Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Manajemen Pengelolaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

  • zainul ngali UIN RADEN INTAN LAMPUNG
  • Zubaidi UIN Raden Intan Lampung
  • Timbul Santoso UIN Raden Intan Lampung
  • Subandi UIN Raden Intan Lampung
  • Erjati Abas UIN Raden Intan Lampung
Keywords: Manajemen, Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya penggunaan media pembelajaran dalam menunjang program pembelajaran dan tercapainya tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran dalam pendidikan agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa guru pendidikan agama Islam Sekolah Menengah Pertama Darul Fattah membuat rencana pembelajaran  sebelum melaksanakan kurikulum dan kegiatan belajar mengajar untuk memandu proses pembelajaran. Tahapan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran adalah melaksanakan kegiatan persiapan, melaksanakan kegiatan inti, dan melaksanakan kegiatan akhir. Guru pendidikan agama Islam sekolah menengah menilai hasil belajar berdasarkan pekerjaan rumah dan tugas  kelas, ujian semester, ujian tertulis dan lisan, tanya jawab, dan tentu saja mencerminkan sikap. Kesimpulan penelitian ini adalah sangat penting pemanfaatan media pembelajaran sebagai penunjang keberhasilan pendidikan. Pengendalian khusus terhadap penggunaan media pembelajaran mempengaruhi efisiensi dan efektivitas proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adri. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal: Of Physical Education and Sports, 4(1), 1–10.

Andayani. (2006). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Apiyani, A. (2022). Implementasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah Dalam Meningkatkan Keprofesian. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 499–504.

Arifudin, O. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Submit Jurnal Ilmiah Pada Open Journal System. Jurnal Bakti Tahsinia, 1(1), 50–58.

Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837.

Arifudin, O. (2021). Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Arifudin, O. (2020). Peranan Konseling Dosen Wali Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 10(2), 237–242.

Fauzi, A. (2014). Manajemen Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Hanafiah, H. (2022). Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1816–1823.

Hanafiah, H. (2021). Pelatihan Software Mendeley Dalam Peningkatan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(2), 213–220.

Irwansyah, R. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Mayasari, A. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175.

Mayasari, A. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179.

Melayu, H. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Muhaimin. (2004). Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosda Karya. Mulyasa. (2006). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia grup.

Na’im, Z. (2021). Manajemen Pendidikan Islam. Bandung : Widina Bhakti Persada.

Nurbaeti, N. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106.

Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.

Rahman, N. H. (2021). Pengaruh Media Flashcard Dalam Meningkatkan Daya Ingat Siswa Pada Materi Mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106. Sanjaya. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sinurat, J. (2022). Pengembangan Moral & Keagamaan Anak Usia Dini. Bandung: CV Widina Media Utama.

Sudono, A. (2006). Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: Grasindo.

Sulistyorini. (2014). Esensi Manajemen Islam. Yogyakarta: Teras.

Supriani, Y. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Plamboyan Edu, 1(1), 95–105.

Tanjung, R. (2023). Pendampingan Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam

Menulis Jurnal Ilmiah. Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), 42–52.

Ulfah, U. (2022). Kepemimpinan Pendidikan di Era Disrupsi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 153–161.

Ulfah, U. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146.

Ulfah, U. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100.

VF Musyadad. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941.

Qomar. (2005). Manajemen Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.

Published
2023-12-29
Section
Articles