Problematika Non-Linguistik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas V SDIT Muhammadiyah Gunung Terang

Problematika Non-Linguistik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas V SDIT Muhammadiyah Gunung Terang

  • Siva Lestari STIT Darul Fattah Bandar Lampung
  • Doni Sastrawan STIT Darul Fattah Bandar Lampung
  • Muhammad Singgih STIT Darul Fattah Bandar Lampung
Keywords: Non-Linguistic, Problems of Learning Arabic

Abstract

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan problematika non-linguistik dalam pembelajaran bahasa Arab, bahwasanya macam-macam keluhan tentang rendahnya mutu dan prestasi pembelajaran bahasa Arab acap kita dengar dan temukan  dari bermacam- macam riset dan tulisan. Usaha guna memperbaiki mutu pendidikan juga sudah dicoba dengan bermacam upaya. Namun, hasilnya senantiasa saja masih jauh dari mencukupi. Bahasa Arab adalah mata pelajaran yang wajib dipelajari di lembaga pendidikan islam dari mulai jenjang Madrasah Ibtidaiyah/Sekolah Dasat Islam Terpadu sampai Perguruan Tinggi Islam. Dalam proses pembelajaran bahasa Arab, hambatan-hambatan selalu ada, hambatan-hambatan tersebut banyak menyebabkan kesulitan siswa dalam belajar bahasa Arab. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling  yang berjumlah 28 informan. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dan Problematika Non-Linguistik dalam pembelajaran bahasa Arab di SDIT Muhammadiyah Gunung Terang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses Pelaksanaan Pembelajaran di kelas tidak selalu berjalan dengan baik. Kesimpulan Proses Pelaksanaan Pembelajaran di kelas (1) kurangnya minat dan motivasi dari dalam diri siswa untuk mempelajari bahasa Arab, (2) sulitnya siswa membaca dan memahami arti dari setiap kosakata bahasa Arab, (3) kurangnya perhatian orangtua terhadap siswa tentang kesadaran dan dorongan belajar diluar sekolah, (4)  metode membaca dan drill yang membuat siswa merasa tidak tertarik untuk belajar bahasa Arab lebih mendalam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Hamid, M., Haji, 1973-; Uril Baharuddin, Haji; Bisri Mustofa. (2008). Pembelajaran bahasa Arab : pendekatan, metode, strategi, materi, dan media / H.M. Abdul Hamid, H. Uril Baharuddin, Bsri Mustofa ; editor, Muallif. Malang :: UIN-Malang Press,.
Acep Hermawan. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Abduh. Ilmu Lughah at-Tatbiqy. (Iskandariyah: Dar al-Ma’rifat, 1995)
Ahmad Rohani H.M.; Abu Ahmadi, Haji. (1991). Pedoman penyelenggaraan administrasi pendidikan di sekolah / Rohani Ahmad, H. Abu Ahmadi. Jakarta :: Bumi Aksara,.
Ahmad bin ‘Abdul Halim bin ‘Abdus Salam bin Taimiyah Al-Harani Ad-Dimasyqi ( Syaikh Ibnu Taimiyyah .). Mukhtarat Iqtidha’ Ash-shirat Al-Mustaqim, Mukhalafatu Ash-habil Jahim.
Bustami A. Gani, Al- Arabiyah Bin-Namadzij,( Jakarta : PT Bulan Bintang, 1987)
DIRJEN KELEMBAGAAN AGAMA ISLAM. (2004). Pedoman Supervisi DAan Evaluasi Penyelenggaraan Paket A,B,C Pada Pondok Pesantren. JAKARTA: DIRJEN KELEMBAGAAN AGAMA ISLAM.
Fahrurrozi, A. (2014). Pembelajaran Bahasa Arab : Problematika Dan Solusinya. ARABIYAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(2). https://doi.org/10.15408/a.v1i2.1137
https://dinarpratama.wordpress.com/2011/01/08/teknik-pengumpulan-dan-validasi-data-kualitatif/. Diakses tanggal 13 April 2022.
http://eprints.unm.ac.id/7691/1/jurnal%20oca.docx#:~:text=Soekanto%20(2004%3A%203)%20menyatakan,unsur%2Dunsur%20kebendaan%20dan%20spiritual. Diakses tanggal 05 April 2022.
https://pddi.lipi.go.id/triangulasi-pada-penelitian-kualitatif/. Diakses tanggal 14 April 2022.
Jamaluddin, (2003). Problematika Pembelajaran Bahasa dan Sastra, Yogyakarta, Adi Cita Karya Nusa.
Mardiyah, T. (2017). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Pesantren Sabilil Muttaqien (MTs. PSM) Tanen - Rejotan - Tulungagung. Perspektive, 10(2).
Nandang Sarip Hidayat (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah & Keguruan UIN SUSKA RIAU. Jurnal Pemikiran Islam; Vol 37, No. 1 Januari-Juni 2012. http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v37i1.315
Lexy J. Moleong (penulis). (2018). Metodologi penelitian kualitatif / penulis, Prof. DR. Lexy J. Moleong, M.A.. Bandung :: PT Remaja Rosdakarya,.
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional; Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2007). Kamus besar bahasa Indonesia / Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta :: Balai Pustaka,.
Suharsimi Arikunto. (2017). Pengembangan instrumen penelitian dan penilaian program / Prof. Dr. Suharsimi Arikunto. Yogyakarta :: Pustaka Pelajar,.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : IKAPI.
Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Penerbit Universitas Sebelas Maret.
Soerjono Soekanto. 2004. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Grafindo. Persada.
Syukir, A. (1983). Dasar-dasar strategi dakwah Islam / oleh Asmuni Syukir. Surabaya: Al-Ikhlas.
Tayar Yusuf, (1997). Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab, Jakarta: PT. Radja Grafindo Persada.
Zaky Baisa, (2015). Problematika Linguistik Dan Non Linguistik Pembelajaran Bahasa Arab. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
Zalyana, (2010). Psikologi Pembelajaran Bahasa Arab, Pekanbaru: Al-Mujtahadah Press.
Published
2024-01-22