Upaya Meningkatkan Pemahaman Dhamir Menggunakan Metode Qowaid wa Tarjamah SMP Qur’an Darul Fattah Bandar Lampung

Penulis

  • Muhammad Irham STIT Darul Fattah Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.51614/annaba.v5i1.148

Kata Kunci:

PTK, Dhamir, Qowaid wa Tarjamah, Pemahaman.

Abstrak

Penelitian ini dasari oleh lemahnya siswa dalam memahami meteri bahasa Arab diantaranya menerjemahkan teks-teks bahasa Arab dan memahami kaidah bahasa Arab. Oleh karena itu peneliti melakukan alternatif penyelesaian dengan penerpan metode Qowaid wa Tarjamah yaitu sebuah metode yang menekankan pada analisis gramatikal dan menerjemahkan teks-tesk bahasa Arab. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode Qowaid wa Tarjamah dapat meningkatkan pemahaman bahasa Arab dan bagaimanakah peningkatan pemahaman bahasa Arab tentang kata ganti (dhamir) menggunakan metode Qowaid wa Tarjamah. Adapun tujuannya yaitu untuk meningkatkan pemahaman belajar bahasa Arab siswa dan menerapkan metode Qowaid wa Tarjamah dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dikelas VII Hafshah SMP Qur’an Darul Fattah Bandar Lampung tahun pelajaran 2019/2020. Dengan jumlah 25 siswi perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 4 pertemuan pada tiap siklusnya. Dalam penelitian ini diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 56,84 siklus 1 sebesar 74,64 dan siklus 2 sebesar 85,16. Berdasarkam hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode Qowaid wa tarjamah dapat meningkatakan pemahaman  bahasa Arab siswa tentang materi dhamir muttashil siswa kelas VII Hafshah SMP Qur’an Darul Fattah Bandar Lampung. Yang dilakukan peneliti dalam mengunakan metode ini adalah dengan menyampaikan konsep dhamir, memberikan contoh, menghafalkan definisi dan menerjemahkan teks-teks bahasa Arab.

Kata kunci: PTK, Dhamir, Qowaid wa Tarjamah, Pemahaman.

Referensi

Abdurachman. 2017. Bahasa Arab dan Metode Pembelajarannya. Lampung : Aura.

Addas, Muhammad Abdurahim. 1990. Pengajaran Bahasa Arab Media dan Metode. Yogyakarta: Teras.

Ahmad Fuad Efendi. 2003. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Musyakat.

Anas Sudjono. 2011. Pengantar Evalusai pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Ahmad Warson Munawwir. 1997. Al-munawwir Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Penerbit Pustaka. Peogresif.

Atabik Ali dan Ahmad Zuhdi Muhdlor . 1998. Kamus Kontemporer Arab- Indonesia. Yogyakarta: Multi Karya Grafika.

Arra’ni, Syekh Syamsuddin Muhammad. 2013. Ilmu Nahwu Terjemahan Mutammimah Ajurumiyah. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Arikunto, suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.Alma’arif.

Daryanto. 2018. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Mydyredzone.

Fitri Yanti, 2019. Upaya Meningkatkan Pemahaman Kaidah Bahasa Arab Dengan MEnggunakan Metode Qowaid Wa Al-tarjamah Pada Siwa kelas IV Al-Khawarizmi Sekolah Dasar Islam Azzahra Bandar Lmapung Tahun Pelajaran 2018∕2019.

Hermawan, Acep. 2014. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zulhannan. 2014. Teknik Pembelajaran Interaktif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Diterbitkan

2022-08-11

Cara Mengutip

Upaya Meningkatkan Pemahaman Dhamir Menggunakan Metode Qowaid wa Tarjamah SMP Qur’an Darul Fattah Bandar Lampung. (2022). An Naba, 5(1), 94-104. https://doi.org/10.51614/annaba.v5i1.148