Analisis Hasil Belajar Bahasa Arab Menggunakan Metode Eklektik (Intiqoiyyah) Siswa Kelas VIII D Mts Negeri 1 Bandar Lampung

Analisis Hasil Belajar Bahasa Arab Menggunakan Metode Eklektik (Intiqoiyyah) Siswa Kelas VIII D Mts Negeri 1 Bandar Lampung

  • Dina Annisa Putri STIT Darul Fattah Bandar Lampung
  • Muhammad Zaky Sya’bani STIT Darul Fattah Bandar Lampung
  • Muhammad Singgih STIT Darul Fattah Bandar Lampung
Keywords: Hasil Belajar, Metode Elektik (Intiqoiyyah)

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui hasil belajar menggunakan metode eklektik (intiqoiyyah). Pertanyaan dalam penelitian ini antara lain “Bagaimana hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII D di MTs Negeri 1 Bandar Lampung?”. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah kelas VIII D MTs Negeri 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2021/2022 yang berjulah 29 siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, faktor penghambat dan pendukung dari didapatkannya hasil belajar dengan metode eklektik (intiqoiyyah). Faktor pendukung adalah faktor sarana dan prasarana, faktor guru dan siswa. Serta faktor penghambat adalah faktor siswa dan faktor lingkungan. Solusi perihal ini. guru hendaknya mengembangkan metode yang digunakan guru disekolah tersebut sehingga mudah dipahami dalam pembelajaran bahasa Arab dan siswa tidak bosan ketika pembelajaran berlangsung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Zulkifli. 2011. Dampak Sosial Pernikahan Dini Skripsi S1 Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Asep. (2008). Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Multi Pressindo.
Bisri Mustofa dan M Abdul Hamid, (2012). Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, Malang: UIN-Maliki Press.
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.
Harahap Partomuan, Pembelajaran Keilmuan Bahasa Arab (Pendekatan, Metodologi, dan Teknik Alternatif), Curup : LP2 STAIN, 2011.
Hermawan, Acep. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhsin, M. (2015). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kemampuan Pengembangan Bahan Ajar Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa MTsN Seunuddon Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh.
Mustafa al- Ghalayin, Jami’ ad-Durus al-‘abiyah jilid I. (Beirut: Dar al-kutub al- „ilmiyah, 2005), hal. 7
Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. 2020. “Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV”. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265-276.
Poerwadarminta. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.
Radliyah Zaenuddin, dkk,. (2005) Metodologi & Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta:Pustaka Rihlah Group
Rosyidi, Abdul Wahab dan Ni’mah, Mamlu’atul. (2012). Memahami Konsep Dasar Media Pembelajaran Bahasa Arab. [e-book]. UIN: Maliki Press.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah, Muhibbin. (2018). Psikologi Belajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Tim Penyusun Kamus. Kamus Besar Bahasa Indonesia. [online].
Zainul Arifin. ( 2008). Allughah Tharaiq Ta’liimuha wa Ta’allimuha, Padang : Padang Press
Published
2024-01-23