Inovasi Pembentukan Karakter Anak Berbasis Keagamaan pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) Al Mujahidin Kabupaten Pangandaran

Penulis

  • Yayat Hidayat STITNU Al Farabi Pangandaran
  • Ahmad Hapidin STITNU Al Farabi Pangandaran
  • Asep Saepurrohman STITNU Al Farabi Pangandaran

DOI:

https://doi.org/10.51614/annaba.v4i2.101

Kata Kunci:

Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Karakter, Masa Pandemi Covid-19

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Inovasi yang dibangun oleh pihak Sekolah dalam rangka pembentukan karakter siswa melalui  Pendidikan Agama Islam di DTA Al-Mujahidin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, diskusi kelompok (FGD) dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik wawancara dengan reponden, yaitu para siswa yang berjumlah 97 orang, tenaga pengajar yang berjumlah 7 orang, dan orang tua para siswa tersebut dari DTA Al- Mujahidin. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui pengamatan kegaiatan-kegiatan di DTA Al-Mujahidin dan wawancara dengan para siswa, tenaga pengajar dan orang tua dari para siswa.  Hasil Penelitian meunjukkan bahwa Inovasi Pendidikan Karakter Anak Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Pangandaran meliputi Nilai karakter seperti rasa hormat, tanggung jawab, berbagi, ketekunan, persahabatan, kerjasama, disiplin diri, dan kejujuran harus disesuaikan secara empiris bagi dunia siswa, situasi tersebut benar-benar dihadapi secara lugas, bukan masalah yang dihadapi guru taupun orang tua. Pembelajaran akan lebih bermakna bagi siswa jika materi sudah masuk sesuai dengan tahap perkembangan penalaran serta pemberian contoh konkrit di lingkungannya.

Referensi

Anam, Much Arif Saiful. 2014. “Pendidikan Karakter: Upaya Membentuk Generasi Berkesadaran Moral.” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 2 (2): 388–426. https://doi.org/10.15642/jpai.2014.2.2.388-426.

Bisri, Hasan. 2016. “Kolaborasi orang tua dan guru dalam membentuk karakter disiplin dan jujur pada anak didik: Studi kasus pada siswa kelas 3 MIN Malang 2.” Masters, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. http://etheses.uin-malang.ac.id/6086/.

Bohlin, Karen. 1999. “Teaching Character Education through Literature: Awakening the Moral Imagination in Secondary Classrooms.” Routledge & CRC Press. 1999. https://www.routledge.com/Teaching-Character-Education-through-Literature-Awakening-the-Moral-Imagination/Bohlin/p/book/9780415322027.

dihn.go.id, dihn.go.id. 2015. Peraturan Daerah Kabupaten Pangandaran Nomor 7 Tahun 2015 Tentang Pendidikan Diniyah Dan Pesantren.

Firdaus, Moh Ihsan. 2019. “Analisis Nilai Ketekunan Belajar Yang Terkandung Dalam Al Qur’an Surat Al Muzzammil Ayat 1 - 8 (Kajian Tafsir Al Azhar).” Other, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang. https://doi.org/10/4/15.0401.0025

https://hellosehat.com, https://hellosehat.com. 2019. “6 Cara Mengajarkan Anak untuk Berbagi dengan Orang Lain.” Hello Sehat. 12 April 2019. https://hellosehat.com/parenting/anak-6-sampai-9-tahun/perkembangan-anak/mengajarkan-anak-untuk-berbagi/.

https://rumahinspirasi.com, https://rumahinspirasi.com. 2015. “Membangun Budaya Ketekunan Dan Kerja Keras Pada Anak.” Rumah Inspirasi (blog). 28 Juni 2015. https://rumahinspirasi.com/membangun-budaya-ketekunan-dan-kerja-keras-pada-anak/.

https://www.cussonskids.co.id, https://www.cussonskids.co.id. 2021. “Mengajarkan Kerjasama Pada Anak Usia Dini: Indikator Dan Manfaat.” Cussons Kids Indonesia. 3 Mei 2021. https://www.cussonskids.co.id/kerjasama-pada-anak-usia-dini/.

Hulawa, Djeprin E. 2018. “Al-Zarnuji’s Character Concept in Strengthening Character Education in Indonesia.” Jurnal Pendidikan Islam 4 (2): 25–40. https://doi.org/10.15575/jpi.v4i2.2395.

Jailani, Mohammad, Suyadi, dan Dedi Djubaedi. 2021. “Menelusuri Jejak Otak Dan ‘Aql Dalam Alquran Perspektif Neurosains Dan Pendidikan Islam Di Era Pandemi Covid-19.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 16 (1): 1–19. https://doi.org/10.19105/tjpi.v16i1.4347.

Kistoro, Hanif Cahyo Adi. 2021. “The Relationship Between Online Game Addiction And The Education Background Of Parents With The Interest Of Learning Islamic Religious Education In Students At Smk Muhammadiyah 2 Sleman.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 16 (1): 204–18. https://doi.org/10.19105/tjpi.v16i1.4520.

