Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VII SMPIT Iqro

Pengaruh Latar Belakang Pendidikan

Authors

  • Ika Ristia Febriani STIT Darul Fattah Bandar Lampung
  • Langgeng Sutopo STIT Darul Fattah Bandar Lampung
  • Muhammad Singgih STIT Darul Fattah Bandar Lampung

DOI:

https://doi.org/10.51700/almitsali.v3i1.366

Keywords:

latar belakang Pendidikan, hasil belajar, bahasa Arab

Abstract

 

Penelitian ini dilatar belakangi dari observasi yang dilakukan di SMPIT Iqro Gedong Tataan bahwa kondisi para siswa memiliki perbedaan latar belakang Pendidikan pada jenjang sebelumnya yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dengan adanya perbedaan latar belakang terhadap hasil belajar bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan jenis kuantiatif deskriptif untuk mencari tahu bagaimana variabel-variabel saling mempengaruhi. Lokasi penelitian ini berada di SMPIT Iqro Gedong Tataan, dengan responden yaitu siswa kelas VII yang berjumlah 36 siswa dan seluruh siswa kelas VII menjadi sampel dalam penelitian ini. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Adapun penelitian ini dilakukan pada bulan Februari – Maret 2022. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : perbedaan latar belakang Pendidikan siswa tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan ditunjukan oleh nilai sig 0,337 > 0,05 hal ini mempunyai arti bahwa variabel latar belakang Pendidikan siswa tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar bahasa Arab kelas VII SMPIT Iqro Gedong Tataan. Dapat disimpulkan variabel perbedaan latar belakang Pendidikan siswa tidak mempengaruhi variabel hasil belajar bahasa Arab Siswa.

References

Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif &Kuantitatif. Yogyakarta:Pustaka Ilmu
Haudi. 2020. Dasar-dasar Pendidikan. Solok: Insan Cendikia Mandiri.
Parsa I. M. 2017. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar. Kupang: Rasi Terbit.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Article in a Journal:
Pitriyani, Halim, A., & Hasibuan, D. (2019). Pengaruh Pengalaman Kerja, Latar Belakang Pendidikan Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Pegadaian Persero Cabang Rantauprapat, JEBMA: Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Akuntansi, Universitas Labuanbatu, 1(1), 56-63).
Raharjo, S. B. (2013). Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(2), 511-532. http://doi.org/10.21831/pep.v16i2.112

Downloads

Published

2024-01-22

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>