Analisis Isim Shighah Mubalaghah Dalam Al-Qur'an Surah Al-Hasyr Dan Metode Pembelajarannya
Abstract
Dalam ilmu sharaf ada bermacam-macam bentuk dalam pembelajarannya, salah satunya adalah membahas tentang isim musytaq. Adapun isim musytaq dibagi menjadi sembilan isim yaitu: isim masdar, isim fail, isim shifah musyabahah, isim shighah mubalaghah, isim tafdhil isim maf’ul, isim zaman, isim makan, dan isim alat. Kebanyakan dari kita tidak mengetahui bentuk-bentuk isim shighah mubalaghah. Kepentingan dari penelitian ini adalah sebagai alat untuk menambah pengetahuan bagi peneliti khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya tentang isim shighah mubalaghah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui isim shighah mubalaghah apa saja yang terdapat pada Surah Al-Hasyr. Bentuk penelitian ini berupa kajian kepustakaan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dan penelitian ini menganalisis ilmu sharaf tentang isim musytaq, yaitu isim shighah mubalaghah. Cara yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data yaitu dengan mengidentifikasi isim shighah mubalaghah di dalam Al-Qur’an Surah Al-Hasyr Ayat 1-24. Kemudian menganalisisnya dengan teknik analisis lafazhnya. Terdapat 29 (dua puluh sembilan) isim shighah mubalaghah dalam Al-Qur’an Surah Al-Hasyr.
Downloads
References
Al-Qur'an Al-Karim.
Al-Qur'an, Tim Terjemahan. 2021. Jakarta: Penerbit Cordoba.
Al-Qur’an, Tim Pentashih. 2009. Terjemah Tafsir Perkata Kode Tajwid Arab. Jakarta:
Pustaka Alfatih.
Al-Ghalayaini, Musthafa. 1912. Kitab Jami' Ad-Durus Al-‘Arabiyyah Jilid 3. Penerbit: al-
Maktabah al-Ashriyah; Kota penerbit: Beirut.
Bin Ali, Muhammad Manshur. Al-amstilah at-tashrifiyyah, Semarang, Sumber
Keluarga.
Agustian, Ary Ginanjar. Emotional Spiritual Quotient. The ESQ Way 165. Arga
Publshing 2001.
Alma. 2010. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: CV
Alfabeta.
Arifin, Syamsul. https://arabunaa.blogspot.com/ Pengertian Shigat Mubalaghah
(صيغة المبالغة) beserta Wazan-wazannya. 10/21/2019.
Arikunto. 2003. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, edisi revisi. Yogyakarta: Bumi
Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT
Rineka Cipta.
Drs. Zulhannan, M.A., 2015. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hasan. 2002. Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hermawan, Acep. 2018. Metodologi pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Penyusun, Tim. 2020. Panduan Penulisan Karya Ilmiah (Skripsi). Bandar Lampung:
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Darul Fattah.
Razin, Abu dan Razin, Ummu. Ilmu Sharaf nntuk Pemula. Jakarta: Maktabah BISA,
Cetakan III April 2017.
Safinda, Ponpes. Buku Panduan PPTQ Juz 4. Surabaya: LP PPTQ Ponpes Safinda. 2
Rajab 1433 H/ 23 Mei 2012.
Singgih. Muhammad. (2020). Penerapan Metode Al-Qira’ah untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca pada Pelajaran Bahasa Arab di SMP. An-Naba’, 3(1), 20-38.
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. PT. Sinar Baru Algensindo.
Sudrajat, Asep. 2008) Analisis Buku-buku Ilmu Sharaf dan Manfaatnya bagi Pengajar
Ilmu Sharaf di UPI. S1 Thesis, Unuversitas Pendidikan Indonesia.
Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. bandung: Alfabeta.