Sosialisasi Konsep Sadar Wisata di PKBM Cipta Cendikia dari Sisi Ekonomi, Pemasaran, dan Keuangan

  • Iman Lubis Universitas Pamulang
  • Prama Indra Ishwara Universitas Pamulang
  • Joko Prasetiyo Universitas Pamulang
Keywords: PKBM Cipta Cendikia, Sisi Keuangan, Sisi Pemasaran, Sisi Ekonomi

Abstract

Tujuan PKM ini adalah menjelaskan konsep ekowisata dan manfaatnya serta pandangan lain dari sisi ekonomi, pemasaran serta keuangan. PKM ini dilakukan di PKBM Cipta Cendikia Jl.KH.Hasyim Ashari Kel.Cipondoh Kec.Cipondoh Kota Tangerang Prov.Banten 15148, Cipondoh, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang Prov. Banten. Metode yang digunakan adalah ceramah. Implementasi PKM dilakukan pada tanggal 26-28 April 2024. Narasumber yaitu Joko Prasetiyo, Prama Indra Ishwara dari prodi Manajemen S1. Joko Prasetiyo,S.Pd., M.Pd menjelaskan sadar wisata kota Tangerang dari sisi pemasaran yaitu city branding kota Tangerang, wisata pusaka, dan wisata DAS Cisadane. Prama Indra Ishwara, S.E., M.M., menjelaskan sadar wisata kota Tangerang dari sisi ekonomi dimana kota Tangerang lebih menjadi kota industri pengolahan. Iman Lubis, S.E., M.S.M. menjelaskan sadar wisata dari sisi pengelolaan keuangan seperti pendanaan dari apbn, pengelolaan keuangan dan evaluasi keuangan. Warga PKBM Cipta Cendikia yang menjadi peserta adalah Paket B dan C. Biasanya PKBM diisi dengan anak putus sekolah tetapi untuk PKBM Cipta Cendikia diisi oleh santri-santri pesantren salafiah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kartini, R. A. (2021). Analisis SWOT terhadap storynomics tourism sebagai strategi promosi pariwisata (studi kasus kawasan wisata kali cisadane, kota tangerang, banten, indonesia). Dynamic Management Journal, 5(2), 58-69.
Lubis, I., Syamruddin, S., & Sopandi, A. (2022). PENGENALAN PERMASALAHAN SEKTOR UMKM DI PKBM BHAKTI ASIH MELALUI PEMASARAN DIGITAL DAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat (J-PMAS), 1(2), 45-53.
Lubis, I., Syamruddin, S., Sopandi, A., Sukapti, S., & Rahman, F. (2022). Pancasila dan Perdagangan di Era Globalisasi: PkM di PKBM Bhakti Asih, Ciledug, Kota Tangerang. Indonesian Journal of Society Engagement, 2(3), 196 –. https://doi.org/10.33753/ijse.v2i3.42
McKee, R., & Gerace, T. (2018). Storynomics: Story-driven marketing in the post-advertising world. Hachette UK.
Prasetyo, A. S., Fatimah, T., & Padawangi, R. (2017). Perkembangan kota lama Tangerang dan potensinya sebagai destinasi wisata pusaka. Vitruvian: Jurnal Arsitektur, Bangunan, dan Lingkungan, 7(1), 265321.
Purba, A. S., & Setiawan, I. (2022). Analisis Konsep Penta Helix dalam Pengembangan Potensi Wisata di Kampung Bekelir Tangerang. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 1(4), 919-930.
Sagiyanto, A., & Darmayanti, A. D. (2019). Strategi Rebranding Kampung Babakan Menjadi Kampung Berkelir Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Image Kota Tangerang. Akrab Juara: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 4(2), 159-173.
Published
2024-03-29