Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas VIII SMP Qu’ran Darul Fattah Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2020/2021

Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring)

Penulis

  • Langgeng Sutopo

DOI:

https://doi.org/10.51614/annaba.v4i1.83

Kata Kunci:

Pembelajaran daring, efektifitas, respon, kesulitan.

Abstrak

Penelitian ini dilakukan adanya pandemi covid-19 yang menjadikan dunia pendidikan khususnya Indonesia berinovasi melakukan pembelajaran PAI yang dilaksanakan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran daring terhadap mata pelajaran PAI yang mencakup respon siswa, orang tua dan guru serta kesulitan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran PAI. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Qur’an Darul Fattah Bandar Lampung dengan jumlah 36 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, teknik pengambilan data yang dilakukan menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil dari wawancara dan pembagian angket adalah 75% orang tua setuju bahwa pembelajaran daring tidak efektif diterapkan dalam pembelajaran dan 50% orang tua tidak puas dengan pembelajaran melalui daring. Serta 69% siswa menganggap pembelajaran secara tatap muka lebih efektif dari pembelajaran daring dan berkisar sekitar 50% ke atas yang tidak menyukai perubahan pada pelaksanaan pembelajaran, sedangkan guru berpendapat bahwa pembelajaran daring kurang efektif diterapkan pada pembelajaran PAI karena siswa sulit memahami pelajaran. Kesulitan terbesar yang banyak dialami oleh ketiga jenis responden adalah jaringan internet yang kurang memadai.

Referensi

Albert Efendi. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: CV. Sarnu Untung.

Asna Andriani. 2015. Urgensi Pembelajaran PAI Dalam Pendidikan Islam. Ta’allum. 3 (1). Diakses di http://ejournal.iaintulungagung.ac.id/index.php/taalum/article/viewFile/335/269 [tanggal 7 Agustus 2020]

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020

Napsawati. 2020. Analisis Situasi Pembelajaran Ipa Fisika dengan Metode Daring di Tengah Wabah Covid-19. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya. 1 (3). Di akses di http://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/546 [tanggal 20 Agustus 2020]

Rini Mastuti,dkk.. 2020. Teaching From Home:dari Belajar Merdeka Menuju Merdeka Belajar: Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi

Aksara.

Sutrisno Djaja. 2017. Harapan dan Tantangan Guru Pembelajar Moda Daring. Jurnal Pendidikan Ekonomi: jurnal ilmu ilmiah pendidikan, ilmu ekonomi dan ilmu sosial. 10 (2). Di akses di https://www.google.com/search?q=harapan+dan+tantangan+guru+pembelajar+moda+daring&oq=harapan+dan+tantangan+guru+pembelajar+moda+daring&aqs=chrome..69i57j0l5.20332j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8 [tanggal 17 Agustus 2020]

Ulin Nuha. 2016. Ragam Metodologi & Media Pembelajaran PAI.

Yogyakarta: Diva Press.

Diterbitkan

2021-06-02

Cara Mengutip

Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas VIII SMP Qu’ran Darul Fattah Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2020/2021: Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) . (2021). An Naba, 4(1), 58-68. https://doi.org/10.51614/annaba.v4i1.83