Pengembangan Bahan Ajar Buku Teks Bahasa Arab Berbasis Audio Visual Untuk Siswa Kelas X SMK

المؤلفون

  • Ferdana Sidiq Pasca UIN Raden Intan Lampung
  • Sulthan Syahril
  • Rumadani Sagala
  • Erlina
  • Koderi Pasca UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.51614/annaba.v5i2.126

الكلمات المفتاحية:

Pengembangan Bahan Ajar، Buku Teks، Audio Visual

الملخص

Buku teks merupakan bahan ajar yang menjadi unsur utama dalam berlangsungnya suatu pebelajaran. Penelitian dan pengembangan ini didasari akan adanaya kesenjangan penyampaian materi dalam pembelajaran bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah mengembangakan bahan ajar buku teks berbasis audio visual untuk siswa kelas X SMK yang dikemas secara menarik, praktis dan efektif. Model pengembangan pada penelitian ini mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Subjek uji coba produk penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Kalirejo. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa validator ahli desain dan media memberikan presentase terhadap desain bahan ajar buku teks pada aspek tampilan dengan skor 98,43% (sangat layak); aspek Penggunaan diperoleh skor 97,91% (sangat layak); dan aspek Pemanfaatan diperoleh skor 91,66 % (sangat layak), sedangakn dari validator ahli materi dan bahasa untuk aspek Pendahuluan diperoleh skor 100% (sangat layak); aspek Isi diperoleh skor 97,5% (sangat layak); aspek Pembelajaran diperoleh skor 95,83% (sangat layak);  dan aspek Tugas/Latihan diperoleh skor 92,5 (sangat layak); serta hasil posttest peserta didik diperoleh rerata skor keseluruhan dari ketiga aspek sebesar 94,17% (sangat layak).

Kata kunci : Pengembangan Bahan Ajar, Buku Teks, Audio Visual

المراجع

Abdullah al-Ghali, A. H. A. (2012). Menyusun Buku Ajar Bahasa Arab. Akademia Permata.

Acep Hermawan. (2014). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. PT Remaja Rosdakarya.

Fujiyanto, A., Jayadinata, A. K., & Kurnia, D. (2016). The use of audio visual media to improve student learning outcomes in material relationships between living creatures. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 841–850.

Gunarti, T. T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Maharah Istima’ Pada Siswa-Siswi Madrasah Ibtidaiyah. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 127. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/awaliyah/article/view/598

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.

Hendra Eka Wahyono. (2016). Pembelajaran Tematik.

Hernawan, A. H., Permasih, & Dewi, L. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Direktorat UPI Bandung,1489–1497. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._KURIKULUM_DAN_TEK._PENDIDIKAN/194601291981012-PERMASIH/PENGEMBANGAN_BAHAN_AJAR.pdf

Putra, D. D., Okilanda, A., Arisman, A., Lanos, M. E. C., Putri, S. A. R., Fajar, M., Lestari, H., & Wanto, S. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Pengembangan Model Borg & Gall. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(1), 46. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.5340

Setiono. (2016). Optimalisasi Penguasaan Konsep , Kemampuan Berinkuiri Dan Sikap Ilmiah Mahasiswa Melalui Modul Berbasis Inkuiri. Fkip Sukab, 1, 10–15.

Shofiya, A., Qorin, A., & Malang, U. N. (2020). Pengembangan Buku Teks Bahasa Arab Siswa Kelas 4 Mathayom Di Islamic Santitham Foundation School Nakhon Si Thammarat. 74–88.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Syamsuddin Asyrofi, T. P. (2016). Penulisan Buku teks Bahasa Arab. Ombak.

Zulhanan. (2014). Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. RajaGrafindo Persada.

منشور

2022-11-09

كيفية الاقتباس

Pengembangan Bahan Ajar Buku Teks Bahasa Arab Berbasis Audio Visual Untuk Siswa Kelas X SMK. (2022). An Naba, 5(2), 1-12. https://doi.org/10.51614/annaba.v5i2.126