Analisis Metode al-Qiraah al-Jahriyyah dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks Berbahasa Arab
al-Qiraah al-Jahriyyah
DOI:
https://doi.org/10.51614/annaba.v3i1.47Kata Kunci:
Analysis, Al-Qiraah al-Jahriyyah, Arabic LanguageAbstrak
Berbagai permasalah dalam pembelajaran bahasa Arab banyak didapati oleh siswa, dengan berbagai latar belakang pendidikan terkhusus pendidikan bernuansa islami. SMAIT Insantama merupakan salah satu contoh sekolah yang memiliki siswa dengan keberagaman latar belakang pendidikan sebelumnya. Banyak siswa yang belajar di sekolah tersebut akantetapi minim akan pengetahuan bahasa Arab, terlebih lagi para siswa kesulitan dalam membaca teks-teks berbahasa Arab. Para guru di SMAIT Insantama mencoba mengentaskan permasalahan tersebut dengan menerapkan metode al-Qiraah al-Jahriyah sebagai solusi atas permasalahan tersebut. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan di SMIT Insantama serta solusi yang diberikan sehingga dapat menentaskan permasalahan yang ada. Adapun metode yang digunakan adalah analisis deskriptif, sebuah penelitian dengan pendekatan investigasi guna mengunggkap permasalahan dengan tuntas. Hasil yang didapati adalah dengan penerapan metode al-Qiraah al-Jahriyah siswa lebih aktif dalam pembelajaran bahasa Arab dan lebih berani untuk mengucapkan kosakata yang dibaca. Dan setelah beberapa pertemuan dengan menerapkan metode al-Qiraah al-Jahriyah siswa yang sebelumnya tidak memiliki mental untuk membacakan teks berbahasa Arab di depan siswa lainnya kini lebih berani dan bahkan tingkat kesalahannya pun berkurang. Hal ini sebangding dengan hasil belajar siswa pada uji siklusnya dengan peningkatan 9,37% atau 75,25 pada siklus ke-1, 84,38 pada siklus ke-2 dan 92,29 pada siklus ke-3. Dengan demikian metode al-Qiraah al-Jahriyah sangat cocok untuk menentaskan permasalahan siswa dalam membaca teks berbahasa Arab.
Berbagai permasalah dalam pembelajaran bahasa Arab banyak didapati oleh siswa, dengan berbagai latar belakang pendidikan terkhusus pendidikan bernuansa islami. SMAIT Insantama merupakan salah satu contoh sekolah yang memiliki siswa dengan keberagaman latar belakang pendidikan sebelumnya. Banyak siswa yang belajar di sekolah tersebut akantetapi minim akan pengetahuan bahasa Arab, terlebih lagi para siswa kesulitan dalam membaca teks-teks berbahasa Arab. Para guru di SMAIT Insantama mencoba mengentaskan permasalahan tersebut dengan menerapkan metode al-Qiraah al-Jahriyah sebagai solusi atas permasalahan tersebut. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan di SMIT Insantama serta solusi yang diberikan sehingga dapat menentaskan permasalahan yang ada. Adapun metode yang digunakan adalah analisis deskriptif, sebuah penelitian dengan pendekatan investigasi guna mengunggkap permasalahan dengan tuntas. Hasil yang didapati adalah dengan penerapan metode al-Qiraah al-Jahriyah siswa lebih aktif dalam pembelajaran bahasa Arab dan lebih berani untuk mengucapkan kosakata yang dibaca. Dan setelah beberapa pertemuan dengan menerapkan metode al-Qiraah al-Jahriyah siswa yang sebelumnya tidak memiliki mental untuk membacakan teks berbahasa Arab di depan siswa lainnya kini lebih berani dan bahkan tingkat kesalahannya pun berkurang. Hal ini sebangding dengan hasil belajar siswa pada uji siklusnya dengan peningkatan 9,37% atau 75,25 pada siklus ke-1, 84,38 pada siklus ke-2 dan 92,29 pada siklus ke-3. Dengan demikian metode al-Qiraah al-Jahriyah sangat cocok untuk menentaskan permasalahan siswa dalam membaca teks berbahasa Arab.
Referensi
Abdurrochman. 2016. Metode, Teknik, Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. Lampung Timur : STIT Darul Fattah.
Ahmad, Arifin, 2017, Penerapan Permainan Bahasa (Katarsis) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV A SD Negeri 01 Metro Pusat. (Edu Humaniora, Jurnal Pendidikan Dasar )
Arikunto, Suharsimi.2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta : Bumi Aksara.
Asyrofi, Syamsuddin. 2016. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab.Yogyakarta :Ombak.
Asyrofi. 2014. Model, Strategi, Permainan Efektif dalam Pengajaran Bahasa Arab. Yogyakarta : Aura Pustaka.
Bogdan dan Taylor. 1996. dikutip tidak langsung oleh Lexy J. Moeloeng, Metodologi Penelitian Kualitatif, (PT. Remaja Rosda Karya Cet ke 27, Bandung)
Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab.Yogyakarta: Rosda
Musthofa, Syaiful. 2011. Stategi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang : UIN Maliki Press.
Rosyidi, Abdul Wahab dan Ni’mah, Ma’lumatul. 2005. Memahami Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang : UIN Maliki.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian kualitatif, kuantitatif dan R&D. (Penerbit Alfabeta. Bandung Indonesia)
Zulkifli. 2011. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab Konvensional dan Kontemporer. Pecan baru :Zanafa Publishing
Zulkifli. 2011. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab Konvensional dan Kontemporer. Pecan baru :Zanafa Publishing