Analisis Isim Dhamir (Kata Ganti) Dalam Surat Al-Mulk dan Metode Pembelajarannya

  • Sinta Nurlita STIT Darul Fatah Bandar Lampung
  • Heriansah STIT Darul Fatah Bandar Lampung
  • Langgeng Sutopo STIT Darul Fatah Bandar Lampung
Keywords: Isim Dhamir, Surat Al-Mulk

Abstract

Di dalam penelitian ini, peneliti mengkaji terkait analisis isim dhamir (kata ganti) dalam surat Al-Mulk dan penjelasan tentang metode pembelajaran isim dhamir. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kedudukan isim dhamir dalam surat Al-Mulk dan metode pembelajarannya yang efektif. Penelitian ini dilakukan melalui study kepustakaan (library research) terhadap sumber-sumber primer dan sekunder yang berkaitan dengan masalah isim dhamir dan metode pembelajarannya. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan analisis deskriptif untuk menganalisis datanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa isim dhamir (kata ganti) yang terdapat dalam surat Al-Mulk ini terdiri dari 6 dhamir munfasil, 67 dhamir muttasil, dan 21 dhamir mustatir, sehingga jumlahnya terdapat 94 dhamir. Dan kedudukan isim dhamir dalam surat Al-Mulk ini terdiri dari fail, mubtada, isim kaana, maf’ul bih, isim inna, dan mudhaf ilaih. Sedangkan metode pembelajaran efektif yang dapat digunakan dalam pembelajaran isim dhamir (kata ganti) adalah metode Qawaid Wa Tarjamah serta berbagai teknik pembelajaran Qawaid seperti : Tahlil al-Akhta, Musykillat al-Thullab, dan Muqarat al-Nash.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Mustafa, Ghulayaini. 2018. Jami’ud Durusil Arabiyyah, Semarang: CV Asy-Syifa’.

Al-Darwish, Mohieddin. 2020 I’robul Qur’anul Karim Wa Bayanuh. Mesir:Damaskus-Baramkeh.

Anonim.2019. Kumpulan Surah-surah Istimewa dalam Al-Qur’an. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Aravta. 2019. Makna yang terkandung dalam surat Al-Mulk. https://www.dictio.id/t/apa-makna-yang-terkandung-di-dalam-surat-Al-Mulk/20677, diakses pada 12 maret 2022.

Has, Q. A. B., & Sya’bani, M. Z. (2021). Integrasi Sastra Arab Dan Islam Serta Pengaruhnya Terhadap Sastrawan Muslim Modern. Al-Fathin: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab, 3(02), 140-156.

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Huda, Nurul. 2012. Mudah Belajar Bahasa Arab, Jakarta: Amzah.

Izzan, Ahmad. 2015. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.

Kumala Sari, Rita. 2021. Penelitian Kepustakaan Dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora. 2 (4). 60-69.

Ma’arif, Syamsul. 2021. Nahwu Kilat Perpaduan Antara Teori Dan Praktik, Bandung: Nuansa Aulia.

Muhammad Araa’ini, Syamsuddin. 2019. Ilmu Nahwu (Terjemahan Mutammimah Ajurumiyyah). Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nikma, Fuad. 2020. Panduan lengkap belajar bahasa Arab ilmu nahwu. Jakarta Selatan: PT Rene Turos Indonesia.

Nikmah, Fuad. 2015. Mulakhas Qawaidul Lughah al Arabiyyah. Beirut: Darul Al Islamiyah h. 113.

Singgih, M. (2018). Penerapan Metode Qowaid Wa Tarjamah Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas X Semester Genap Sma Al-Kautsar Bandar Lampung. An Naba, 1(2), 1-9.

Sugiono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Syuja, abu. 2021. Pokok kandungan, keutamaan dan manfaat surat Al-Mulk. http://www.abusyuja.com/2021/03/surat-Al-Mulk-pokok-kandungan-keutamaan-manfaat.html, diakses pada 12 maret 2022.

Yunus, Mahmud. 2010. Kamus Arab Indonesia. Jakarta: Mahmud Yunus Wa Dzurriyah.

Zakaria, A. 2021. Ilmu Nahwu Praktis Sistem Belajar 40 Jam. Tarogong Kaler Garut: Ibn Azka Press.

Published
2023-05-31