1): 57–64.
Yunita, Yenni, Siti Quratul Aini, Ary Antony Putra, Rukia Siregar, And Nur Annisa. 2023. “Pengenalan Mufrodat Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini Di Sekolah Taud Al-Fatih Pekanbaru.” Community Education Engagement Journal 4 (2): 17–26.
Zarkasyi, Ahmad Hidayatullah, Fitra Awalia Rahmawati, Muhammad Wahyudi, And Imroatul Istiqomah. 2021. “Pelatihan Menyusun Bahan Ajar Untuk Pengembangan Bahasa Arab Hikmah Di Ponpes Al Hikmah Karangmojo Gunung Kidul.” Journal Of Human And Education (Jahe) 1 (1): 18–23.
Zulpina, Zulpina, Erlina, Isra Hayati Darman, And Ria Rafita Supriani. 2022. “Pelatihan Menghafal Mufradat Bahasa Arab Melalui Lagu Anak-Anak Di Ra Bi’tsatul Islamiyah: Training To Memorize Of Arabic Vocabuary With Children’s Song At Bi’tsatul Islamiyah Kindergarten.” Ngarsa: Journal Of Dedication Based On Local Wisdom 2 (1): 113–18.