Analisis Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas IV A SDIKT Robbi Rodhiya

المؤلفون

  • Muhammad Zaky Sya'bani STIT Darul Fattah Bandar Lampung
  • Nurkholis STIT Darul Fattah Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.51614/annaba.v5i2.159

الكلمات المفتاحية:

Analysis, Make A Match, Arabic Language

الملخص

Penelitian ini beranjak dari penerapan metode make a match dalam proses pembelajaran yang didasari oleh rendahnya hasil belajar bahasa Arab siswa. Hal tersebut disebabkan oleh minimnya keaktifan siswa dalam belajar bahasa Arab, penggunaan metode yang kurang efektif sehingga siswa masih kesulitan dan merasa jenuh dalam pelajaran bahasa Arab. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan model pembelajaran make a match dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa, subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A SDIKT Robbi Rodhiya Bandar Lampung yang berjumlah 30 siswa dan dilaksanakan dalam 3 siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar bahasa Arab siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus 1 memperoleh nilai rata-rata 67 dengan persentase kenaikan 26,67%, pada siklus 2 menjadi 71,5 dengan persentase kenaikan 70% dan siklus 3 meningkat kembali menjadi 75,30 dengan persentase kenaikan 80%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran make a match  dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas IV-A SDIKT Robbi Rodhiya.

المراجع

Badriah, Siti. 2008. Afaq ‘Arabiyyah. Jakarta: Express.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Komalasari. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kurniasih, I dan Berlin, 2015, Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesional Guru, Yogyakarta: Kata Pena

Lie, Anita. 2008. Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT Grasindo.

Moleong. Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riyanti, Nisrohah Neni dan M Husni Abdullah, 2018 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS, JPGSD, Volume 06 Nomor 04 Tahun 2018

Shoimin, Aris, 2014, 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Syaekhuddin. 2009. Ayo Memahami Bahasa Arab. Jakarta: Erlangga.

Tarigan, Henry Guntur. 1981. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Surabaya: Al-ikhlas

منشور

2022-11-21

كيفية الاقتباس

Analisis Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas IV A SDIKT Robbi Rodhiya. (2022). An Naba, 5(2), 103-113. https://doi.org/10.51614/annaba.v5i2.159

الأعمال الأكثر قراءة لنفس المؤلف/المؤلفين