Pencegahan Radikalisme Dengan Penerapan Moderasi Beragama Di Ponpes Al Muhsin

Pencegahan Radikalisme Dengan Penerapan Moderasi Beragama Di Ponpes Al Muhsin

  • Muhammad Wisnu Khumaidi stit darul fatah bandar lampung
  • Fathurrahman
Keywords: Radikalisme; Moderasi Beragama; Pesantren

Abstract

Radikalisme merupakan salah satu persoalan yang terjadi di Indonesia. Berbagai peristiwa radikal terjadi, seperti adanya tempat beribadah yang dibakar, beberapa pemuka agama menjadi sasaran orang yang tidak bertanggung jawab, sampai bom bunuh diri atas nama agama, dan beberapa tindakan radikal yang mengatasnamakan agama. Hal ini menjadi salah satu penyebab terjadinya penyerangan antar kelompok yang menimbulkan kebencian dan kekerasan, menjadi penyebab penguat radiklaisme di Negara ini. Salah satu hal yang dapat dijadikan sebagai pencegah radikalisme adalah dengan pemahaman dan penerapan tentang moderasi beragama. Pemahaman tentang moderasi beragama dapat membantu seseorang dalam mencegah sifat-sfat radikal. Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah radikalisme dengan meningkatkan pemahanan dan penerapan sikap moderasi beragama di pondok pesantren Al Muhsin Metro Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode kualitatif deskriftif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan tentang sikap moderasi beragama sangat membantu untuk mencegah radikalisme di pondok pesantren Al Muhsin Metro, sehingga seluruh santri dapat memiliki sikap yang tentram dan damai saat berada didalam pesantren maupun diluar pesantren.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

REFERENSI

APRILIA, D. (2022, May 18). PERAN ORGANISASI MASYARAKAT SIPIL DALAM UPAYA KONTRA RADIKALISME AGAMA DI PROVINSI LAMPUNG MELALUI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi Pada Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Provinsi Lampung) [Skripsi]. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK. http://digilib.unila.ac.id/64109/

Hefni, W. (2020). Moderasi Beragama dalam Ruang Digital: Studi Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Jurnal Bimas Islam, 13(1), Article 1. https://doi.org/10.37302/jbi.v13i1.182

Kementrian Agama RI, 2019. Tanya Jawab Moderasi Beragam. Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI

Nursapiah, (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif.

Penulis, T. (n.d.). LITERASI PAHAM RADIKALISME DI INDONESIA.

Pranata, H., & Sesmiarni, Z. (2022). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS MODERASI BERAGAMA DI PONDOK PESANTREN ISLAM AL MUKMIN. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.55403/hikmah.v11i2.372

Rahim, F. (2022). Pengembangan Kurikululm Pesantren dalam Menangkal Radikalisme di Bali: Studi Multi Situs Pondok Pesantren Manba’ul Ulum, Jembrana, Pondok Pesantren Syamsul Huda, Buleleng dan Pondok Pesantren Raudlotul Huffadz, Tabanan [Doctoral, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember]. http://digilib.uinkhas.ac.id/18275/

Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), Article 2. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113

Syafe’i, I. (2017). PONDOK PESANTREN: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2097

Tolib, A. (2015). PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN MODERN. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v2i1.12

Umar, P. D. H. N. (2014). Rethinking Pesantren. Elex Media Komputindo.

Waroh, M. (2022). Moderasi Beragama Pada Masa Pandemi Covid 19. An Naba, 5(1), 63–74. https://doi.org/10.51614/annaba.v5i1.117

Published
2023-12-24
Section
Articles