Marzuki, Marzuki. 2012. “‪Pengintegrasian Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Sekolah‬.” 2012. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=Z9xsod4AAAAJ&cstart=20&pagesize=80&citation_for_view=Z9xsod4AAAAJ:43B52WW2E64C.‬

Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, Dadi, Sapriya Sapriya, dan Rahmat Rahmat. 2019. “‪Kajian tentang Penumbuhan Karakter Jujur Peserta Didik sebagai Upaya Pengembangan Dimensi Budaya Kewarganegaraan (Civic Culture) di SMA Alfa Centauri Bandung‬.” 2019. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=cyX1BbMAAAAJ&citation_for_view=cyX1BbMAAAAJ:N5tVd3kTz84C.‬

Nada, Nada, dan Azka Azka. 2021. Ikut Tamasya Bersama PAUD KOBER Al Mujahidin Pangandaran ke Ampera WaterparkTasikmalaya. https://www.youtube.com/watch?v=n2tidiElbMs.

Nasih, Ahmad Munjin, Achmad Sultoni, Titis Thoriquttyas, Achmad Yani, Supian Ramli, dan Mardan Umar. 2020. “Applying Participatory Observation in Islamic Education to Improve Students’ Character.” Jurnal Pendidikan Islam 6 (2): 145–52. https://doi.org/10.15575/jpi.v6i2.9756.

Nizigiyimana, Nizigiyimana. 1999. What are values in education? Au Coeur de l’Afrique, 54 (1), 45-64. Nkeshimana, G. H. (2007) Relevant education for Burundi.

Permatasari, Novi. 2021. Wawancara dengan Ibu Devi Permatasari (Guru di DTA Al-Mujahidin Pangandaran), pada Kamis, 30 Oktober 2021.

Purwanti, Endah, dan Dodi Ahmad Haerudin. 2020. “Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan dan Keteladanan.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 8 (2): 260–75. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.8429.

Raharjo, Sabar Budi. 2010. “Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 16 (3): 229–38. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i3.456.

Sari, Nurlaela. 2013. “The Importance Of Teaching Moral Values To The Students.” Journal of English and Education 1 (1): 154–62.

Suhra, Sarifa, Dedi Djubaedi, dan Awg Asbol Bin Haji Mail. 2020. “The Contribution of Bugis’ Traditional Games in Strengthening Students’ Character Education at Madrasa.” Jurnal Pendidikan Islam 6 (2): 233–44. https://doi.org/10.15575/jpi.v6i2.9753.

Supriatna, Ecep, dan Muhammad Rezza Septian. 2021. “The Influence of Religiosity and Spirituality Towards Students’ Psychological Well-Being During Covid-19 Pandemic.” Jurnal Pendidikan Islam 7 (1): 51–64. https://doi.org/10.15575/jpi.v7i1.10850.

Suryanti, Eny Wahyu, dan Febi Dwi Widayanti. 2018. “Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Religius.” Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH) 1 (1): 254–62.

Swartz, Sharlene, dan Monica Taylor. 2013. Moral Education in Sub-Saharan Africa: Culture, Economics, Conflict and AIDS. Routledge.

Syafitri, Rodhiyah. 2017. “Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Melalui Strategi Giving Questions And Getting Answers Pada Siswa.” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 1 (2). https://doi.org/10.23887/jppp.v1i2.12623.

Syarnubi, Syarnubi, Firman Mansir, Mulyadi Eko Purnomo, Kasinyo Harto, dan Akmal Hawi. 2021. “Implementing Character Education in Madrasah.” Jurnal Pendidikan Islam 7 (1): 77–94. https://doi.org/10.15575/jpi.v7i1.8449.

Takhroji, Aji. 2020. “Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi, Menjadi Tanggung Jawab Siapa?” Https://Bdkjakarta.Kemenag.Go.Id/. 2020. http://https://bdkjakarta.kemenag.go.id//berita/pendidikan-karakter-di-masa-pandemi-menjadi-tanggung-jawab-siapa.

TED. 2013. Grit: the power of passion and perseverance | Angela Lee Duckworth. https://www.youtube.com/watch?v=H14bBuluwB8.

Wuryandani, Wuri, Bunyamin Maftuh, Sapriya, dan Dasim Budimansyah. 2014. “Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar.” Cakrawala Pendidikan 33 (2). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168.

Zakaria, Mohamad Roland. 2016. Buku seri pendidikan orang tua: Menumbuhkan karakter bersahabat pada anak. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Zulaikhah, Siti. 2019. “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam Di SMPN 3 Bandar Lampung.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 10 (1): 83–93. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3558.

Diterbitkan

2021-11-26

Cara Mengutip

Inovasi Pembentukan Karakter Anak Berbasis Keagamaan pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) Al Mujahidin Kabupaten Pangandaran. (2021). An Naba, 4(2), 125-147. https://doi.org/10.51614/annaba.v4i2.101