The Praktik Sifat Sholat Nabi Di SDIT Muhammadiyah Gunung Terang Bandar Lampung

  • Muhammad Wisnu Khumaidi STIT Darul Fattah
  • Muhammad Zaky Sya'bani STIT Darul Fattah Bandar Lampung
  • Abdurrahman Kholis STIT Darul Fattah Bandar Lampung
Keywords: Pengabdian Masyarakat, Praktik, Sifat Sholat Nabi, SDIT Muhammadiyah

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini difokuskan pada Praktik Sifat Sholat Nabi DI SDIT Muhammadiyah Gunung Terang Bandar Lampung. Penentuan pelatihan ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman (bacaan dan gerakan) para siswa terhadap praktik sholat sesuai tuntunan hadits nabi. Selain itu, jam pelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat kurang yaitu 2 JP tiap pekannya, sehingga para siswa sangat sulit untuk mempraktikkan tata cara sholat yang benar sesuai tuntunan. Tujuan yang ingin dicapai pada PkM ini diantaranya: 1) membantu guru untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui kegiatan pelatihan praktik sifat sholat nabi, 2) memberikan contoh bacaan dan gerakan tata cara sholat yang benar, 3) memberikan kesempatan dan pengalaman kepada dosen dan mahasiswa untuk terjun ke masyarakat, 4) siswa mampu mempraktikan tata cara sholat yang benar sesuai tuntunan, 5) dan juga sebagai syiar untuk memperkenalkan STIT Darul Fattah kepada masyarakat secara umum. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan PKM ini adalah melalui demonstrasi, tanya jawab dan pembiasaan. Materi-materi terkait pelatihan disampaikan melalui ceramah dan diskusi. Kemudian selanjutnya pelatihan dilaksanakan dengan praktik secara langsung. Kegiatan PkM ini secara keseluruan mendapakan hasil yang baik dan terlihat hasilnya langsung di lapangan. Beberapa komponen yang berhasil dicapai dalam pelaksanaan kegiatan ini diantaranya: 1) ketercapaian tujuan kegiatan, 2) tercapainya target materi yang telah direncanakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansari, B. F., & Dimyati, D. (2021). Identifikasi Nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 420–429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.926
Atabik, A. (2018). PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN POTENSI ANAK USIA DINI. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1), 149. https://doi.org/10.21043/thufula.v2i1.4270
Bakri, M. A. (2017). METODE LANGSUNG (DIRECT METHOD) DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB. Al-Maraji’ : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.26618/almaraji.v1i1.2385
Hamid, A. (2020). Penerapan Metode Keteladanan sebagai Strategi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.36835/al-fikrah.v3i2.70
Hasanah, N. M. (2019). Penyelenggaraan Jalur Pendidikan Formal dan Nonformal: Studi Kasus di PAUD Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.462
Khaira, W., Afnibar, A., & Zakirman, Z. (2023). Pembinaan Ibadah Salat Anak Asuh di Panti Asuhan Aisyiyah Cabang Koto Tangah Timur. Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.31869/jkpu.v6i1.4236
Laili, F. Z. (n.d.). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE PRAKTIK LANGSUNG PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA BAGI MURID KELAS V DI MI MIFTAHUL HUDA KREBET JAMBON PONOROGO TAHUN AJARAN 2020/2021 SKRIPSI.
Mahadhir, M. S. (2019). PENDIDIKAN ISLAM MENURUT AL-GHAZALI. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.48094/raudhah.v4i1.43
Mahendra, Y. (2019). PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR.
Suin, S., & Istanti, W. (2019). KEEFEKTIFAN METODE PRAKTIK LANGSUNG DAN METODE AUDIOLINGUAL DALAM PEMBELAJARAN BIPA ASPEK BERBICARA BAGI PEMELAJAR BIPA 4 UNNES. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/jpbsi.v8i2.33637
Suparman, D. (2015). PEMBELAJARAN IBADAH SHALAT DALAM PERPEKTIF PSIKIS DAN MEDIS. 2.
Wardah, A. (2018). PEMAHAMAN DIRI SISWA SMP TENTANG MASA PUBERTAS (BALIGH) SEBAGAI FONDASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING. JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.31602/jbkr.v4i2.1661
Published
2024-03-25

Most read articles by the same author(s)